Learn Science With Ilmusiana

7 Ciri Ciri Kelas Gastropoda

loading...
Advertisement



Apa yang dimaksud dengan kelas Gastropoda? Hewan yang tergabung dalam kelas Gastropoda memiliki ciri-ciri khas tertentu yang membedakannya dengan hewan pada kelas lainnya. Gastropoda tergabung ke dalam fillum Mollusca. Dalam pengertian sederhana, istilah Gastropoda diadopsi dari bahasa Yunani yang berasal dari dua suku kata, yaitu gaster berarti "perut" dan podos berarti "kaki". Jadi, dapat dikatakan bahwa gastropoda adalah kelompok hewan dengan tubuh lunak yang menggunakan perutnya untuk berjalan. Kelas ini salah satu yang terbesar yang hidup dipermukaan bumi (darat, air laut, air tawar) dengan jumlah spesies sekitar 50.000, tetapi 15.000 spesies diantaranya telah mengalami kepunahan.

Sebagian besar Gastropoda adalah hewan pemakan sayuran atau herbivora yang terkadang dapat merugikan manusia. Tetapi, ada juga yang bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan makanan, karena pada jenis tertentu terdapat Gastropoda yang mengandung protein tinggi, seperti siput dan bekicot. Untuk melindungi tubuhnya yang lunak, maka Gastropoda memiliki cangkang (ganda atau tunggal) dengan bentuk yang bervariasi (bulat, panjang, kasar, spiral). Namun, pada beberapa spesies ada juga yang tidak memiliki cangkang, misalnya siput. Cangkang ini juga berfungsi sebagai alat pertahanan diri dari para pemangsa.

Pada malam hari, Gastropoda dikenal sangat aktif untuk mencari makanan. Hal ini berguna agar tubuhnya yang lunak tidak terpapar sinar matahari. Berikut ini adalah ciri-ciri lengkap dari kelas hewan gastropoda

Ciri-Ciri Kelas Gastropoda

Gastropoda sebagai kelas hewan terbesar dalam fillum Mullusca memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Berjalan menggunakan otot perut
  2. Memiliki cangkang yang berbentuk kerucut
  3. Terdapat alat peraba dan titik mata pada bagian kepalanya
  4. Mulut dilengkapi dengan lidah yang kasar
  5. Gastropoda darat bernapas dengan paru-paru dan gastropoda air dengan insan
  6. Herbivora (pemakan tumbuh tumbuhan)
  7. Hidup di darat, air laut, dan air tawar.

Klasifikasi Kelas Gastropoda

Hewan kelas Gastropoda terbagi menjadi 3 sub kelas, yaitu Pulmonata, Prosabranchia, dan Ophistobranchia. Berikut ini penjelasan masing-masing sub kelas tersebut:

1. Pulmonata

Pulmonata adalah Gastropoda yang memiliki cangkang berbentuk spiral, dilengkapi dengan tentakel pada kelapanya, dan bernapas dengan paru-paru. Hewan ini memiliki sepasang mata dengan organ reproduksi berumah satu (hermaprodit). Contoh sub kelas Pulmonata adalah Achatina. Sub kelas ini sendiri terbagi menjadi dua ordo yaitu, Basomatophora (contoh: Physa sp) dan Stylomatophora (contoh: Achatina sp). 

2. Prosabranchia

Prosabranchia adalah gastropoda yang bernapas dengan insang yang terdapat pada anterior. Hewan dalam sub kelas ini memiliki syaraf yang terpilin berbentuk angka delapan dengan dua buah tentakel. Prosabranchia dilengkapi dengan cangkang yang tertutup oleh operkulum. Prosabranchia sendiri terbagi menjadi tiga ordo, yaitu Archaegastropoda (contoh: Acmaea sp), Mesogastropoda (contoh: Pleucera sp), dan Neogastropoda (contoh: Urosalpinx sp).

3. Ophistobranchia

Ophistobranchia adalah Gastropoda yang bernapas dengan dua buah insang yang terletak pada bagian posterior. Memiliki 1 buah nefridia, 1 ruang jantung, dan bereproduksi secara hermaprodit. Kelompok sub kelas ini kebanyak hidup di laut. Sub kelas Ophistobranchia terbagi ke dalam delapan ordo, yaitu Cephalaspidea (contoh: Bulla sp), Anaspidea (contoh Aplysia sp), Thecosomata (contoh: Cavolinia sp), Gymnosomata (contoh: Clione sp), Nataspidea (contoh: Umbraculum sp), Acochilidiacea (contoh: Microhedyle sp), Sacoglosaa (contoh: Berthelinia sp), dan Nudibranchia (contoh: Glossodoris).

Anatomi Gastropoda

7 Ciri Ciri Kelas Gastropoda

Gastoropoda adalah kelas hewan yang memiliki anatomi yang terdiri dari kepala, badan, dan alat gerak. Terdapat sepasang alat peraba pada kepalanya yang dapat dipendekkan atau dipanjangkan. Pada alat peraba tersebut dilengkapi dengan titik mata yang berfungsi membedakan gelap dan terang. Gigi rahang dan lidah parut terdapat pada mulutnya. Untuk memudahkan pergerakannya, maka alat geraknya dilengkapi dengan lendir.

Habitat Gastropoda

Sebagian besar hewan kelas Gastropoda hidup di laut, baik itu diperairan dalam maupun perairan dangkal. Ada juga yang senang hidup di atas tanah tergenang air atau berlumpur. Terdapat juga Gastropoda yang hidupnya menempel pada batang atau akar dan memanjat, contohnya Cassidula, Littoria, Cerithiidae, dan lain-lain. Ditemukan lebih banyak variasi pada Conusnya. ada yang menempel di bawah karang, di atas terumbu karang, di atas pasir. Bahkan, ada juga yang membenamkan seluruh tubuhnya di dalam pasir. Murex hidup di balik karang, di atas terumbu karang, dan di atas pasir.

Demikianlah uraian tentang 7 Ciri Ciri Kelas Gastropoda, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment