Learn Science With Ilmusiana

6 Manfaat Jahe: Kesehatan dan Kecantikan

loading...
Advertisement

loading...


Jahe memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman jahe sangat mudah ditemukan di Indonesia, sebab Indonesia adalah negeri yang sangat kaya akan rempah-rempah. Di masa lalu, kekayaan akan rempah-rempah ini bahkan sanggup menggundang bangsa-bangsa dari berbagai penjuru bumi untuk datang dan menjadi salah satu daya pikat hingga bangsa Barat melakukan penjajahan atas wilayah Nusantara. Selain digunakan sebagai bumbu masak, rempah-rempah juga berkhasiat untuk menjaga tubuh agar senantiasa sehat Banyak yang tidak mengetahui kalau jahe juga mempunyai khasiat penting untuk membuat wanita Indonesia jaman dahulu untuk menjaga kesehatan juga kecantikan dan turun temurun resep warisan dari nenek moyang. Bisa bandingkan penampilan wanita jaman dahulu terlihat sangat cantik dan alami, tanpa kimiawi dan tetap awet muda.

cantik sehat jahe

Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan

Salah satu jenis rempah yang khasiatnya untuk kesehatan telah dikenal sejak lama adalah jahe. 6 manfaat jahe untuk badan menjadi sehat, antara lain sebagai berikut.
  1. Sejumlah khasiat jahe yang sudah sangat dikenal secara luas, antara lain mengobati mual dan muntah, mengatasi batuk, memperkuat otot usus, dan menambah nafsu makan. Khasiat ini diperoleh berkat minyak gingerol yang terdapat dalam jahe, yang menjadi bau harum khas jahe dan mampu memblok serotonin.
  2. Mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini karena jahe dapat membuat darah mengalir lebih cepat dan lancar. Sebab, jenis rempah ini mampu memicu pelepasan hormon adrenalin yang bisa memperlebar pembuluh darah.
  3. Membantu membersihkan darah kotor di dalam tubuh melalui pengeluaran keringat.
  4. Jahe mengandung gingerol yang berfungsi sebagai pencegah penggumpalan darah  (antikoagulan).
  5. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada jahe bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit kanker.
  6. Memperlancar proses pencernaan. Manfaat ini diperoleh dari kandungan  enzim  protease dan lipase pada jahe.  Kedua enzim ini mampu mencerna lemak dan protein di dalam tubuh.
Selain untuk kesehatan, jahe juga bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah mencerahkan kulit wajah yang kusam. Caranya adalah sebagai berikut.
  1. Cuci dan kupas jahe secukupnya.
  2. Jahe yang sudah dikupas, kemudian diparut.
  3. Campur dengan minyak wijen.
  4. Gunakan sebagai masker wajah.
  5. Diamkan sekitar 15 menit.
  6. Bilas wajah hingga bersih.
Sehat dan cantik bisa didapatkan dengan cara memanfaatkan jahe. Bahan ini pun dapat dengan mudah ditemukan di mana saja. Jadi, mengapa harus menempuh cara-cara yang sulit dan mahal untuk menjaga kesehatan dan kecantikan?

Demikianlah 6 Manfaat Jahe: Kesehatan dan Kecantikan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment