Learn Science With Ilmusiana

Penemu Televisi, John Logie Baird

loading...
Advertisement

loading...


Penemu televisi mungkin tak menyangka bahwa begitu besar manfaat hasil temuannya itu. Bagaimana tidak, penemuan televisi tersebut mampu mengubah dunia seperti sekarang ini. Dialah John Logie Baird, orang yang pertama kali merintis usaha penemuan televisi. Penemuannya ini menjadi satu di antara beberapa temuan dunia lainnya yang membawa pengaruh besar yang terus dirasakan hingga saat ini. Oleh karena pengaruh besar yang dihadirkan penemuan televisi tersebut, banyak penulis buku yang memasukkan nama John Logie Baird di antara jajaran tokoh penemu dan perintis dunia. Selain itu, beliau juga dianggap sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia. Sajian dibawah ini, akan menceritakan bagaimana proses penemuan televisi tersebut, selamat membaca.

Penemu Televisi, John Logie Baird
John Logie Baird saat mempresentasikan televisi pertamanya

John Logie Baird, Penemu Televisi

John Logie Baird, penemu televisi yang pertama, lahir pada 1888 di Helensburgh, Skotlandia. Pada awalnva, dia adalah seorang insinyur dan pengusaha yang bekerja di London. Usahanya gagal dan dia mengalami kebangkrutan di usia 35 tahun. Dia kemudian pindah ke Hastings, Sussex. Pada 1894 Heinrich Hertz telah berhasil menernukan adanya gelombang elektromagnetik yang bergerak di udara dengan kecepatan suara dan tidak tampak mata. Pada 1896 Guglielmo Marconi menggunakan gelombang ini untuk menciptakan radio pertama. Hal ini menimbulkan gagasan dalam diri Baird untuk menciptakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk mengirim gambar sekaligus suara melalui gelombang elektromagnetik. Pada 1923, dia mulai melakukan berbagai percobaan untuk mewujudkan gagasannya itu. Pada 1924 percobaannya berhasil. Dia bisa mengirimkan sebuah gambar salib dalam jarak 3 meter lebih. Setelah itu, dia pergi ke London. Pada 2 Oktober 1925. ia juga berhasil mentransmisikan gambar wajah seorang anak laki-laki yang dikirim dalam satu ruangan ke ruangan lain. 

Pada 1926 dia membawa alat penemuannya itu dan memperagakan di Institut Kerajaan (Royal Institution) di London. Ini adalah peragaan televisi yang pertama di dunia. Komponen televisinya menggunakan cakram putar yang berlubang di dalam untuk mengubah cahaya dari luar menjadi garis. Sel foto elektrik menukar perubahan kecerahan menjadi isyarat listrik. Alat penerima memprogram isyarat untuk bekerja dengan membuat cahaya sebuah bola lampu berubah-ubah. Penemuannya ini disambut dengan baik dan Baird mendapatkan kontrak kerja dari radio Inggris, BBC (British Broadcasting Company). Pada 1929 BBC mulai menggunakan peralatan cipataan Baird untuk melakukan siaran televisi yang pertama. Pada 1931 BBC juga berhasil melakukan siaran langsung untuk pertama kalinya.

Saat itu ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat pesat dan banyak teknologi-teknologi baru yang ditemukan. Bahkan, pada 1933 mucul pemanfaatan tabung sinar katoda yang bisa digunakan untuk televisi. Teknologi baru ini ternyata lebih maju dan lebih canggih dari apa yang telah diketemukan oleh Baird. Pada 1936 BBC tidak lagi menggunakan alat-alat yang dibuat oleh Baird, tapi mempergunakan alat-alat yang ditemukan Amerika Serikat. 

John Logie Baird meninggal dunia di Bexhill pada 14 Juni 1946. Meski sekarang televisi tidak lagi menggunakan teknologi temuan Baird, namun gagasan dan apa yang dilakukan oleh Baird untuk memelopori lahirnya televisi membuatnya mendapat julukan sebagai "Bapak Televisi". 

Arti penting dari televisi itu tentu sudah dimaklumi oleh banyak orang. Hampir di setiap rumah orang memiliki televisi. Televisi tidak lagi dianggap sebagai barang mewah namun telah menjelma menjadi sebuah kebutuhan. Televisi juga tidak hanya menyajikan hiburan namun juga indormasi dan pendidikan. Televisi juga sering kali dianggap sebagai teknologi yang turut menyebarkan globalisasi. Apa yang terjadi hari ini di seluruh dunia dapat langsung kita saksikan di televisi. Televisi juga mendominasi sebagai sarana hiburan yang paling banyak dinikmati oleh masyarakat di rumah. Meski sebagian orang mengkritik televisi sebagai biang keladi kemerosotan moral remaja dan pola hidup konsumtif, namun hal itu tetap tidak bisa mengurangi arti penting dari teknologi televisi. Televisi mempunyai pengaruh yang besar dalam membentuk opini dan pola pikir masyarakat. Televisi juga menjadi media yang paling efektif bagi dunia bisnis untuk mempromosikan produk dan usahanya. Antara televisi, gaya hidup, dunia modern, dan kapitalisme telah terjalin sebuah mata rantai yang tak terpisahkan. 

Sekian uraian tentang Penemu Televisi, John Logie Baird, semoga bermanfaat.  

Referensi:
  • Zazuli, Mohammad. 2009. 60 Tokoh Dunia Sepanjang Masa. Yogyakarta: Penerbit Narasi.

0 komentar:

Post a Comment