Learn Science With Ilmusiana

7+ Fungsi Gambar dan Balon Kata Pada Komik

Tahukah kamu, apa fungsi gambar dan balon kata pada komik? Gambar dan balon kata adalah dua unsur penting yang ada dalam setiap komik. Bagi kamu yang hobi membaca komik, pasti telah familiar dengan unsur ini. Komik apapun itu, pasti dilengkapi dengan gambar dan balon kata. Keduanya, dikolaborasikan untuk membentuk sebuah komik yang menarik untuk dibaca.

Lantas, apa fungsi gambar dan balon kata pada komik? Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang fungsi gambar dan balon kata dalam sebuah komik. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang komik semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Pengertian Gambar Komik

Gambar adalah salah satu unsur dalam komik. Dari gambar inilah tautan cerita dalam komik akan terwujud secara utuh. Gambar menjadi unsur penting dalam komik selain teks, karena dengan gambar maka aspek cerita akan terwujud secara jelas dan estetis. Bahkan, ada beberapa komik yang hanya memakai gambar dalam panelnya tanpa menyertakan teks sedikitpun. 

Hal ini membuktikan bahwa gambar memegang peranan penting dalam terwujudnya komik secara utuh meskipun tanpa kehadiran teks didalamnya. Gambar dapat disebut sebagai bahasa universal yang mampu menembus rintangan yang disebabkan oleh perbedaan kata-kata maupun bahasa.  

Fungsi Gambar Pada Komik

Beberapa fungsi gambar pada komik, adalah sebagai berikut:
  1. Membangun tautan cerita dalam komik
  2. Mewujudkan aspek cerita secara jelas dan estetis
  3. Mengungkapkan sesuatu hal secara lebih cepat daripada teks 

Pengertian Balon Kata Komik

Balon kata (ballon) adalah ruang tempat meletakkan teks narasi atau tempat menampilkan kata-kata. Balon kata adalah salah satu elemen ilustrasi. Dalam sebuah komik, balon kata menjadi representasi dari narasi atau pembicaraan dari keadaan yang sedang terjadi ataupun peristiwa yang sedang terjadi yang digambarkan dalam panel tersebut.Fungsi Gambar dan Balon Kata Pada Komik
Balon kata terbagi menjadi tiga bentuk, yaitu balon ucapan, balon pikiran, dan balon captions. Balon ucapan mewakili ucapan dialog tokoh, balon pikiran mewakili pikiran atau kata-kata batin tokoh, sedangkan balon captions digunakan sebagai penjelasan naratif non dialog dari gambar dalam panel.

Fungsi Balon Kata pada Komik

Beberapa fungsi balon kata pada komik, adalah sebagai berikut:
  1. Tempat meletakkan teks
  2. Menunjukkan dialog antar tokoh
  3. Merepresentasikan pikiran dari tokoh 
  4. Memberikan penjelasan naratif non dialog dari ilustrasi
Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Gambar dan Balon Kata Pada Komik. Bagikan materi ini agar orang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
7+ Fungsi Gambar dan Balon Kata Pada Komik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment