Learn Science With Ilmusiana

Metamorfosis Sempurna: Pengertian dan Contoh

loading...
Advertisement

loading...


Metamorfosis sempurna (holometabola) pada materi kali ini uraiannya meliputi pengertian dan contoh dari metamorfosis tersebut. Dalam ilmu Biologi, dikenal dua jenis metamorfosis; pertama yang sempurna dan kedua, yang tidak sempurna. Nah, kita akan membahas salah satunya, yakni metamorfosis sempurna. Mengapa disebut dengan metamorfosis sempurna?. Untuk Anda ketahui, sempurna atau tidaknya suatu metamorfosis ditentukan oleh bentuk perubahan yang terjadi selama proses metamorfosis tersebut berlangsung. Artinya, ada ciri-ciri tertentu yang melekat pada proses metamorfosis tersebut yang menjadi penanda dari jenis metamorfosis yang satu ini.

Pada kesempatan ini topik inilah yang akan kami bahas secara lengkap dan tuntas. Kami akan mengajak Anda untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan metamorfosis sempurna dan contoh-contoh hewan yang melakukannya, selamat membaca.

Pengertian Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna adalah perubahan kedewasaan yang melewati perubahan bentuk dalam tahap-tahap yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Beberapa hewan mengalami jenis proses metamorfosis yang satu ini. Proses pertumbuhan dan perkembangan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna ini melewati beberapa tahap. Masing-masing tahapan tersebut memiliki bentuk yang berbeda dengan tahapan lainnya. Tahap-tahap perubahan hewan yang mengalami metemorfosis sempurna adalah telur, telur berubah menjadi larva, larva berubah menjadi pupa, pupa berkembang menjadi dewasa (imago), dan begitu seterusnya membentuk daur atau siklus. Berikut ini gambar yang memperlihatkan tahapan proses metamorfosis sempurna:

Gambar Metamorfosis Sempurna

Gambar proses metamorfosis sempurna 

Contoh Metamorfosis Sempurna

Contoh hewan yang melakukan metamorfosis sempurna terjadi pada beberapa jenis serangga, seperti kupu-kupu, lalat, nyamuk, lebah, dan kumbang. Beberapa serangga tersebut dalam metamorfosisnya mengalai perubahan-perubahan mencolok pada bentuk luar dan organ tubuh dari berbagai tingkatannya. Bentuk larva dan dewasa pada serangga-serangga ini sangat berbeda. Selain serangga, contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah katak. Tahapan metamorfosis katak adalah telur - kecebong - katak muda - katak dewasa. Untuk lebih jelas melihat proses metamorfosis sempurna hewan-hewan tersebut, baca postingan berikut ini:
Demikianlah uraian tentang Metamorfosis Sempurna: Pengertian dan Contoh, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment