Learn Science With Ilmusiana

Hati-hati, 7 Bakteri Berbahaya Bersarang di Handphone Anda

Handphone telah menjadi salah satu barang penting dalam kehidupan sehari-hari. Kita sudah sedemikian bergantung pada benda yang satu ini. Tak hanya orang dewasa, handphone telah dimiliki oleh remaja bahkan hingga anak-anak. Tak lengkap rasanya jika bepergian tak membawa handphone. Apalagi, saat ini hampir semua handphone telah dilengkapi oleh teknologi canggih sehingga tak terasa kita sering berlama-lama bermain dengan handphone. 

Namun, tahukah Anda bahwa ada bahaya tak terlihat yang mengintai setiap handphone yang kita miliki?. Sebuah penelitian menemukan bahwa tiap inci persegi dari handphone kita sedikitnya mengandung 25 ribu bakteri berbahaya. Tentu saja, kita tidak menyadarinya karena sosok makhluk yang satu ini tidak kasat mata. Dibutuhkan alat khusus untuk dapat melihatnya.

Dari penelitian ini membuktikan bahwa handphone menjadi salah satu benda yang kurang higienis. Berdasarkan jumlah bakteri yang ditemukan, handphone bahkan lebih kotor dari dudukan toilet sekalipun. Tentu saja hasil penelitian ini mengejutkan banyak orang apalagi bagi mereka yang suka berlama-lama dengan handphonenya. Bahkan, jenis bakteri yang ditemukan lewat penelitian tersebut masuk dalam kategori berbahaya dan dapat menimbulkan kematian.

Bakteri apa saja yang bersarang di perangkat mobile yang satu ini? Nah, berikut ini adalah 10 bakteri berbahaya berdasarkan temuan penelitian tersebut:

1. Corynebacterium

Bakteri ini masuk dalam kategori berbahaya karena efeknya yang dapat menyebabkan kematian. Bakteri Corynebacterium ini bekerja dengan cara menyemprotkan racun ke dalam tenggorokan manusia sehingga membuat korbannya sulit bernapas. Dapat menimbulkan infeksi jika mengenai kulit.

2. Pseudomonas Aeruginosa

Bakteri Pseudomonas Aeruginosa berhasil ditemukan juga menempel di handphone kita. Dampak yang dihasilkan juga cukup berbahaya, yakni menyebabkan infeksi serius yang membutuhkan penanganan khusus. Bakteri ini banyak ditemukan juga menempel pada alat-alat kesehatan dan kolam renang.

3. Yeasts

Bakteri Yeasts adalah salah satu bakteri yang terdapat pada ragi dan sering digunakan untuk membuat makanan atau minuman tertentu. Namun, bakteri ini akan berdampak buruk jika menjangkiti tubuh manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteri Yeasts juga ditemukan bersarang di handphone kita. Efek yang ditimbulkan oleh bakteri ini adalah menimbulkan gatal pada kulit dan membawa masalah pada organ vital khususnya wanita.

Hati-hati, 10 Bakteri Berbahaya Bersarang di Handphone Anda

4. Clostridium Difficile

Bakteri ini dinamakan juga dengan bakteri C. Bakteri Clostridium Difficile banyak ditemukan pada tempat duduk yang jarang dibersihkan. Ternyata, bakteri ini juga ditemukan pada handphone yang kita miliki. Gejala yang ditunjukkan jika tubuh sudah terkontaminasi dengan bakteri Clostridium Difficile adalah sakit perut, demam, mual, dan kehilangan nafsu makan. 

5. Coagulase Negative Staphylococci (CoNS)

Bakteri ini bersifat resistan terhadap antibiotik dan banyak ditemukan pada kulit manusia. Penyebarannya terjadi justru pada tempat-tempat yang tergolong bersih. Penelitian sebelumnya pernah menemukan bahwa dari 100 perangkat seluler milik pelajar yang diambil secara acak, 15 persen di antaranya positif mengandung bakteri CoNS. Dampak yang ditimbulkan karena bakteri ini adalah menyebabkan infeksi saluran darah.

6. Streptococcus

Bakteri Streptococcus sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Dapat menyebabkan penyakit radang tenggorakan, gangguan saluran kemih dan darah, pneumonia, dan infeksi kulit yang sangat parah.

7. Escherichia Coli

Bakteri Escherichia Coli ternyata ditemukan juga bersarang pada perangkat handphone kita. Bakteri jahat ini dapat menimbulkan muntah-muntah dan diare jika terlanjur terkontaminasi. 

Olehnya itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan handphone. Sempatkanlah waktu untuk selalu membersihkan handphone secara rutin agar bakteri-bakteri tersebut tidak mudah bersarang.

Sekian uraian tentang Hati-hati, 10 Bakteri Berbahaya Bersarang di Handphone Anda, semoga bermanfaat.
Hati-hati, 7 Bakteri Berbahaya Bersarang di Handphone Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment