Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Alat Untuk Mengukur Berat

Apa sih alat untuk mengukur berat itu? Untuk diketahui, pengukuran berat dapat dilakukan dengan menggunakan alat. Penggunaan alat yang tepat dapat menghasilkan pengukuran berat yang akurat. Ada bermacam-macam keperluan sehingga berat tersebut harus diukur, seperti untuk mengetahui berat badan atau untuk mengetahui berat suatu benda. Dalam bidang otomotif, pengukuran berat sangat penting untuk mengetahui kapasitas muat dari suatu kendaraan.

Alat Untuk Mengukur Berat Benda

Alat Untuk Mengukur Berat benda

Di zaman dahulu, para nenek moyang kita mungkin hanya mengukur berat lewat perkiraan kasar saja, dengan skala kualitatif saja, seperti ringan, berat, dan sangat berat. Mereka belum mampu mengembangkan sebuah alat yang dapat mengukur berat secara akurat. Namun, berkat kemajuan teknologi sekarang ini manusia dapat membuat sebuah alat pengukur berat yang menampilkan nilai dari beratnya secara kuantitatif atau dengan angka.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan tentang nama alat untuk mengukur berat. Semoga setelah membaca uraian ini, pembaca bisa mengetahui dan memahami tentang alat pengukur berat beserta cara penggunaannya.

Pengertian Berat

Berat adalah gaya gravitasi bumi yang bekerja pada benda. Satuannya adalah newton (dalam SI) dan pound (dalam sistem Inggris). Dalam pengukuran sehari-hari, istilah berat sering disamakan dengan massa karena penggunaan satuan kilogram (kg) yang dipadankan pada pengukuran berat tadi. Padahal, satuan berat yang sebenarnya adalah Newton (N). Untuk keperluan praktis hal ini tidak menjadi masalah karena yang terlibat dalam pengukuran tersebut sama-sama bersepakat penggunaan satuan kg untuk menyatakan berat.

Namun, dalam dunia ilmu pengetahuan, khususnya fisika, dua istilah ini (berat dan massa) sangat berbeda. Misalnya, kita sering mendengar kalimat "mengukur berat badan", sementara alat yang digunakan timbangan bersatuan kg. Jadi, seharusnya kalimat yang benar adalah "mengukur massa badan". Tetapi sekali lagi, untuk keperluan sehari-hari hal tersebut tidak menjadi masalah.

Baca Juga:
Massa adalah kuantitas yang dimiliki oleh suatu materi, sedangkan berat adalah kuantitas materi dikalikan dengan percepatan gravitasi. Massa tidak dipengaruhi oleh tempat, sedangkan berat sangat bergantung kepada tempat, sebagai akibat dari berubahnya nilai gravitasi. Berat termasuk ke dalam salah satu contoh gaya, sedangkan massa tidak. 

Alat Untuk Mengukur Berat

Berat dapat diukur dengan menggunakan alat yang bernama neraca pegas atau dinamometer. Alat ini bisa kita temukan dalam laboratorium fisika. Dinamomenter berfungsi untuk mengukur berat suatu benda, bersatuan Newton. Sedangkan, alat yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti neraca atau timbangan badan, timbangan beras di pasar, timbangan emas, atau timbangan buah, semua alat ini adalah untuk mengukur massa karena alat tersebut bersatuan kilogram.

Alat Untuk Mengukur Berat

Alat Untuk Mengukur Berat

Demikianlah penjelasan dari Alat Untuk Mengukur Berat. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Alat Untuk Mengukur Berat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment