Learn Science With Ilmusiana

5+ Fungsi Protein Bagi Sel (Gambar Lengkap)

Apa fungsi protein bagi sel? Protein adalah elemen utama untuk semua sel hidup. Protein merupakan polimer atau rangkaian dari sejumlah asam amino. Asam amino adalah molekul organik kecil yang sebagian besar terbuat dari oksigen, hidrogen, nitrogen, dan karbon. Protein terbuat dari suatu pool yang terdiri dari 20 asam amino yang berbeda. Rantai asam amino akan dibentuk dengan urutan tertentu dari ratusan bahkan ribuan asam amino.

Fungsi Protein Bagi Sel

Fungsi Protein Bagi Sel

Struktur tiga dimensi yang unik protein memungkinkan fungsinya bagi sel. Dengan struktur yang unik itu, suatu molekul protein dapat berinteraksi dengan molekul lain sehingga dapat berfungsi sebagai molekul yang mengatur ekspresi gen atau transmisi genetik menjadi fenotip.

Nah, pada kesempatan ini kami akan merincikan beberapa fungsi protein bagi sel. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang fungsi zat protein bagi sel semakin bertambah. Yuk berikut ini pembahasannya.

Fungsi Protein Bagi Sel

Protein memiliki fungsi penting bagi sel-sel tubuh. Berikut ini adalah beberapa fungsi penting dari zat protein bagi sel:
  1. Membentuk struktur sel, seperti dalam rambut, jaringan penghubung, membran sel dan lain-lain.
  2. Protein dapat berfungsi aktif menyerupai enzim yang berperan sebagai katalisator proses biokimia sel.
  3. Meningkatkan pertumbuhan sel untuk menggantikan sel-sel mati
  4. Melakukan perbaikan dan pemeliharaan sel
  5. Membangun sel-sel pembentukan jaringan dan organ.
Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Protein Bagi Sel. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
5+ Fungsi Protein Bagi Sel (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment