Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel?

Bisakah kamu jelaskan mengapa membran sel bersifat semipermeabel? Membran sel adalah salah satu struktur utama sel. Setiap sel pasti memiliki membran sel, baik itu sel hewan maupun tumbuhan. Pada sel hewan, membran sel merupakan selubung terluar sitoplasma. Sedangkan, pada sel tumbuhan, membran sel merupakan selubung sitoplasma yang terletak di dalam dinding sel.

Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel

Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel
Membran sel bersifat cair dan merupakan lapisan fosfolipid ganda yang tersusun atas molekul-molekul lipid, protein, dan karbohidrat. Fosfolipid merupakan hasil persenyawaan antara molekul lipid dengan fosfat. Fosfolipid menjadi elemen utama penyusun membran sel.

Lantas, mengapa membran sel bersifat semipermeabel? Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan mengenai mengapa struktur sel yang satu ini bersifat semipermeabel. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang membran sel semakin bertambah.
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Membran Sel

Membran sel disebut juga dengan membran plasma, organel ini terdapat pada semua sel makhluk hidup tanpa kecuali. Membran sel terdiri dari lapisan fosfolipid ganda yang berasal dari persenyawaan antara molekul lipid dengan fosfat. Membran sel bertugas untuk melindungi sel dan memisahkan sel dengan lingkungan luar. Di samping itu, membran sel juga berfungsi untuk mempertahankan isi sel.

Membran sel juga berfungsi untuk memberi bentuk pada sel hewan. Sedangkan, pada sel tumbuhan ia membantu dinding sel untuk mempertahankan bagian-bagian sel lainnya.

Membran Sel Bersifat Semipermeabel

Membran sel memiliki dua sifat sekaligus, yaitu semipermeabel dan selektif permeabel. Membran sel bersifat semipermeabel artinya lapisan ini hanya dapat dilewati oleh air dan zat-zat tertentu. Sementara itu dikatakan bersifat selektif permeabel karena ia hanya dapat dilalui oleh ion dan molekul polar tertentu.

Membran sel bersifat semipermeabel karena organel ini termasuk ke dalam jenis membran polimerik biologis. Jenis ini memungkinkan ion atau molekul tertentu bisa melewatinya. Membran sel tersusun dari fosfolipid lapisan ganda yang mempunyai sifat semipermeabel.

Sifat semipermeabel membran sel memungkinkan terjadinya transportasi zat-zat yang dibutuhkan atau tidak dibutuhkan sel. Lalu lintas zat pada membran tersebut terjadi melalui transpor pasif dan transpor aktif.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment