Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban]: Bagian Terkecil dari Suatu Materi

Tahukah kamu, disebut apakah bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut? Yah benar, jawabannya adalah atom. Mengapa atom? Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan mengapa atom disebut sebagai bagian terkecil dari suatu materi. 

Bagian Terkecil dari Suatu Materi
Bagian Terkecil dari Materi
Atom merupakan bagian dari materi, Ia adalah bagian terkecil yang membangun keseluruhan tubuh materi. Ibarat sebuah rumah, atom bertindak sebagai batu bata agar seluruh materi bisa terbentuk.

Bagian Terkecil dari Suatu Materi

Atom adalah bagian terkecil dari suatu materi yang masing memiliki sifat materinya. Suatu materi tersusun dari tumpukan berjuta-juta atom, misalnya sepotong emas tersusun dari berjuta-juta atom emas. Teori tentang atom yang paling awal dikembangkan adalah teori atom Dalton, yaitu:
  • Materi tersusun dari materi-materi terkecil yang disebut atom.
  • Unsur adalah materi yang tersusun atas atom sejenis
  • Atom-atom suatu unsur adalah sama (memiliki ukuran, massa, dan sifat yang sama).
  • Senyawa adalah materi yang terdiri dari dua jenis atom atau lebih dengan perbandingan tertentu.
  • Reaksi kimia adalah penyusunan ulang atom-atom. Suatu atom tidak dapat dimusnahkan atau
  • diciptakan atau diubah menjadi atom unsur lain pada suatu reaksi.
Lambang atau simbol atom dari suatu unsur dinyatakan dari nama unsurnya sehingga lambang dari suatu atom unsur sama dengan lambang unsur, misalnya oksigen mempunyai lambang atom O dan aluminium mempunyai lambang atom Al. Lambang atom dituliskan dalam bentuk:

lambang atom
Cara Penulisan Lambang Atom

Kesimpulan

Jadi, jika ada pertanyaan tentang disebut apakah bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut? Maka, jawabannya adalah Atom. Bagikan materi ini kepada temanmu yang membutuhkan, kami lihat banyak menanyakannya di forum pembelajaran online. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban]: Bagian Terkecil dari Suatu Materi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment