Learn Science With Ilmusiana

Jurus Ampuh Meningkatkan Energi Tubuh

loading...
Advertisement

loading...


Bagaimana cara meningkatkan energi tubuh? Penting diketahui, karbohidrat merupakan bahan bakar yang sangat baik untuk tubuh dan otak. Zat ini juga merupakan sumber energi yang cepat dan tahan lama. Sumber karbohitrat ialah produk biji-bijian, roti, kentang, dan kacang-kacangan yang dikeringkan. Metabolisme karbohidrat dapat ditingkatkan dengan tambahan serat, vitamin dan mineral yang tinggi. Sebaliknya, makanan berlemak dan berkalori tinggi kurang membantu metabolisme ini. Tingkat metabolisme basal mencerminkan jumlah energi yang digunakan tubuh untuk tugas-tugas vital, seperti bernafas, mencerna, mempertahankan tonus otot, dan menjaga suhu tubuh.

Jurus Ampuh Meningkatkan Energi Tubuh

Tips Meningkatkan Energi Tubuh

Untuk meningkatkan metabolisme energi tubuh, inilah tips yang diberikan pakar gizi dan kebugaran:

1. Jangan hilangkan kulit biji-bijian dari makanan Anda

Kulit padi-padian dan biji-bijian dapat mempertahankan saluran cerna tetap bekerja dengan baik dan membantu menghindarinya lamban.

2. Jangan lupa sarapan.

Kalau anda tidak selera melihat sarapan pagi atau waktunya sangat terbatas, siapkanlah minuman berprotein atau jus, buah segar, dan sereal gandum campur susu. Ini hanya butuh waktu beberapa menit. Untuk pagi hari, campuran protein dan karbohidrat sangat tepat.

3. Makanlah dengan teratur.

Makanan berfungsi untuk mengisi kembali bahan bakar tubuh. Bekerja lebih dari tiga jam tanpa makan dapat mengakibatkan kadar gula darah dan energi merosot. Sediakanlah jeruk, wortel muda atau botol jus di kulkas atau tas kantor sebagai makanan ringan sebelum jam makan.

4. Jangan lupa zat besi.

Bawalah sebungkus kecil kismis atau kotak makanan berisi buah-buah kering yang kaya dengan kandungan besi. Ini terutama sangat berguna bagi wanita untuk mengimbangi masa menstruasi dan menghindari risiko anemia akibat kekurangan besi. Akan tetapi, untuk menjaga keseimbangan kalori, batasilah jumlah makanan manis ini. Makanan lain yang kaya dengan besi ialah sayuran berdaun hijau gelap, ikan, daging merah, hati dan sereal yang telah diperkaya dengan zat ini.

5. Beralihlah dari beras putih ke beras merah.

Beras merah dan biji-bijian utuh mengandung lebih banyak serat, protein, fosfor, dan potassium ketimbang beras putih. Kalau anda memang sangat suka dengan nasi putih dan sulit beralih total ke beras merah, cobalah mencampur keduanya.

6. Hilangkan kebiasaan memakan banyak garam.

Zat yang berfungsi mengatur sistem tubuh ini secara alami telah terdapat dalam sayuran dan makanan laut. Zat ini juga sudah terdapat dalam keju, roti dan makanan olahan dan kadarnya biasanya sudah mencukupi. Garam yang terlalu banyak dapat mengakibatkan penimbunan cairan dalam tubuh.

7. Santaplah sup panas.

Pakar menganjurkan untuk mengkonsumsi sup hangat ini khususnya dalam cuaca dingin. Soalnya, panas yang berasal dari makanan ini dapat meningkatkan tingkat energi makanan, dan tentu juga energi tubuh sekaligus.

8. Utamakanlah makan ikan.

Ikan mengandung banyak seng yang dapat membantu tubuh mengolah karbohidrat, lemak dan protein. Pakar menganjurkan makan ikan setidaknya dua kali per minggu.

9. Jangan lupa jus.

Menurut pakar gizi, segelas jus buah atau sayuran mengandung sari gizi dan enzim yang akan menyebar ke seluruh bagian tubuh untuk memulihkan stamina.

10. Minum banyak air.

Simpanlah air dalam kulkas. Kalau tidak ada lemari pendingin di tempat kerja, jangan lupa membawanya waktu meninggalkan rumah. Pakar menganjurkan satu gelas air setiap jam sepanjang hari.

Demikianlah uraian tentang Jurus Ampuh Meningkatkan Energi Tubuh, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment