Learn Science With Ilmusiana

4 Contoh Kata Pengantar Makalah dan Skripsi

loading...
Advertisement

loading...


Kata pengantar banyak ditemukan contohnya dalam makalah, skripsi, dan pada banyak karya ilmiah lainnya. Kata pengantar ini menjadi bagian wajib dalam karya-karya tersebut. Kadang muncul pertanyaan, mengapa pada suatu karya tulis perlu diberikan kata pengantar? Penting untuk diketahui, bahwa kata pengantar adalah salah satu unsur penting yang tak boleh dilewatkan pada sebuah karya tulis. Sebab, baik dan benarnya suatu karya tulis, salah satunya dinilai dari ada atau tidaknya bagian kata pengantar. Hal ini terkait dengan aturan dalam kegiatan penulisan ilmiah, yakni sebuah karya tulis harus ada kata pengantarnya. Di samping itu, kata pengantar itu berfungsi juga sebagai ruang bagi penulis untuk memperkenalkan kepada pembaca terkait tema atau isi dari karya tulis yang telah ia buat. Jadi, kita dapat menyebutnya sebagai perkenalan awal antar si penulis dengan pembacanya.

Contoh Kata Pengantar

4 Contoh Kata Pengantar Makalah dan Skripsi
Jika diperhatikan lebih dekat, bagian kata pengantar inilah yang pertama kali dilihat oleh pembaca ketika membaca sebuah karya tulis. Oleh karena itu, seorang penulis karya ilmiah (apa pun bentuknya), haruslah menyiapkan kata pengantar yang baik untuk para pembacanya. Yang menjadi pertanyaan, seperti apakah kata pengantar yang baik itu? Kata pengantar yang dapat dikategorikan baik adalah kata pengantar yang memuat semua unsur-unsur penting yang harus ada di dalamnya. Kata pengantar tersebut haruslah memuat ucapan puji syukur, tujuan penulis, ucapan terima kasih, harapan, tempat, tanggal, dan nama penulis. Unsur lain, tentu saja adalah bahasa yang digunakan dalam proses pembuatannya, yakni bahasa Indonesia baku yang sesuai dengan EYD.

Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan untuk Anda beberapa contoh kata pengantar yang bisa Anda jadikan sebagai panduan. Kata pengantar yang kami tampilkan dalam contoh ini terdiri dari kata pengantar makalah dan skripsi. Untuk makalah, terdiri dari 3 contoh, yakni kata pengantar makalah PKN, Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Agama Islam. Untuk skripsi, kami berikan 1 contoh. Jadi, total secara keseluruhan, terdapat 4 kata pengantar yang akan kami berikan untuk Anda.

4 Contoh Kata Pengantar 

Seperti yang kami sebutkan di atas, berikut ini adalah contoh kata pengantar, makalah dan skripsi:

Contoh Kata Pengantar Makalah

Contoh kata pengantar makalah dibawah ini terdiri dari bermacam-macam kata pengantar makalah dari bidang ilmu yang berbeda. Kami buat seperti itu agar pembaca dapat melihat secara lengkap tentang bentuk kata pengantar sesuai dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni. Berikut ini adalah contoh kata pengantar makalahnya:

Contoh Kata Pengantar Makalah PKN

Kata Pengantar

Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Esa, kiranya pantaslah kami memanjatkan puji syukur atas segala nikmat yang telah diberikan kepada penulis, baik kesempatan maupun kesehatan, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah PKN ini dengan baik. Salam dan salawat selalu tercurah kepada junjungan kita baginda Rasulullah SAW, yang telah membawa manusia dari alam jahiliyah menuju alam yang berilmu seperti sekarang ini.

Makalah PKN yang telah kami buat berjudul Teori Terbentuknya Negara. Makalah ini dapat hadir seperti sekarang ini tak lepas dari bantuan banyak pihak. Untuk itu sudah sepantasnyalah kami mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besar buat mereka yang telah berjasa membantu penulis selama proses pembuatan makalah ini dari awal hingga akhir.

Namun, kami menyadari bahwa makalah ini masih ada hal-hal yang belum sempurna dan luput dari perhatian penulis. Baik itu dari bahasa yang digunakan maupun dari teknik penyajiannya. Oleh karena itu, dengan segala kekurangan dan kerendahan hati, kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca sekalian demi perbaikan makalah ini kedepannya.

Akhirnya, besar harapan penulis agar kehadiran makalah PKN ini dapat memberikan manfaat yang berarti untuk para pembaca. Dan yang terpenting adalah semoga dapat turut serta memajukan ilmu pengetahuan.

Jakarta, September 2015

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

Kata Pengantar

Puji dan puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, karena atas rahmat, hidayah, dan inayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah bahasa Indonesia ini sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Tak lupa pula, penulis kirimkan salam dan salawat kepada junjungan kita semua, Rasulullah Muhammad SAW, keluarga, dan seluruh sahabatnya.

Makalah bahasa Indonesia yang kami susun ini berjudul Kata Baku dan Kata Tidak Baku. Makalah ini hadir untuk memenuhi tugas bahasa Indonesia yang diberikan oleh guru di sekolah. Selain itu, sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian semester. Banyak pihak yang telah membantu dalam proses penyelesaian makalah ini. Olehnya itu, kami ucapkan banyak terimakasih. Kami menyadari, bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, olehnya itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca sekalian.

Besar harapan kami, dengan hadirnya makalah ini dapat memberikan sumbangsih yang berarti demi kemajuan ilmu pengetahuan bangsa.

Jakarta, September 2015


Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama Islam

Kata Pengantar

Rasa syukur yang sangat mendalam kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat yang diberikan kepada kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Salam dan salawat semoga selalu tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarga, serta para sahabatnya.

Makalah Pendidikan Agama Islam yang Anda baca saat ini berjudul Iman Kepada Hari Akhir. Makalah ini dapat kami selesaikan dengan baik, tak lepas dari banyaknya pihak-pihak yang turut membantu. Olehnya itu, dengan segala kerendahan hati, kami ucapkan banyak terima kasih. Namun, kami pun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Saran dan kritik dari para pembacalah yang kami harapkan demi perbaikan makalah ini kedepannya.

Semoga makalah dapat memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan agama bagi kita semua.

Jakarta, September 2015


Penulis

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Kata Pengantar

Puji dan rasa syukur mendalam penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat limpahan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya maka skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik. Salam dan salawat semoga selalu tercurah pada baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Skripsi yang berjudul "IMT-2000 sebagai layanan telekomunikasi bergerak generasi ketiga" ini kami susun untuk memenuhi persyaratan kurikulum sarjana strata-1 (S-1) pada Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.

Penulis mengucapkan rasa terimasih yang sebesar-besarnya atas semua bantuan yang telah diberikan, baik secara langsung maupun tidak langsung selama penyusunan tugas akhir ini hingga selesai. Secara khusus rasa terimakasih tersebut kami sampaikan kepada:
  1. Ibu Rosmini, S.Si, MT selaku dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan dan dorongan dalam penyusunan tugas akhir ini.
  2. Ibu Hariani, MT selaku penasihat akademik yang telah banyak membantu semasa perkuliahan.
  3. Bapak Ir. Martawijaya, M.Si. selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  4. Ibu Ir. Hajarah, MT. Selaku Sekretariat Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  5. Bapak Ir. Muh Abdulah atas bantuan dan bimbingannya dalam penulisan tugas akhir ini.
  6. Seluruh dosen dan karyawan Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Jakarta, atas ilmu, bimbingan dan bantuannya hingga penulis selesai menyusun tugas akhir ini.
  7. Bapak Arsyad, MT dan Ibu Rukmini, orang tua penulis, yang telah membesarkan dan mendidik, serta memberikan dukungan dan doa kepada penulis.
  8. Rekan-rekan di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Jakarta yang juga telah banyak membantu penulis.
Penulis menyadari bahwa tugas akhir ini belum sempurna, baik dari segi materi meupun penyajiannya. Untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan dalam penyempurnaan tugas akhir ini.

Terakhir penulis berharap, semoga tugas akhir ini dapat memberikan hal yang bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca dan khususnya bagi penulis juga.

Jakarta, Februari 2015
Penulis,


(Nama Mahasiswa)
Sekian uraian tentang 4 Contoh Kata Pengantar Makalah dan Skiripsi, semoga bermanfaat.