Learn Science With Ilmusiana

Vitamin & Mineral ini Wajib untuk Tubuh!

loading...
Advertisement

loading...


Sejalan dengan semakin tingginya kesadaran orang akan pentingnya hidup sehat, konsumsi vitamin dan mineral pun semakin jadi perhatian. Vitamin dan mineral tersebut sangat diperlukan tubuh agar tetap menjadi sehat/bugar, sehingga stamina pun dapat terjaga. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Di antara sekian banyak jenis vitamin dan mineral, beberapa diantaranya sangat wajib untuk dipenuhi demi kesehatan tubuh kita. Tahukah Anda, apa saja vitamin dan mineral tersebut? Bagaimana cara mendapatkannya? 

Vitamin & Mineral ini Wajib untuk Tubuh!

Vitamin dan Mineral Penting untuk Tubuh

Nah, berikut ini kami uraikan beberapa vitamin dan mineral yang sangat penting bagi tubuh serta sumber-sumber untuk memperoleh vitamin dan mineral tersebut:

Vitamin C dan E

Saat ini banyak dikenal sebagai antioksidan bersama-sama dengan beta karoten. Dengan kadar yang dianjurkan sebesar 60 mg per hari, vitamin C banyak ditemukan dalam buah dan sayur. Jika selama ini Anda sudah mengkonsumsi buah dan sayur lima kali per hari, maka dapat dipastikan Anda telah cukup mengkonsumsi vitamin C. Vitamin E banyak terkandung dalam minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian dan ragi, dengan kadar yang dianjurkan sebesar 30 UI per hari.

Folat

Manfaat dari folat adalah untuk mencegah penyakit jantung. Anjuran konsumsinya adalah 400 mikrogram per hari. Folat banyak terdapat dalam sayur terutama daun-daunan hijau, legume, dan jus jeruk.

Kalsium

Kalsium penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Untuk orang dewasa, konsumsilah 1000 mg kalsium per hari, dan bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi 1200 mg kalsium per hari. Sumber makanan berkalsium tinggi adalah susu, yoghurt, keju rendah lemak serta jus jeruk. Konsumsilah makanan ini sebanyak tiga kali sehari untuk mencapai dosis sesuai anjuran, atau gunakan suplemen jika masih belum mencukupi.

Vitamin D

Vitamin D juga penting bagi tulang karena ia membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tulang. Asupan yang dianjurkan adalah sebesar 200 IU untuk dewasa di bawah 50 tahun; di atas 70 tahun 600 IU; dan 400 IU untuk yang berusia antara 50-70  tahun. Tidak banyak jenis makanan yang mengandung vitamin D, di antaranya  hati, mentega, krim dan kuning telur. Jika Anda minum susu, usahakan untuk mengkonsumsi susu yang sudah ditambahkan 100 IU vitamin D per gelasnya. Jika Anda tidak mengunakan krem tabir surya saat keluar rumah, tubuh dapat mensintesis vitamin D dari matahari pagi. Suplemen boleh Anda konsumsi jika Anda tidak merasa cukup mendapatkan vitamin D hanya dari makanan.

Multivitamin

Bagaimana dengan multivitamin ? Kata "multi" di sini bukan berarti bahwa pil atau tablet ini bisa begitu saja memenuhi seluruh kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Sebaliknya berhati-hatilah, usahakan untuk memilih suplemen yang tidak terlalu banyak kandungan vitamin dan mineralnya, dengan kadar yang tidak melebihi dari 100% kadar yang dianjurkan.

Demikianlah uraian tentang Vitamin & Mineral ini Wajib untuk Tubuh!, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment