Learn Science With Ilmusiana

Jerly Lyngdoh, Balita Tertua di Dunia

loading...
Advertisement

loading...


Memang ada yah balita yang tua? Balita tertua sedunia lagi? Jerly Lyngdoh menyandang gelar itu. Lahir pada 29 Maret 1983, tingginya hanya sekitar 83,82 cm! Beratnya hanya 9,97 kg! Ini tinggi dan berat normal yang dimiliki balita umur 2 tahun. Kemampuan mental yang dimilikinya pun menunjukkan ciri-ciri balita seusia itu. Kondisi Jerly yang unik itu karena kerusakan pituitary gland (kelenjar pituitary yang berfungsi mengatur kerja/aktivitas hormon penting di dalam tubuh). Kelenjar ini berfungsi mengeluarkan hormon pertumbuhan.

Jerly Lyngdoh, Balita Tertua di Dunia

Jerly Lyngdoh, Balita Tertua di Dunia

Ibu Jerly mengatakan dia tidak melihat kelainan apapun ketika anaknya lahir. Tetapi, saat Jerly berusia sekitar empat bulan, tubuh Jerly menunjukkan beberapa jenis gangguan epilepsi. Namun, karena kondisinya yang terlalu miskin untuk membiayai pengobatan, ibu Jerly mengandalkan dukun, tetapi usahanya itu tidak berhasil.

Jerly Lyngdoh, Balita Tertua di Dunia

Saat ini Jerly berusia 32 tahun. Dia tinggal di Meghalaya, India bagian utara. Sepintas kita pasti mengira Jerly masih bayi, tapi dia sebenarnya bukanlah bayi. Karena tubuh Jerly amat kecil, baju-baju yang dikenakannya pun masih berupa pakaian bayi. Apalagi bentuk fisiknya memang terlihat seperti balita berusia 2 tahun. [ilm].

0 komentar:

Post a Comment