Learn Science With Ilmusiana

Gerak Manipulatif: Pengertian, Contoh, Gambar (Lengkap)

Tahukah kamu apa itu gerak manipulatif? Coba sebutkan beberapa contohnya? Dalam ilmu olahraga, terdapat satu jenis gerak yang disebut gerak manipulatif. Setiap individu dalam masa perkembangannya akan melewati gerak manipulatif sebagai bagian dari keterampilan gerak kompleks. Oleh karena itu, setiap individu yang sedang mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan penting untuk diajarkan gerak manipulatif. 

Penguasaan terhadap gerakan manipulatif sangat berguna sebagai bentuk latihan bagi individu untuk meningkatkan keterampilannya. Kegagalan keterampilan pada masa perkembangan ini dapat berakibat fatal pada saat individu tersebut beranjak dewasa nantinya. 

Baca Juga:
Nah, pada kesempatan ini kami akan menguraikan secara lengkap apa itu gerak manipulatif dan beberapa contoh gerakan manipulatif. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang gerak manipulatif semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Pengertian Gerak Manipulatif

Gerak manipulatif adalah gerak dengan menggunakan alat atau gerak yang dikembangkan ketika anak tengah menguasai bermacam objek. Gerak manipulatif merupakan keterampilan gerak yang lebih banyak melibatkan tangan dan kaki. Namun, bagian tumbuh lainnya juga memungkinkan digunakan saat melakukan gerakan ini. Kemampuan gerak manipulatif sangat diperlukan pada masa perkembangan, karena bisa menopang kebutuhan gerak pada usia anak-anak.

Contoh Gerak Manipulatif

Ada beberapa contoh yang termasuk ke dalam gerak manipulatif, yaitu melempar, memukul, menendang, menangkap, dan memantulkan atau menggiringi bola. Berikut ini akan kita bahas satu per satu contoh gerakan ini:

1. Melempar

Contoh gerak manipulatif yang pertama adalah melempar. Secara sederhana, melempar dapat diartikan sebagai suatu keterampilan manipulatif di mana satu atau dua tangan digunakan untuk melontarkan suatu objek menjauhi tubuh ke ruang tertentu. Berikut ini adalah gambar dari gerak manipulatif melempar:

Gambar Gerak Manipulatif Melempar

Gambar Gerak Manipulatif Melempar

Objek yang dipegang akan diayunkan ke arah tertentu, kemudian dilontarkan. Gerakan melempar membutuhkan kekuatan lengan dan tangan, serta koordinasi beberapa unsur gerakan, seperti lengan dengan jari yang harus melepaskan benda yang dipegang pada saat yang tepat.

2. Memukul

Selain melempar, contoh gerak manipulatif selanjutnya adalah memukul. Secara sederhana, memukul dapat diartikan sebagai suatu aksi yang dilakukan dengan satu atau dua tangan atau menggunakan alat untuk memberikan daya dorongan kepada suatu objek. Gerak manipulatif yang satu ini sering dilatih dengan menggunakan benda bergerak, misalnya bola. Bola ini nantinya akan dipukul dengan alat pemukul (tongkat). Penguasaan gerakan ini sangat diperlukan dalam permainan kasti. Berikut ini adalah gambar dari gerak manipulatif memukul:

Gambar Gerak Manipulatif Memukul

Gambar Gerak Manipulatif Memukul

3. Menendang

Contoh gerak manipulatif selanjutnya adalah menendang. Secara sederhana, menendang adalah gerak manipulatif dengan menggunakan kaki untuk memukul obyek. Gerakan menendang dapat dilakukan dalam dua bentuk, yaitu menendang obyek yang ada di tanah dan menendang obyek yang ada di udara. Berikut ini adalah gambar gerak manipulatif menendang:

Gambar Gerak Manipulatif Menendang

4. Menangkap

Selain menangkap, contoh gerak manipulatif lainnya adalah menangkap. Secara sederhana, menangkap dapat diartikan sebagai gerakan menghentikan momentum suatu obyek dengan menggunakan tangan. Gerakan ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan visual untuk mengikuti gerakan obyek. Berikut ini adalah gambar gerak manipulatif menangkap:

Gambar Gerak Manipulatif Menangkap

Gambar Gerak Manipulatif Menangkap

5. Menggiring

Contoh gerak manipulatif selanjutnya adalah menggiring. Secara sederhana, menggiring dapat diartikan sebagai gerakan membawa obyek dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan tangan atau kaki. Gerakan ini sangat membutuhkan koordinasi yang baik antara mata dengan kaki atau mata dengan tangan.

Misalnya, pada saat permainan sepak bola menggiring dilakukan menggunakan kaki, sedangkan pada permainan bola basket menggiring dilakukan menggunakan tangan dengan cara dipantulkan ke lantai. Jadi, memantul juga termasuk gerakan manipulatif. Berikut ini gambar gerak manipulatif menggiring:

Gambar Gerak Manipulatif Menggiring

Gambar Gerak Manipulatif Menggiring

6. Menggelindingkan

Contoh gerak manipulatif lainnya adalah menggelindingkan obyek. Jadi, obyek akan dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dengan cara digelindingkan di tanah atau lantai ke arah tertentu. Obyek yang sering digunakan biasanya berbentuk lingkaran, seperti ban, cakram, bola, dan lain-lain. Berikut ini gambar gerak manipulatif menggelindingkan:

Gambar Gerak Manipulatif Menggelindingkan

Gambar Gerak Manipulatif Menggelindingkan

Demikianlah penjelasan tentang Gerak Manipulatif. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Gerak Manipulatif: Pengertian, Contoh, Gambar (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment