Learn Science With Ilmusiana

12+ Fungsi Tulang Paha Manusia (Gambar Lengkap)

Apa fungsi tulang paha pada manusia? Tubuh manusia ditopang oleh sistem rangka yang terdiri dari 206 jenis tulang penyusun. Semuanya tergabung menjadi satu dengan fungsi yang berbeda-beda. Salah satu dari sekian banyak tulang tersebut adalah tulang paha. Cobalah pegang bagian paha, di dalamnya terdapat struktur keras yang dibungkus oleh otot dan kulit. Itulah tulang paha manusia.

Fungsi Tulang Paha Manusia

Fungsi Tulang Paha Manusia

Umumnya, paha manusia adalah bagian tubuh terbesar yang membentuk anggota gerak bawah. Sebagaimana yang kita ketahui, anggota gerak terbagi atas dua, yaitu anggota gerak atas dan anggota gerak bawah. Jadi, tubuh kita bisa bergerak atau berjalan setiap hari karena adanya tulang paha ini. Bentuknya sangat kokoh sehingga mampu menopang seluruh berat tubuh manusia. 
Lantas, apa fungsi dari tulang paha tersebut? Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan seputar tulang paha dan fungsi bagi tubuh manusia. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang tulang paha semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Tulang Paha (Fremur)

Tulang paha manusia disebut juga dengan fremur (bahasa latin). Tulang paha adalah tulang terkuat dan terpanjang pada tubuh manusia. Tulang paha menjadi penghubung antara bagian lutut dan bagian pinggul. Pada bagian atas tulang paha terdapat collum, caput, minor, dan trochanter major. Bagian caput tulang paha berbentuk dua pertiga bola dan berartikulasi dengan mangkok sendi (acetabulum) dari tulang pangkal paha (coxae) membentuk sendi panggul (articulation coxae).

Bagian-Bagian Tulang Paha

Tulang paha terdiri dari tiga bagian, yaitu corpus femoris, metafisis proksimal, dan distal metafisis. Terdapat lekukan kecil pada pusat caput yang disebut fovea capitis. Lekukan ini menjadi tempat melekatnya ligamentum dari caput. Di sepanjang ligamen ini sebagian suplai darah dihantarkan untuk caput femoris. Bagian collum tulang paha, yang menghubungkan kepala pada batang tulang paha, berjalan ke belakang, bawah, lateral, dan membentuk sudut sekitar 125 derajat. Berikut ini adalah gambar dari tulang paha manusia beserta bagian-bagiannnya:

Gambar Tulang Paha (Femur)

Gambar Tulang Paha (Femur)

Bagian trochanter major dan minor adalah tonjolan besar pada batas batang dan leher tulang paha. Penghubung dua trochanter ini adalah linea intertrochanterica di depan dan crista intertrochanterica yang mencolok di bagian belakang, dan padanya terdapat tuberculum quadratum.

Bagian batang tulang paha berbentuk cembung ke arah depan. Permukaan depan tulang paha berbentuk bulat dan licin, sedangkan pada bagian belakangnya terdapat line aspera, tepian linea aspera melebar ke bawah dan ke atas. Tepian medial berlanjut ke bawah sebagai crista supracondylaris medialis menuju tuberculum adductorum pada condylus medialis

Tepian lateral menyatu ke bawah dengan crista supracondylaris lateralis. Pada permukaan belakang batang tulang paha, di bawah trochanter major terdapat tuberositas glutealis, yang ke bawah terhubung dengan linea aspera. Bagian batang melebar ke arah ujung distal dan permukaan belakangnya membentuk segitiga datar, disebut fascia poplitea.

Terdapat condylus medialis dan letaralis pada ujung bawah tulang paha, yang di bagian belakangnya dipisahkan oleh incisura intercondylaris. Permukaan depan condylus dihubungkan oleh permukaan sendi untuk patella. Kedua condylus ikut membentuk sendi lutut. Di atas condylus terdapat epicondylus lateralis dan medialis. Tuberculum adductorium berhubungan langsung dengan epicondylus medialis.

Otot Tulang Paha

Beberapa otot-otot besar melekat pada tulang paha. Otot ini terbagi atas dua macam, yaitu otot inserio dan otot origio. Otot inserio adalah otot yang memiliki pergerakan yang tidak tetap atau berubah posisi saat terjadi kontraksi. Otot inserio terdiri dari:
  • Otot gluteus medius
  • Otot gluteus maximus
  • Otot tensor fasciae latae
  • Otot iliopsoas
Sedangkan, otot origio adalah otot yang memiliki pergerakan yang lebih stabil saat terjadi kontraksi. Otot ini terdiri dari:
  • Otot vastus medialis
  • Otot gastrocnemius
  • Otot vastus intermedius
  • Otot vastus lateralis

Fungsi Tulang Paha

Tulang paha memiliki fungsi yang sangat vital di dalam sistem gerak bawah tubuh manusia. Fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tulang Anggota Gerak Bawah

Fungsi tulang paha atau femur adalah sebagai tulang anggota gerak bawah manusia. Tulang paha bersama-sama dengan tulang betis, tulang kering, tulang tempurung lutut, tulang telapak kaki, tulang pergelangan kaki, dan tulang jari kaki membentuk alat gerak bawah manusia.

2. Tempat Melekatnya Otot dan Pigmen

Fungsi tulang paha selanjutnya adalah sebagai tempat melekatnya otot dan pigmen. Terdapat sejumlah otot yang melekat pada tulang ini, seperti otot iliopsoas, tensor fasciae latae, gluteus maximus, medius, dan lain-lain.

3. Menghubungkan Pinggul dan lutut

Tulang paha atau femur juga berfungsi sebagai penghubung antara bagian pinggul dan bagian lutut manusia

4. Tulang Terbesar dan Terkuat

Tulang paha atau femur adalah tulang terkuat yang menjadi tulang anggota gerak bawah tubuh manusia. Selain terkuat, tulang ini juga menjadi tulang yang terbesar.

5. Tempat Menghasilkan Sel Darah Merah

Fungsi lain dari tulang paha adalah menjadi tempat dihasilkannya sel darah merah. Pada tulang paha terdapat sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah.

6. Membentuk Sendi Condylar

Tulang paha juga berfungsi untuk membentuk sendi condylar, yaitu sendi yang dibentuk bersama-sama dengan tulang lutut. Sendi ini memungkinkan terjadinya gerak rotasi pada poros, meskipun gerakannya terbatas.

7. Tulang Terpanjang

Tulang paha juga menjadi tulang terpanjang dalam tubuh manusia. Mungkin, banyak yang mengira bahwa tulang terpanjang manusia adalah tulang belakang, padahal yang terpanjang adalah tulang paha. Panjang tulang paha adalah seperempat dari tinggi badan manusia.

8. Tempat Melekatnya Tempurung Lutut

Fungsi tulang paha selanjutnya adalah sebagai tempat melekatnya tulang tempurung lutut. Coba raba paha bagian bawah, disitu terdapat perlekatan dengan tulang tempurung lutut.

9. Menghubungkan Tulang Bokong dengan Tulang Paha

Tulang paha juga berfungsi membentuk hubungan dengan tulang bokong. Jadi, pada bagian atas tulang paha saling berhubungan dengan tulang bokong.

10. Membentuk Sendi Panggul

Pada bagian tertentu tulang paha membentu persendian, yang disebut dengan sendi panggul (articulation coxae).

11. Meneruskan Bobot Tubuh

Tulang paha berfungsi untuk meneruskan seluruh berat atau bobot tubuh ke tulang yang berada di bawahnya.

12. Menahan Gaya Selama Berjalan

Fungsi tulang paha yang terakhir adalah untuk menahan seluruh gaya selama berjalan. Tulang paha merupakan struktur tulang untuk berdiri dan berjalan. Saat kita melakukan aktivitas berjalan, seluruh gaya yang timbul akan bertumpu pada tulang ini.

Cedera Tulang Paha

Pada beberapa kejadian tertentu, tulang paha dapat mengalami cedera. Meskipun, tulang paha adalah tulang terkuat dan terbesar, namun cedera juga dapat menyerang tulang ini. Umumnya, cedera tersebut disebabkan karena terjatuh atau benturan yang keras. Cedera tulang paha yang paling sering terjadi adalah fraktur atau patah tulang. Fraktur pada tulang paha terdiri dari:
  • Fraktur Collum
  • Fraktur Subtrochanter
  • Fraktur batang
  • Fraktur distal  
Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Tulang Paha. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
12+ Fungsi Tulang Paha Manusia (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment