Learn Science With Ilmusiana

Isi dan Kepanjangan Trikora 1961

loading...
Advertisement

loading...


TRIKORA adalah singkatan dari kepanjangan Tri Komando Rakyat. Pelaksanaan Trikora telah merupakan bagian dari sejarah nasional termasuk sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Di lihat dari kepanjangannya, dapat kita lihat terdapat tiga hal yang isinya menjadi komando dari rakyat. TRIKORA merupakan suatu perintah kepada Rakyat Indonesia untuk melaksanakan perjuangan Pembebasan Irian Barat secara resmi dan konsekwensi logis daripada politik Konfrontasi. Trikora kala itu mendapat sambutan luar biasa dari rakyat Indonesia. Ribuan rakyat secara suka-rela meminta agar dikirim ke Irian Barat. Hal ini dikarenakan Trikora telah menjadi manifestasi tekad-kemauan Rakyat Indonesia untuk mengusir imperialisme dari Irian Barat selekas mungkin. Dengan dicetuskannya Trikora tersebut, maka konfrontasi antara Belanda dan Indonesia pun dimulai.
isi trikora

Isi Trikora 1961

Trikora pertama kali diumumkan oleh Presiden Soekarno dalam sebuah pidato di Yogyakarta pada tanggal 19 Desember 1961. Hal ini sebagai bentuk respon cepat dari pemerintahan Indonesia atas tindakan kolonial Belanda yang mendeklarasikan kemerdekaan Negara boneka Irian Barat. Tiga komando yang dikenal sebagai Tri Komando Rakyat tersebut pada intinya berisi hal-hal sebagai berikut:
  • Gagalkan pembentukan Negara boneka Papua buatan Belanda Kolonial
  • Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat Tanah Air Indonesia;
  • Bersiaplah untuk mobilisasi umum untuk mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan Tanah Air dan Bangsa.
Langkah pertama untuk melaksanakan Trikora adalah membentuk komando operasi yang diberi nama Komando Mandala Pembebasan Irian Barat dengan markas besar di Makassar. Komando itu dibentuk pada tanggal 2 Januari 1962, dipimpin oleh Soeharto dengan tugas merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi-operasi militer untuk mengembalikan Irian Barat ke dalam wilayah Republik Indonesia. Operasi itu antara lain dalam bentuk inflitrasi, eksploitasi, dan konsilidasi kekuatan.
  • Tahap Infiltrasi dilaksanakan sampai tahun 1962. Pada tahap ini direncanakan penyusupan pasukan ke daerah tertentu guna menciptakan daerah bebas de facto.
  • Tahap Eksploitasi dimulai awal tahun 1963. Pada tahap eksploitasi direncanakan serangan terbuka terhadap induk militer lawan dan menduduki semua pos penting yang menjadi pertahan musuh.
  • Tahap konsilidasi dimulai awal tahun 1964. Pada tahap ini direncanakan penegakan kekuasan RI secara mutlat di seluruh Irian Barat.
Sekian uraian tentang Isi dan Kepanjangan Trikora 1961, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment