Learn Science With Ilmusiana

8 Buaya Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap

loading...
Advertisement

loading...


Berbicara tentang buaya, binatang buas yang satu ini dapat berukuran besar hingga menjadi buaya terbesar di dunia. Beberapa tempat di dunia, seperti Afrika, Australia, Amerika Serikat, dan Indonesia menjadi habitat tumbuhnya buaya-buaya tersebut menjadi buaya terbesar di dunia. Bagaimana tidak, monster di kelas reptil ini dapat memiliki panjang dan berat tubuh di atas ukuran rata-rata buaya pada umumnya. Mereka berubah menjadi moster menakutkan yang dapat mendatangkan potensi bahaya bagi manusia. Apalagi, memang sudah banyak kasus yang pernah terjadi tentang manusia yang diterkam oleh buaya. Kebanyakan korban terkaman buaya tersebut meninggal dunia, bahkan ada juga yang belum ditemukan hingga kini.

Di Indonesia sendiri, tepatnya di Pulau Kalimantan pernah ditemukan 1 buaya terbesar yang membuat geger warga setempat. Saking besarnya, dibutuhkan bantuan alat berat untuk memindahkannya. Buaya tersebut bernama buaya sanggata. Panjang tubuhnya sekitar 7 meter dan memiliki berat lebih dari 1 ton. Dengan ukuran seperti itu, tentu saja membuat ngeri siapapun yang melihatnya. Selain di Kalimantan, pernah juga tertangkap seekor buaya terbesar di Sulawesi Tenggara, tepatnya di desa Wawaroha, Kabupaten Konawe. Ukuran tubuhnya juga mencapai 7 meter.

Nah, fakta unik tentang buaya inilah yang akan kami angkat sebagai topik dalam uraian kali ini, selamat membaca.

8 Buaya Terbesar di Dunia

Seperti yang kami kemukan di atas, berikut ini adalah 8 buaya terbesar di dunia yang pernah tertangkap oleh manusia. Kami akan mengurutnya dari yang besar hingga terbesar. Agar Anda dapat melihat ukurannya, maka kami tampilkan juga foto-foto buaya terbesar itu.

Terbesar 8: Buaya Florida (4 meter, 363 kg)

Foto Buaya Terbesar Florida

buaya florida buaya terbesar

Buaya Florida adalah buaya terbesar ke-10 di dunia yang pernah tertangkap oleh manusia. Penangkapannya terjadi belum lama ini, yakni pada bulan Maret 2015. Di awali oleh kemunculannya secara tiba-tiba di sebuah lapangan golf di Kota Florida. Ukurannya cukup besar, yakni panjang 4 meter dan diperkirakan memiliki berat 363 kg. Hal ini tentu saja menjadi sesuatu yang sangat mengerikan bagi orang-orang yang sedang bermain di sana.

Terbesar 7: Buaya Pocho-Puerto Rico (5 meter, 1 ton) 

Foto Buaya Terbesar Pocho

buaya pocho terbesar dunia

Buaya Pocho-Puerto Rico adalah buaya terbesar ke-9 yang pernah ditangkap oleh manusia. Ukuran tubuhnya mencapai panjang 5 meter dengan berat sekitar 1 ton. Buaya monster ini muncul pertama kali di sebuah sungai di kota Puerto Rico, pada bulan Oktober 2011. Ketika ditangkap oleh warga setempat, buaya tersebut dalam keadaan sekarat. Hingga, tak lama kemudian buaya tersebut akhirnya mati.

Terbesar 6: Buaya Cassius-Australia (5,5 meter, 1 ton)

Foto Buaya Terbesar Cassius

buaya Cassius buaya terbesar dunia

Buaya Cassius adalah buaya terbesar ke-8 dunia yang pernah tertangkap oleh manusia. Buaya ini memiliki berukuran panjang 5,5 meter dengan berat tubuh mencapai 1 ton. Buaya monster ini ditemukan pertama kali di Australia pada tahun 1994. Kemudian ditangkap oleh warga setempat dan dibawa ke tempat penangkaran buaya.

Terbesar 5: Buaya Gustave-Afrika (6 meter, 1 ton)

Foto Buaya Gustave

buaya gustave terbesar dunia

Buaya terbesar selanjutnya adalah buaya Gustave yang hidup di Afrika. Buaya ini dapat memiliki panjang tubuh 6 meter dan beratnya mencapai 1 ton.

Terbesar 4: Buaya Lolong-Filipina (6,40 meter, 1 ton)

Foto Buaya Lolong

buaya lolong filipina terbesar dunia

Buaya Lolong kami tempatkan di urutan ke-7 buaya terbesar di dunia yang pernah tertangkap oleh manusia. Buaya ini pertama kali ditemukan dan tertangkap di Filipina pada Februari 2013 lalu. Ukuran tubuhnya mencapai panjang 6,21 meter dan beratnya 1 ton. Penangkapannya sendiri dilakukan oleh seorang Zoologist dengan bantuan warga untuk selanjutnya dibawa dan ditangkarkan di kebun binatang setempat.

Terbesar 3: Buaya Sangatta - Kalimantan (7 meter, 1 ton)

Foto Buaya Sangatta

buaya sangatta terbesar kalimantan

Urutan ke-4 buaya terbesar di dunia adalah buaya sanggata. Buaya sepanjang 7 meter dan berat 1 ton ini banyak ditemukan di Pulau Kalimantan. Buaya ini terkenal sangat ganas dan sangat sering memangsa manusia. Kasus terakhir terjadi pada bulan Agustus 2015, dimana seorang pria 20 tahun di Balikpapan tewas diterkam buaya ini.

Terbesar 2: Buaya Krys-Australia (8,6 meter, 1 ton)

Foto Buaya Terbesar Krys

buaya Krys terbesar dunia

Buaya selanjutnya berpredikat buaya terbesar di dunia adalah buaya Krys. Nama buaya ini diambil dari penemu pertama kali buaya ini, yakni Krystina Pawlowski, di Australia pada tahun 1957. Monster raksasa kelas reptil ini memiliki ukuran panjang 8,6 meter dengan berat 1 ton.

Terbesar 1: Buaya Sarcosuchus (13 meter, 8 ton)

buaya Sarcosuchus terbesar dunia

Sampailah kita pada buaya terbesar di antara yang besar di dunia, yakni buaya Sarcosuchus. Buaya yang hidup pada zaman prasejarah ini memiliki ukuran panjang 13 meter dengan berat tubuh mencapai 8 ton. Coba lihat foto di atas, terlihat seekor buaya Sarcosuchus sedang memangsa dinosaurus. Hewan dinosaurus yang terkenal raksasa dapat dimangsa oleh buaya ini. Jadi, bisa Anda bayangkan sendiri betapa besarnya buaya ini. Buaya Sarcosuchus juga dikenal memiliki mobilitas yang sangat tinggi, yakni mampu berlari dengan kecepatan 50 km/jam. Buaya ini ditemukan oleh manusia sudah berbentuk fosil yang kini tersimpan rapi di museum.
Baca Juga:
Demikianlah uraian tentang 9 Buaya Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment