Learn Science With Ilmusiana

Kacang Kedelai Ampuh Turunkan Kolesterol

loading...
Advertisement

loading...


Manfaat kedelai tidak hanya sebagai bahan dasar tahu, ternyata kacang kedelai juga bisa menjadi pengencer timbunan kolesterol, yang dapat menjadi pemicu penyakit jantung. Sudah diketahui bahwa kacang kedelai merupakan tanaman berprotein tinggi yang mengandung fitokimia, suatu zat yang bisa mengurangi jumlah kolesterol. Tidak hanya itu dalam kacang kedelai juga ditemukan isoflavor yaitu suatu senyawa yang mirip dengan estrogen yang juga terkait dengan pengurangan resiko penyakit jantung, kanker payudara dan kanker usus.

Manfaat Kacang Kedelai

Kacang Kedelai Ampuh Turunkan Kolesterol
Badan organisasi AHA (American Heart Association) menuturkan bahwa orang-orang yang mengalami peningkatan kolesterol dalam jumlah sedang pada tingkat 220 hingga 280 dapat menurunkan kadar kolesterol mereka menjadi 8% dengan mengkonsumsi kacang kedelai.
Dianjurkan setiap orang mengkonsumsi 25 hingga 50 gram protein kedelai setiap hari, sebanding dengan 3 gelas berukuran 240 ml.
Dapat dibayangkan manfaat dari kacang kedelai bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, namun perlu diingatkan kacang kedelai hanya akan menurunkan kadar kolesterol bukan mengobati gangguan akibat kolesterol tinggi. Penderita kolesterol masih harus tetap mengikuti saran dokter dan mengkonsumsi obat yang dianjurkan.

Menurut para peneliti, masih belum diketahui secara pasti mengapa isoflavon dan beberapa komponen protein kedelai lainnya bisa bekerja dengan baik. Beberapa penelitian menemukan bahwa senyawa-senyawa tersebut meningkatkan jumlah cairan empedu, menyapu kolesterol dalam darah, atau bahwa protein kedelai menghalangi terbentuknya kolesterol.

Demikianlah  uraian tentang Kacang Kedelai Ampuh Turunkan Kolesterol, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment