Learn Science With Ilmusiana

Dimensi Tujuh Besaran Pokok

loading...
Advertisement



Dalam pelajaran tentang besaran pokok, terdapat satu bagian diberinama dimensi. Apakah yang dimaksud dengan dimensi besaran pokok? Dalam fisika, besaran pokok dikenal memiliki dimensi. Secara umum, dimensi besaran adalah cara suatu besaran tersusun oleh besaran-besaran pokoknya. Dimensi tersebut dituliskan dengan menggunakan simbol atau lambang tertentu yang telah ditetapkan terlebih dahulu dalam besaran pokok. 

Dimensi ini selanjutnya yang menjadi acuan ketika hendak menurunkan dimensi-dimensi dari besaran lainnya, misalnya dimensi besaran turunan.

Dimensi Besaran Pokok

Dalam ilmu mekanika dapat ditemukan penjelasan tentang besaran pokok massa, waktu, dan panjang yang merupakan contoh besaran yang berdiri bebas satu dengan yang lainnya sehingga dapat berfungsi sebagai dimensi. Misalnya saja, besaran massa memiliki dimensi yang disimbolkan dengan M, besaran panjang dimensinya disimbolkan dengan L, dan besaran waktu dimensinya disimbolkan dengan T. 

Masing-masing besaran pokok tersebut haruslah membentuk persamaan yang konsisten secara dimensional, yakni kedua ruas dimensinya harus sama. 

Dimensi dari masing-masing besaran pokok tersebut dituliskan dengan simbol huruf tertentu dan diberi tanda kurung [ ]. Dalam sistem internasional, terdapat tujuh besaran pokok yang memiliki dimensi ditambah dua besaran pokok yang tidak memiliki dimensi. 

Fungsi Dimensi Besaran Pokok

Apakah fungsi dari dinyatakannya dimensi besaran pokok? Seperti yang telah dinyatakan di awal bahwa dimensi besaran pokok digunakan untuk mengetahui cara suatu besaran tersusun dari besaran-besaran pokoknya. Agar lebih memahaminya perhatikan ilustrasi berikut ini:
Pada pelajaran Matematika, kita sering menghitung volume sebuah balok. Dimana, volume dari balok tersebut adalah hasil kali antara panjang, lebar, dan tingginya. Meskipun ketiga besaran tersebut memiliki nama yang berbeda, yakni panjang, lebar, dan tinggi, namun sebenarnya ketiganya adalah besaran-besaran yang sama. Bagaimana cara membuktikan bahwa ketiganya adalah besaran yang sama?
Nah, untuk membuktikan bahwa ketiga besaran dalam ilustrasi di atas adalah besaran yang sama, kita dapat menggunakan analisis dimensional. Dari analisis dimensi dapat diketahui bahwa panjang, lebar, dan tinggi memiliki dimensi yang sama, yaitu dimensi panjang. Oleh karena itu, diketahui volume balok mempunyai dimensi sama dengan dimensi panjang pangkat tiga.  

Dengan mengetahui dengan baik dimensi dari masing-masing besaran pokok, maka dimensi dari besaran-besaran lainnya dapat diketahui dengan mudah. Caranya dapat dilakukan seperti apa yang telah dijelaskan dalam ilustrasi di atas. Begitupun dengan dimensi besaran turunan dapat diperoleh dengan cara menjabarkan dimensi besaran pokok.

Dimensi Tujuh Besaran Pokok

Penulisan dimensi tujuh besaran pokok dinyatakan dengan huruf tertentu dan diberi tanda kurung persegi. Berikut ini adalah tabel yang menunjukkan masing-masing dimensi dari besaran pokok tersebut:

dimensi besaran pokok

Selain tujuh dimensi di atas, terdapat dua besaran pokok yang tidak memiliki dimensi. Berikut ini adalah kedua besaran tersebut:

besaran pokok tak berdimensi

Demikianlah uraian tentang Dimensi Tujuh Besaran Pokok, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment