Learn Science With Ilmusiana

4 Contoh Pidato Perpisahan Mengharukan

loading...
Advertisement

loading...


Pidato perpisahan dalam contoh kali ini terdiri dari teks/naskah pidato yang berisi kata-kata perpisahan sekolah SD, SMP, SMA, atau kelas 6, 9, 12 dan perpisahan dalam acara wisuda sarjana. Meskipun singkat, namun kata-kata pidatonya dijamin sangat mengharukan sehingga bisa membuat pendengar merasakan bagaimana harunya yang namanya perpisahan. Kita semua percaya bahwa tidak ada yang menginginkan terjadinya perpisahan, namun terkadang terdapat situasi tertentu yang mengharuskan perpisahan itu terjadi. Salah satu contohnya adalah usai melaksanakan ujian nasional yang diakhiri dengan kelulusan. Siswa-siswi yang telah dinyatakan lulus dari sekolah tentu saja harus segera meninggalkan sekolah tersebut agar bisa lanjut ke jenjang berikutnya. Pidato dalam acara perpisahan ini dapat dikatakan sebagai "kata-kata terakhir" dari siswa sebelum meninggalkan sekolah. Mereka akan berpisah dengan para guru, teman, dan adik-adik kelasnya.

Biasanya, dalam momen perpisahan tersebut ada salah seorang siswa atau siswi yang didaulat untuk berpidato mewakili teman-temannya. Nah, disinilah keterampilan berpidato dibutuhkan agar bisa tampil dengan baik di depan umum. Apalagi, pidato di acara perpisahan berbeda dengan pidato di acara-acara lainnya. Kata-katanya haruslah disusun sedemikian rupa agar mampu menimbulkan kesan haru sebagaimana layaknya perpisahan. Tak jarang, pidato perpisahan yang terangkai dengan baik dapat membuat pendengarnya tidak sadar bercucuran air mata. Meskipun tidak mudah dilakukan, namun bukan tidak mungkin hal ini bisa terjadi jika pidatonya dipersiapkan dengan baik.

Nah, bagaimana cara mempersiapkan pidato? Sebelum berpidato harus disusun dahulu pokok-pokok yang akan disampaikan dalam pidato. Selesai menyusun daftar pokok-pokoknya barulah disusun naskah pidatonya. Perlunya disusun naskah, agar pada waktunya pidato menyampaikannya benar susunannya. Pokok-pokok pidato tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Salam Pembukaan
  • Ucapan terima kasih
  • ucapan rasa bahagia
  • tekad selanjutnya
  • saran untuk adik kelas
  • kata-kata perpisahan
Namun, jika Anda mampu berpidato tanpa naskah itu lebih baik lagi. Caranya tentu saja dengan menghapalkan naskah pidato yang telah dibuat sebelumnya.

Contoh Pidato Perpisahan

Berikut ini adalah beberapa contoh pidato perpisahan sekolah yang bisa dijadikan sebagai gambaran seperti apa itu bentuk pidato perpisahan. Terbagi menjadi 4 contoh, yakni pepisahan pada kelas 6, kelas 9, kelas 12, dan pidato perpisahan acara wisuda setelah meraih sarjana. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini bisa Anda baca sendiri contohnya:
contoh pidato perpisahan

1. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak Kepala Sekolah, para guru dan para orang tua murid yang kami hormati, dan teman-temanku serta adik-adik kelas yang tercinta. Marilah pertama-pertama kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas berkat dan perlindungan-Nya pada sore ini kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengadakan perpisahan.

Kami berdiri disini untuk mewakili teman-teman kelas enam, untuk menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Kepala Sekolah, para guru, dan orang tua murid untuk hadir dalam acara perpisahan ini.

Secara khusus, kami mengucapkan terima kasih pada Bapak Kepala Sekolah dan para guru yang telah mendidik kami, kurang lebih selama enam tahun. Tentu saja para guru yang selama enam tahun telah mendidik kami, serta mengembangkan potensi kami, sering mengalami kekecewaan oleh karena sikap kami. Tetapi, para guru tetap sabar dan tidak mengenal lelah terus mendidik kami, maka sekali lagi saya mengucapkan terima kasih.

Pada kesempatan ini pula, kami mohon maaf sekiranya dalam kurun waktu enam tahun ini banyak perbuatan kami, atau tutur kata kami kurang berkenan di hati para guru, maka kami mohon kiranya hari ini berkenan membukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya bagi kami.

Kami juga berpesan pada adik-adik kelas kami, semoga sepeninggal kami, kalian tetap tekun dan rajin belajar. Contohlah yang baik dari kami, dan buanglah jauh-jauh contoh yang kurang baik dari kami.

Pada kesempatan ini pula, kami mohon pamit dan mohon doa restu dari para guru, agar kami dapat melanjutkan ke SMP yang kami pilih. Kami berjanji di SMP nanti akan tekun belajar untuk membawa nama baik asal sekolah kami ini.

Akhirnya, cukup sekian yang kami sampaikan, dan mohon maaf jika ada kata-kata yang kami ucapkan, kurang berkenan di hati Bapak Kepala Sekolah, para guru, dan hadirin semuanya. Terima Kasih.

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Para orang tua siswa, Guru-guru, dan Adik-adik kelas yang kami banggakan. Tidak terasa tiga tahun telah berlalu. Suka dan duka telah kami alami di sekolah ini. Hari ini kita berkumpu dalam acara perpisahan purnastudi, sebentar lagi kami akan meninggalkan sekolah yang kami cintai. Pada kesempatan yang baik ini kami atas nama teman-teman kelas 9 mengucapkan rasa terima kasih yang tulus kepada Bapak dan Ibu guru yang telah membimbing kami menyelesaikan satu tahap jenjang pendidikan di sekolah ini. Mudah-mudahan ilmu yang telah Bapak Ibu guru berikan bermanfaat bagi kami.

Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada orang tua kami yang telah ikhlas membimbing dan membesarkan kami, sehingga kami bisa mendapat pendidikan yang utuh. Kepada adik-adik kelas VII dan VIII, Kakak pamit, keberhasilan dan kesuksesan semoga selalu ada pada kalian.

Kami tahu perjalanan kami masih panjang. Onak dan duru akan banyak kami lewati dalam perjalanan kami selanjutnya. Untuk itu kami mengharap doa dari Bapak Ibu guru dan adik-adik, agar kami dapat menapaki kewajiban dan bagian-bagian hidup kami di sekolah yang lebih tinggi dengan selamat. Kami ingin mewujudkan cita-cita kami dengan iringan doa para Ibu Bapak Guru dan orang tua kami.

Akhir kata, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, Wassalamu Alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

3. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ibu dan Bapak Guru yang kami hormati
Terus terang, pagi ini kami semua siswa kelas 12 sangat senang dan bahagia. Berhasil menyelesaikan pendidikan pada waktunya adalah cita-cita kami. Apalagi nilai ujian nasional kami cukup baik. Inilah buah jerih payah kami selama belajar tiga tahun di sekolah ini. Kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Pemurah yang telah meridai usaha kami.

Dalam kesempatan ini secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru yang telah membimbing kami. Berkat bimbingan yang tekun, sabar, dan ikhlas, kami dapat lulus dengan nilai yang cukup baik. Dibandingkan dengan sekolah lain, kami tidak kalah, bahkan lebih baik. Jasa Ibu dan Bapak Guru tidak akan kami lupakan. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Kuasa membalas jasa Ibu dan Bapak Guru dengan balasan yang berlipat ganda. Kami sadar bahwa selama belajar di sini kami sering membuat jengkel Ibu dan Bapak Guru. Kami sering melakukan kesalahan. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami mohon maaf. Demikian pula kepada adik-adik kelas 10 dan 11, kami minta maaf atas kesalahan kami selama bergaul dan bermain bersama.

Akhirnya, kepada Ibu dan Bapak Guru, kami minta pamit dan mohon doa restu. Mudah-mudahan kami semua dapat melanjutkan ke sekolah pilihan kami masing-masing. Kepada adik-adik kami ucapkan selamat belajar dan selamat berjuang, semoga kelak lusus dengan nilai yang lebih baik lagi.

Sekian. Atas perhatian Ibu dan Bapak guru serta adik-adik semuanya, kami ucapkan terima kasih.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Contoh Pidato Perpisahan Wisuda Kampus

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Sejahtera untuk kita semua
Bapak Rektor yang Terhormat
Yang Saya Hormati Para Dekan
Yang Saya Hormati Para Kepala Jurusan, dosen, dan utusan BEM Mahasiswa
Para tamu undangan yang berbahagia

Tidak terasa hari ini menjadi puncak dari proses perjuangan kami menapaki gunung ilmu di universitas yang kami banggakan ini. Syukur Alhamdulillah, setelah menempuh berbagai ujian dan rintangan, akhirnya kami semua secara resmi dapat menyandang gelar sarjana.

Bagi kami, momen hari ini merupakan awal dari perjalanan panjang kami selanjutnya, perjalanan yang sesungguhnya terjun ke masyarakat dan dunia kerja.

Sepenuhnya kami sadar bahwa kami akan segera menghadapi kehidupan nyata yang mungkin keras. Mungkin segala persoalan akan datang silih berganti. Namun, dengan segala bekal yang telah kami dapat selama menimba ilmu ditempat ini, kami yakin siap menghadapi segala kemungkinan tersebut. Kami memohon doa restu dari seluruh hadir disini agar kami diberi kekuatan untuk menempuh perjalanan kami selanjutnya.

Akhir kata, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang berjasa hingga kami bisa di wisuda hari ini. Atas segala kekurangan dan kekhilafan, saya mewakili seluruh wisudawan memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Baca Juga: 3 Contoh Pidato tentang Pendidikan
Demikianlah uraian tentang 4 Contoh Pidato Perpisahan Mengharukan, semoga bermanfaat.

3 komentar: