Learn Science With Ilmusiana

Susah Tidur? Ini Cara Mengatasinya!

loading...
Advertisement

loading...


Susah tidur atau insomnia dapat menyerang siapa saja. Jika tidak diatasi dengan segera, dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda. Jarum jam telak-telak menunjukkan pukul 12.00 malam. Tapi setelah berbaring beberapa saat dan bolak balik di tempat tidur, mata kok belum bisa terpejam juga, kemana sih perginya rasa kantuk itu? Bagi setiap orang, tidur merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi, karena dengan tidur, kita mengistirahatkan dan meregenerasi kinerja dan sel-sel pada tubuh. Orang dewasa pada kondisi normal membutuhkan 7-8 jam waktu tidur setiap malam, sementara makin bertambah usia seseorang, waktu tidurnya-pun akan makin berkurang. Tapi karena setiap orang itu berbeda, ada juga yang bisa tidur hanya 4 jam sehari, tergantung daya tahan masing-masing. 

Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Penyebab susah tidur atau insomnia dapat ditimbulkan oleh adanya berbagai masalah yang menumpuk di pikiran Anda, walau terkadang dapat muncul begitu saja tanpa sebab. Bila gangguan ini sering "mengakrabi" Anda, atasilah segera, karena ini dapat menjadi problem yang mengganggu. Berikut ini saran-saran yang bisa Anda terapkan :
  1. Cobalah untuk tetap menerapkan pola rutin Anda, tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap harinya, tak peduli Anda sedang capek ataupun tidak.
  2. Tatalah kamar tidur senyaman mungkin, jangan terlalu berisik. Hindari penempatan TV di kamar, karena dapat membuat Anda terus terjaga.   
  3. Usahakan untuk berolahraga setiap harinya, tak perlu lama, yang penting teratur. Misalnya berenang atau hanya berjalan kaki.
  4. Hindari minum teh atau kopi sebelum tidur. Anda dapat menggantinya dengan segelas susu hangat.
  5. Jangan makan atau minum terlalu banyak sebelum tidur.
  6. Lakukan relaksasi sebelum tidur, seperti : yoga, mandi air hangat dengan tetesan minyak aromatherapy atau mendengarkan alunan musik.
  7. Jika Anda tetap tak bisa tidur, jangan hanya berbaring dan mengkhawatirkan kenapa, bangunlah dan lakukan hal-hal rileks seperti membaca ataupun nonton TV.
Demikianlah uraian tentang Susah Tidur? Ini Cara Mengatasinya!, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment