Learn Science With Ilmusiana

Ukuran Berat Bola Sepak Bola Standar FIFA

Berapakah ukuran dan berat bola sepak bola menurut standar FIFA? Seperti yang kita tahu, bola adalah kelengkapan permainan sepak bola. Bola inilah yang dimainkan oleh para pemain sepak bola untuk dimasukkan ke gawang. Ada ketentuan standar yang telah ditetapkan oleh induk organisasi sepak bola dunia (FIFA) mengenai ukuran bola ini. Semuanya diukur secara teliti untuk menciptakan sebuah bola yang sesuai dengan standar resmi FIFA.

Ukuran Berat Bola Sepak Bola

Dalam setiap gelaran piala dunia, proses penentuan bola yang akan digunakan di setiap pertandingan sangatlah ketat. Dimulai dari proses pembuatan, biasanya FIFA akan menunjukkan pabrikan khusus yang akan memproduksi semua bola pertandingan piala dunia. Pemilihan bahan dan ukuran dimensi bola dilakukan secermat mungkin. Hal ini bertujuan untuk menciptakan permainan sepak bola yang sesuai dengan ketentuan FIFA.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan ukuran berat sepak bola menurut standar resmi FIFA. Semoga setelah membaca uraian ini, pembaca dapat mengetahui dan memahami seperti apa bola standar FIFA itu.

Ukuran Bola Sepak Bola

Bola pada permainan sepak bola memiliki ukuran standar resmi yang ditetapkan oleh organisasi sepak bola dunia (FIFA). Semua bola yang akan digunakan pada pertandingan resmi harus mematuhi ketentuan standar ini. Setelah melewati proses produksi, biasanya bola akan melalui proses pengujian ketat untuk melihat sejauh mana bola tersebut sesuai dengan standar FIFA. Jika ditemukan bola yang melenceng dari standar FIFA, maka bola tersebut dinyatakan tidak layak untuk digunakan.

Baca Juga:
Hal-hal yang diperhatikan oleh FIFA dalam menentukan standar resmi bola permainan sepak bola meliputi ukuran, bahan, bentuk, diameter, keliling, berat, tekanan, dan warna bola. Berikut ini akan kita bahas satu per satu:

1. Bahan Pembuatan Bola

Bahan atau material yang digunakan untuk membuat bola sepak bola termasuk salah satu hal yang diatur oleh FIFA. Artinya, tidak semua bahan bisa digunakan untuk membuat bola. Menurut FIFA, bola pada permainan sepak bola itu harus menggunakan material kulit atau sejenisnya. FIFA menilai bahwa bahan kulitlah yang paling cocok untuk membuat bola ini. Itulah sebabnya pada setiap gelaran pertandingan resmi FIFA, semua bola yang digunakan berbahan kulit.

2. Bentuk Bola

FIFA menetapkan bahwa bola yang digunakan dalam permainan sepak bola haruslah berbentuk bulat sempurna. Dalam proses produksi, bola dibentuk sesempurna mungkin untuk menghasilkan bola yang sesuai standar FIFA. Bola dengan bentuk bulat sempurna bertujuan untuk menghasilkan putaran bola yang stabil saat menggelinding di lapangan, maupun saat berputar di udara. Kestabilan bola ini akan memudahkan para pemain untuk menendang dan mengontrol bola. Dari segi bentuk, bola permainan sepak bola sama dengan permainan basket, voli, maupun futsal yang juga berbentuk bulat sempurna.

3. Keliling dan Diameter Bola

Standar resmi FIFA juga mengatur tentang ketentuan besar ukuran keliling dan diameter bola. FIFA menetapkan bahwa bola standar itu memiliki keliling lingkaran sebesar 68 - 71 cm. Sedangkan, diameternya ditetapkan sebesar 21 - 22,5 cm. Semua bola yang dipakai pada pertandingan resmi FIFA pasti sesuai dengan ukuran ini.

4. Tekanan Bola

Tekanan bola juga termasuk hal yang sangat diperhatikan oleh FIFA. Ada standar khusus mengenai besar tekanan bola pada permainan sepak bola ini. Menurut FIFA, besar tekanan isi udara dalam bola sepak bola berada pada rentang 0,4 - 0,6 atm. Jadi, tidak boleh di bawah atau di atas dari standar resmi ini.

5. Warna Bola

Pemilihan warna bola juga sangat diperhatikan pada permainan sepak bola ini. Sebaiknya, bola yang digunakan pada setiap pertandingan haruslah menggunakan warna yang mencolok dan bisa terlihat jelas oleh para pemain. Paling baik lagi jika menggunakan warna yang serasi dengan warna hijau pada lapangan. Itulah sebabnya mengapa sehingga putih menjadi warna yang paling banyak dipilih untuk bola sepak bola. Kecuali, jika terjadi keadaan khusus, seperti turunnya salju di lapangan pertandingan, maka boleh menggunakan warna lain agar lebih jelas dan mencolok, contohnya merah.

Berat Bola Sepak Bola

FIFA juga menetapkan standar resmi mengenai berat bola sepak bola. Berat bola ini diukur secermat mungkin untuk menghasilkan bola yang stabil agar mudah dikontrol oleh para pemain. Menurut FIFA, berat bola standar resmi berada pada kisaran 420 - 445 gram. Jadi, setiap bola yang akan diproduksi tidak boleh kurang dari 420 gram dan tidak boleh melebihi 445 gram. Berat ideal inilah yang dipatuhi oleh para perusahaan yang memproduksi bola sepak bola. 

Cara Memilih Bola yang Baik

Untuk memilih bola yang baik, kita harus memperhatikan beberapa hal agar mendapatkan bola yang bagus dan berkualitas tinggi. Tentun saja kita harus memastikan bahwa bola yang akan kita beli telah sesuai dengan peraturan standar ukuran bola FIFA yang telah dijelaskan di atas karena semua hal itu bisa menjadi pedoman dan tolak ukur. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih bola adalah:

1. Keaslian Bola 

Cara mengetahui bola sepak yang asli atau palsu memang perlu kecermatan dalam memilihnya agar tidak terjebak kepada produk bola KW atau bola yang tidak asli namun dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki kemiripan seperti barang aslinya.

2. Logo Bola

Ciri-ciri bola sepak bola asli yang digunakan pada pertandingan resmi di dunia biasanya pada permukaan luar terdapat logo FIFA APPROVED atau FIFA INSPECTED atau INTERNATIONAL MATCHBALL STANDARD yang menandakan bahwa bola tersebut telah lulus uji test dan sudah sesuai dengan standar internasional.

3. Merk Bola

Produk-produk yang mempunyai nama merek bola terkenal seperti merek Molten, Mikasa, Mitre, Lotto dan lainnya memiliki kualitas yang baik namun sering terjadi pembajakan sehingga sangat perlu kita harus jeli saat membelinya di pasaran. Pastikan bola yang kita pilih adalah bola sepak asli yang memiliki kualitas bagus dan sesuai kriteria bola standar resmi FIFA .

4. Harga Bola

Harga bola sepak di Indonesia untuk beberapa merk populer tersebut berkisar mulai dari harga 600 ribuan di pasar dalam negeri. Tentunya masalah harga pada tiap daerah, antara satu negara dengan nagara lainnya di dunia mungkin sedikit berbeda serta setiap saat bisa mengalami perubahan menyesuaikan situasi dan perkembangan zaman.

5. Jenis Bola

Mengenai ukuran bola sebenarnya ada beberapa tingkatan, dari yang paling kecil Size 1 hingga ukuran besar Size 5. Pada pertandingan di liga profesional atau seperti turnamen piala dunia biasa memakai ukuran Size 5, namun tidak semua pertandingan bisa menerapkan dengan ukuran bola tersebut, menyesuaikan jenis atau grup permainan sepakbola. Contohnya pada pertandingan sepak bola anak dengan usia 8 tahun maka cocok menggunakan bola berukuran size 3 yang memiliki keliling lingkaran 23 - 24 inchi.

Demikianlah penjelasan tentang Ukuran Berat Bola Sepak Bola Standar FIFA. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Ukuran Berat Bola Sepak Bola Standar FIFA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment