Learn Science With Ilmusiana

Skala Peta (Pengertian dan Rumus Skala Peta)

loading...
Advertisement

loading...


Apa pengertian dari skala peta? Pada proses pembuatan peta, skala peta (map scale) adalah salah satu unsur yang ada dalam suatu peta dan terdapat rumus khusus untuk menghitung besar skala dari peta tersebut. Seperti yang umum dipahami, suatu peta menggambarkan daerah di permukaan bumi yang diperkecil dengan skala. Pengecilan daerah tersebut menjadi suatu penyajian pada bidang datar, berupa peta memerlukan penjelasan tentang hubungan matematik antara ukuran-ukuran geometrik khususnya jarak yang ada di permukaan bumi dan di peta. Hubungan ini disebut skala peta. Inilah yang akan kami uraikan dalam materi ini, yaitu tentang pengertian dari skala peta dan rumus untuk menghitung besar skala suatu peta, selamat membaca.

Skala Peta (Pengertian dan Rumus Skala Peta)

Skala Peta (Pengertian dan Rumus Skala Peta)

Pengertian Skala Peta

Skala peta, dapat diartikan sebagai perbandingan (rasio) antara jarak dua titik pada peta dan jarak sesungguhnya kedua titik tersebut di permukaan bumi atau di lapangan, dan pada satuan yang sama. Skala peta adalah informasi yang mutlak harus dicantumkan agar pemakai dapat mengukur jarak sesungguhnya pada peta. Misalnya peta skala 1:250.000 artinya jarak 1 cm di peta sama dengan jarak 250.000 cm di lapangan (jarak horizontal). Skala pada peta dapat ditulis dengan dua cara yaitu dengan cara menulis skala angka atau skala garis, tentang macam-macam skala peta ini akan dibahas terpisah pada postingan yang lain.

Rumus Skala Peta

Rumus skala peta digunakan untuk menentukan atau menghitung besar skala dari suatu peta. Rumus ini sangatlah sederhana, hanya memuat perhitungan biasa. Kami yakin semuanya dapat menggunakan rumus skala peta ini dengan baik. Seperti apa rumusnya? Berikut ini adalah rumus mencari besar skala dari suatu peta:

Rumus Mencari Skala

Skala = Jarak pada peta : Jarak sesungguhnya.

Mari kita coba rumus skala peta di atas melalui contoh soal berikut ini:
Diketahui jarak kota A dan kota B dalam peta adalah 20 cm. Sedangkan jarak sesungguhnya ketika diukur di lapangan adalah 200.000 cm. Berapakah besar skalanya?
Jawab: Skala Peta = Jarak pada peta / jarak sesungguhnya = 20 cm : 200.000 cm = 1 : 2000.
Jadi, besar skala peta tersebut adalah 1 : 2000.
Sekian uraian tentang Skala Peta (Pengertian dan Rumus Skala Peta), semoga bermanfaat.

Referensi:
  • Gunawan, Totok. 2007. Fakta dan Konsep Geografi. Jakarta: Inter Plus.

0 komentar:

Post a Comment