Learn Science With Ilmusiana

Muatan Listrik, Konduktor, Isolator, Rangkaian Listrik

Loading...
Muatan listrik adalah muatan yang mengandung sifat listrik. Ada muatan positif dan ada juga muatan negatif. Muatan positif ini disebut proton, sedangkan muatan negatif disebut elektron. Jika jumlah muatan positif dan negatifnya sama, maka benda tersebut dalam keadaan netral. Perbedaan jumlah muatan ini dapat dipengaruhi oleh alam maupun manusia. Saat jumlah muatan berbeda maka akan timbul aliran muatan. Aliran muatan inilah yang disebut gejala kelistrikan.

Muatan Listrik

Dalam gejala kelistrikan terdapat arus listrik, yaitu pergerakan muatan listrik akibat aliran elektron. Apa saja yah contoh-contoh gejala kelistrikan itu? Contohnya yaitu penggaris plastik dapat menarik kertas kecil. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Awalnya penggaris digosokkan ke rambut, maka terjadilah perpindahan elektron dari rambut ke penggaris plastik. Akibatnya, penggaris plastik kelebihan elektron. Saat penggaris plastik yang kelebihan elektron didekatkan pada kertas kecil, maka elektronnya berpindah menuju kertas kecil. Karena massa kertas lebih kecil dari massa penggaris, maka kertas kecil tertarik menuju penggaris mengiringi perpindahan elektron dari penggaris menuju kertas kecil.

sisir kertas tertarik listrik

Contoh selanjutnya yaitu rambut berdiri saat memegang bola konduktor. Hal ini terjadi karena elektron dari bola konduktor mengalir ke tubuh sampai ke ujung rambut. Adik-adik, tubuh manusia adalah penghantar arus listrik yang baik lho. Contoh lainnya, yaitu terjadinya petir. Petir terjadi sebelum Guntur. Petir adalah loncatan elektron disertai suara yang keras. Loncatan elektron ini terjadi akibat pergesekan awan yang berbeda muatan. Loncatan elektron berlangsung dari awan yang mengandung banyak elektron menuju awan yang mengandung sedikit elektron.

Konduktor

Konduktor adalah alat atau bahan yang dapat menghantarkan arus listrik. Konduktor ini biasanya digunakan untuk menyalurkan listrik. Contohnya, tembaga, kabel, aluminium, besi, dan lainnya. Yuk, kita bahas satu per satu contoh konduktor ini.

1. Tembaga

Tembaga adalah logam berwarna keemasan merah. Tembaga merupakan konduktor yang baik lho. Simbol kimia tembaga adalah Cu. Tembaga biasa digunakan sebagai bahan dasar kabel, kumparan trafo, dan pipa pendingin. Kabel adalah alat yang digunakan untuk meneruskan sinyal dari satu tempat ke tempat lain. Kabel terbuat dari tembaga yang dilapisi bahan isolator disekelilingnya. Kabel ini digunakan dalam perakitan televisi, menyalurkan energi listrik dari pembangkit menuju perumahan, mengisi muatan hp dan lainnya.

2. Aluminium

Aluminium adalah logam ringan berwarna putih keperakan. Aluminium termasuk konduktor yang baik. Bahan ini sangat berguna dalam penyolderan. Membuat alat-alat rumah tangga, seperti panci, wajan, dan lainya. 

3. Besi

Besi adalah loga yang berasal dari biji besi. Simbol besi ini adalah Fe. Besi termasuk konduktor yang baik juga lho. Besi digunakan sebagai bahan bangunan, perakitan mobil, perakitan senjatan, dan lain-lain.

Isolator

Isolator adalah bahan yang tidak dapat menghantar arus listrik. Isolator dimanfaatkan untuk melindungi dari sengatan listrik. Contoh isolator antara lain, plastik, karet, kaca, kertas, dan lainnya. Yuk, kita bahas satu per satu contoh isolator ini.

1. Plastik

Plastik adalah bahan sintetik hasil pengolahan secara kimia. Bersifat mudah terbakar. Plastik termasuk isolator yang baik. Plastik banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pipa, alat-alat rumah tangga, kresek pembungkus, dan lainnya.

2. Karet

Karet adalah bahan polimer hidrokarbon yang terdapat pada beberapa jenis tumbuhan dengan pengolahan secara  sintetik. Karet dapat dijadikan bahan pembuatan ban mobil, pelapis alat-alat kerja, sepatu, dan lainnya. 

3. Kaca

Kaca adalah material bening dan tembus pandang serta mudah rapuh. Kaca merupakan isolator yang baik juga adik-adik. Kaca sangat bermanfaat untuk layar TV dan komputer, kaca rumah, kaca mobil, dan lainnya.

4. Kertas

Kertas adalah bahan tipis dan rata hasil kompresi dari serat. Kertas banyak digunakan sebagai buku, untuk kardus, untuk pembungkus nasi, dan lainnya.

Sumber Energi Listrik

Dari mana saja yah sumber energi listrik itu? Yuk kita simak penjelasan berikut:

sumber energi listrik

Energi listrik itu dapat diperoleh dari baterai, aki, pembangkit listrik, dan lainnya. Baterai merupakan salah satu sumber energi listrik. Bahan kimia di dalam baterai dapat diubah menjadi energi listrik. Baterai ini digunakan untuk menyalakan senter, menghidupkan hp, menggerakkan mainan, dan lain-lain.

Aki termasuk sumber energi listrik yang sering digunakan lho. Di antaranya, untuk sumber tenaga mobil, motor, dan truk.

Pembangkit listrik merupakan sumber energi listrik dalam skala besar. Energi yang dihasilkannya bisa mencukupi hingga satu desa, bahkan satu kota lho. 

Energi listrik selengkapnya baca materi ini: Energi Listrik: Pengertian, Rumus, Contoh Soal

Rangkaian Listrik

Rangkaian listrik itu apa yah? Rangkaian listrik adalah susunan komponen elektronik yang dirangkai dengan sumber tegangan. Rangkaian listrik itu ada dua macam, yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel.

Rangkaian seri adalah rangkaian listrik yang hambatan atau lampunya disusun secara sejajar. Rangkaian seri ini selalu menghasilkan arus yang sama besar dalam tiap lampunya. Keuntungannya yaitu semua lampu akan menyala sama terang. Sedangkan, kerugiannya adalah boros energi dan biaya. Selain itu, apabila satu komponen lampunya rusak, maka komponen yang lain akan terganggu juga.
rangkaian seri listrik

Rangkaian seri selengkapnya baca materi ini: Rangkaian Seri: Pengertian, Ciri, Gambar

Rangkaian paralel adalah rangkaian yang hambatan atau lampu-lampunya disusun secara berderet. Rangkaian ini dapat menghasilkan tegangan yang sama besar pada tiap lampunya. Kerugiannya adalah memerlukan kabel yang lebih panjang. Sedangkan, keutamaannya yaitu apabila salah satu komponennya rusak, maka komponen yang lain tidak terganggu.

rangkaian paralel listrik

Rangkaian seri selengkapnya baca materi ini: Rangkaian Paralel: Pengertian, Ciri, Gambar

Adik-adik, tahu tidak, biasanya rangkaian listrik pada perumahan disusun secara paralel lho. Karena lebih hemat energi daripada disusun secara seri.

Demikianlah ulasan tentang Muatan Listrik, Konduktor, Isolator, Energi, Rangkaian Listrik, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment