Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Peristiwa Cuaca Hanya Terjadi pada Lapisan Troposfer Karena?

Mengapa peristiwa cuaca hanya terjadi pada lapisan troposfer? Hal ini disebabkan karena troposfer memiliki lapisan khas yang mendukung terjadinya cuaca. Sebagaimana yang kita tahu, troposfer adalah salah satu lapisan atmosfer. Troposfer adalah lapisan atmosfer yang terdekat dengan bumi atau terletak di bagian paling bawah dengan ketinggian 16 km dari permukaan bumi. Troposfer berfungsi untuk menghasilkan dinamika cuaca bagi bumi, seperti angin, hujan, dan petir. Awan yang kita lihat setiap hari adalah hasil dari pembentukan di troposfer.

Peristiwa Cuaca Hanya Terjadi pada Lapisan Troposfer Karena?

Peristiwa Cuaca Hanya Terjadi di Troposfer

Peristiwa cuaca hanya terjadi pada troposfer karena pada lapisan ini terjadi variasi suhu. Dimana, suhu akan menurun seiring dengan meningkatnya ketinggian dan besarnya lintang. Itulah sebabnya mengapa sehingga ketika kita sedang berada di gunung, makan akan terasa dingin. Selain itu, suhu udara dapat mencapai -45 0C di daerah kutub dan 77 0C di daerah tropis.

Menurunnya suhu karena ketinggian disebabkan oleh troposfer menyerap radiasi gelombang pendek matahari dalam jumlah yang sedikit. Permukaan tanah menyerap sebagian besar panas tersebut dan melakukan pertukaran panas yang diterima melalu proses konveksi, konduksi, kondensasi, dan sublimasi.

Sebagaimana yang kita tahu, cuaca dihasilkan dari perubahan suhu atau pergerakan dingin dan panas, itulah sebabnya mengapa sehingga cuaca hanya terjadi pada lapisan troposfer. Untuk lebih mengenal tentang troposfer baca materi ini: Troposfer: Pengertian, Fungsi, Ciri, Manfaat

Demikianlah jawaban dari pertanyaan Mengapa peristiwa cuaca hanya terjadi pada lapisan troposfer. Bagikan materi ini kepada teman yang membutuhkan. Terima kasih, Semoga bermanfaat.
[Jawaban] Peristiwa Cuaca Hanya Terjadi pada Lapisan Troposfer Karena? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment