Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Seseorang yang Ingkar Janji Berarti Memiliki Sifat?

Seseorang yang ingkar janji berarti memiliki sifat munafik, yaitu orang yang jika berbicara berdusta, jika berjanji mengingkari dan jika dipercaya berkhianat.

Ingkar janji adalah salah satu perbuatan yang sangat dibenci Allah Swt. Ada banyak ayat Al-Qur'an dan hadits Rasulullah Saw yang mengecam sikap ini. Di saat yang sama, Allah dan RasulNya juga memperingatkan kepada kita agar senantiasi menepati janji. Orang yang ingkar janji dianggap lebih berbahaya dari orang kafir. Seseorang yang sering mengingkari janji dianggap memiliki salah satu sifat yang sangat dibenci dalam Islam.

Ingkar Janji

Seseorang yang Ingkar Janji Berarti Memiliki Sifat

Lantas, sifat apakah yang dimiliki oleh seseorang yang ingkar janji? Pertanyaan ini banyak diajukan oleh pelajar di forum pembelajaran online. Sepertinya, pertanyaan tersebut ada kaitannya dengan tugas mata pelajaran Agama Islam di sekolah. Dalam Islam, terdapat istilah yang memang disematkan kepada seseorang yang ingkar janji.  
Bunyi pertanyaan tersebut adalah "Seseorang yang ingkar janji berarti memiliki sifat..."
  • A. Takabur
  • B. Riya
  • C. Hasud
  • D. Munafik 
Nah, berikut ini akan kami jelaskan jawabannya...

Seseorang yang Ingkar Janji Berarti Memiliki Sifat

Seseorang yang ingkar janji berarti memiliki sifat munafik. Cirinya adalah jika berbicara maka berdusta, jika berjanji maka ingkar, dan jika dipercaya maka khianat. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah Saw dalam sebuah sabdanya yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari:
Tanda orang munafik itu tiga apabila ia berucap berdusta, jika membuat janji berdusta, dan jika dipercayai mengkhianati. (HR Al-Bukhari)
Sifat munafik terbagi ke dalam dua jenis, yaitu munafik i'tiqadi dan munafik 'amali.
  • Munafik I'tiqadi adalah munafik yang berkaitan dengan keyakinan. Misalnya, seseorang mengaku Islam tetapi di dalam hatinya menyembunyikan kekufuran.
  • Munafik 'Amali adalah munafik yang berkaitan dengan perbuatan. Misalnya, seseorang mendapat kepercayaan tetapi berkhianat, suka berdusta, ingkar janji, dan melewati batas.
Demikianlah penjelasan tentang Seseorang yang Ingkar Janji Berarti Memiliki Sifat. Bagikan informasi agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
[Jawaban] Seseorang yang Ingkar Janji Berarti Memiliki Sifat? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment