Learn Science With Ilmusiana

8 Tips untuk Menjaga Berat Badan Ideal

loading...
Advertisement

loading...


Sekarang tentu Anda sudah tahu cara menghitung berat badan ideal. Nah, apakah Anda juga telah tahu cara menjaganya agar tetap ideal ? Mudah kok, konsumsilah makanan yang tepat dalam takaran yang tepat, yaitu makanan berserat, buah dan sayur, susu dan tidak mengkonsumsi daging secara berlebihan. Tapi jangan Anda jadi tersiksa karena pola makan yang ideal ini, sebaliknya, usahakan agar Anda tetap dapat menikmatinya karena ini menyangkut masalah pola hidup dan bukan diet singkat semata.

Tips Menjaga Berat Badan

8 Tips untuk Menjaga Berat Badan Ideal

8 Tips untuk Menjaga Berat Badan

Beberapa tips singkat berikut ini akan menolong Anda untuk tetap makan dengan nikmat yang sekaligus juga dapat menjaga berat badan :

1. Kurangi konsumsi lemak. 

Lemak banyak terdapat dalam daging, mentega , keju, dan dairy product. Misalnya, pilih susu dengan kadar lemak 1% dan bukan yang 2% (jika ada 2 pilihan). Jangan tergoda oleh kue kering  atau biskuit  yang menyatakan rendah lemak, karena belum tentu kandungan kalorinya juga rendah. Gantikan makanan berlemak tinggi dengan yang berserat tinggi. (Jika Anda sudah menerapkan kiat pada Menu Sehat Minggu ke 3, tentu ini tidak sulit lagi).

2. Hitung konsumsi kalori harian Anda. 

Jika Anda sudah "berhasil" menghindari makanan rendah lemak namun tetap mengkonsumsi makanan berkalori tinggi; seperti minuman bersoda, biskuit, kue, atau permen, maka kemungkinan besar berat badan Anda akan bertambah.

3. Makanlah dalam porsi yang cukup. 

Sepiring nasi dengan sepotong daging ukuran sedang, plus sayuran dan seiris semangka adalah contoh menu yang cukup mengenyangkan namun tidak menggemukkan.

4. Makanlah hanya jika Anda merasa lapar

Artinya, makan tiga kali sehari dan hindari mengudap camilan di antara waktu-waktu makan tersebut. Kebiasaan ngemil jika sedang stress, depresi, atau sekedar iseng sambil nonton TV sebaiknya dihindari kalau ingin timbangan Anda tidak bergerak ke angka yang lebih besar lagi.

5. Buat agenda makan. 

Mungkin agak aneh untuk sebagian orang, namun keberhasilan dalam melakukan suatu hal sudah terbukti jika dibuat secara tertulis.  Dengan menuliskan ; jenis makanan, berapa banyak dan kapan Anda mengkonsumsi sesuatu, Anda akan lebih sadar terhadap makanan yang dikonsumsi selama ini. Setelah beberapa minggu evaluasilah pola makan ini, dan jika perlu buatlah perubahan yang lebih baik.

6. Jangan biarkan diri Anda merasa terlalu lapar. 

Jika ini terjadi, Anda cenderung akan makan melebihi porsi yang seharusnya Anda konsumsi. Cara mencegahnya adalah makan dalam porsi kecil tapi sering, konsumsilah makanan berserat tinggi dan banyak minum air putih.

7. Jangan terlalu membatasi diri. 

Jika Anda memang senang makan es krim atau kentang goreng, konsumsilah sekali seminggu dalam porsi kecil. Nikmati setiap suapnya. Jika terlalu menahan diri, bukan tak mungkin Anda akan mengkonsumsi secara berlebihan di saat Anda ‘melanggarnya’.

8. Bersikap dan berpikir realistis. 

Berat badan ideal tidak dapat dicapai dalam satu malam. Menjaga berat badan agar tetap ideal tidak berarti Anda tidak boleh makan di pesta atau semacamnya. Jalankan saja diet Anda secara rasional dan fleksibel, tapi sesuaikan dengan kegiatan sehari-hari.

Demikianlah uraian tentang 8 Tips untuk Menjaga Berat Badan Ideal, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment