Learn Science With Ilmusiana

Properti Pada Tari Saman

Apa saja properti yang digunakan dalam tari Saman? Properti tari adalah benda-benda yang dipakai sebagai alat untuk mendukung gerak dalam tari. Properti bergantung kepada penataan tari. Adapun yang termasuk properti tari adalah mahkota selendang, payung, panah, sapu tangan, kipas, dan keris. Semua alat ini digunakan sebagai alat bantu ungkapan gerak. Contohnya, pada tari Srikandi digunakan properti panah, selendang, dan mahkota.

Properti Pada Tari Saman

Properti digunakan untuk membantu menjelaskan tema tari yang dibawakan, seperti tari Topeng dari Jawa Barat menggunakan properti topeng, atau tari eko prawiro dari Jawa Tengah menggunakan properti tameng dan pedang. Selain sebagai perlengkapan, properti tari juga berfungsi untuk memperindah gerakan tarian.

Properti merupakan pelengkap penampilan dalam pementasan tari. Properti harus mendukung ekspresi gerak tari. Contohnya, tari perang menggunakan panah, keris, atau tombak sebagai properti. Tari kipas menggunakan kipas sebagai properti, atau tari piring menggunakan properti piring, dan lain-lain.

Properti Tari Saman

Lantas, apa properti yang digunakan dalam tari Saman? Saat kita menonton pementasan tari Saman, kita bisa menyaksikan langsung bahwa tidak ada properti apa pun yang digunakan pada tari Saman. Tidak ada penggunaan kipas, keris, piring, atau alat-alat lain yang melekat pada penarinya. Jadi, tari Saman adalah jenis tarian yang tidak menggunakan properti.

Namun, sepanjang penelusuran kami ada banyak informasi keliru di internet yang menjelaskan properti yang digunakan oleh tari Saman. Tampaknya, penulis informasi tersebut kurang memahami apa yang dimaksud dengan properti tari. Hal ini tentu saja sangat merugikan, apalagi bagi anak sekolah yang sedang menjawab soal, jawabannya sudah pasti salah jika menggunakan referensi keliru tersebut.

Informasi-informasi sesat ini umumnya mengatakan bahwa properti tari Saman adalah; bulung teleng, baju kerawang, dan topeng gelang. Bahkan, situs sekelas Brainly juga memuat informasi keliru ini yang celakanya jawabannya diberi like oleh para siswa. Padahal, ketiga hal tersebut adalah busana tari Saman, bukan properti tari Saman. Jadi, masalah utamanya adalah terdapat kekeliruan dalam memahami pengertian properti tari.

Jadi, sekali lagi kami tekankan bahwa tari Saman adalah jenis tarian yang tidak menggunakan properti.

Demikianlah informasi tentang Properti Tari Saman. Bagikan informasi ini agar orang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Properti Pada Tari Saman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment