Learn Science With Ilmusiana

Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar

loading...
Advertisement

loading...


Tanda-tanda kehadiran malam lailatul qadar selalu menarik untuk dibicarakan sebagai pertanda datangnya malam kemuliaan, malam seribu bulan. Malam lailatul qadar adalah rahmat Allah SWT untuk orang islam di bulan Ramadhan. Di banyak riwayat, dijelaskan bahwa malam itu berada pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Namun, waktu tepatnya malam lailatul qadar diantara sepuluh malam tersebut masih menjadi Rahasia Allah yang tidak seorang pun mengetahuinya. Terkait dengan tanda-tanda malam lailatul qadar, Rasulullah Saw pernah memberi petunjuk dalam sabdanya, "Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas (redup), juga tida begitu sejuk. Pada pagi hari, matahari bersinar lemah dan Nampak kemerah-merahan." (HR At-Thoyalisi).
Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar
Tanda-tanda lain dari malam lailatul qadar dapat Anda baca melalui uraian berikut ini:

Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar

Di antara tanda-tanda kehadiran malam Lailatul Qadar adalah keheningan, tidak panas dan tidak dingin, air laut menjadi tawar, satu ekor anjing pun tidak ada yang menggonggong, di pagi harinya matahari dalam keadaan redup, dan cahayanya putih bersih tanpa memancarkan sinar. Sangat dianjurkan bagi orang yang di pagi harinya melihat tanda-tanda ini untuk semakin gigih beribadah dan berdoa pada hari itu, sebagaimana dia telah gigih menghabiskan malamnya untuk beribadah. Karena dengan izin Allah, dia akan mendapatkan kemuliaan malam Lailatul Qadar.

Setiap orang yang mengaku melihat sesuatu pada malam lailatul qadar, atau melihat hal yang aneh dan luar biasa, maka itu adalah tanda-tanda lailatul qadar bagi dirinya saja. Karena, belum tentu tanda-tanda lailatul qadar yang dia lihat itu dilihat oleh orang lain. Atau apa yang dia lihat merupakan bukti dari kebenaran lailatul qadar. Bagi orang yang diperlihatkan oleh Allah, sangat dianjurkan untuk merahasiakannya dan memperbanyak ibadah dan doa sepanjang malam, terlebih lagi pada malam-malam bulan Ramadhan. Barangkali dia akan kebetulan bertemu dengan malam tersebut, dan doa yang sangat baik untuk dibaca adalah, "Wahai Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan Mahamulia, Engkau suka memberi maaf, maka ampunilah aku.".

Sekian uraian tentang Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment