Learn Science With Ilmusiana

13+ Kewajiban Anak Di Rumah (Gambar Lengkap)

Tahukah kamu apa saja kewajiban anak di rumah? Seperti yang kita tahu, rumah adalah lingkungan pertama tempat anak hidup. Sejak pertama kali dilahirkan ke dunia, mereka mendapatkan kasih sayang orang tua di dalam rumah. Di dalam rumah pula, mereka akan tumbuh dan berkembang di bawah bimbingan kedua orang tuanya. Yah, orang tua merupakan guru pertama bagi anak setelah dilahirkan ke dunia.

Orang tua yang baik adalah orang tua yang bisa memberikan pelajaran hidup bagi anak-anaknya. Pelajaran ini sangat berguna untuk menumbuhkan kemandirian dari dalam diri anak-anak. Mereka penting diajarkan beragam tanggung jawab yang disesuaikan dengan umurnya. Dengan begitu, anak-anak akan lebih cepat mengenal adanya kewajiban dan tanggung jawab.

Didikan tentang kewajiban dan tanggung jawab itu bisa mulai diajarkan dari rumah. Di dalam rumah, para orang tua bisa memberikan kewajiban tertentu bagi si anak yang harus dilaksanakan karena sudah menjadi bagian dari tugasnya di rumah. Penting juga untuk memberikan pemahaman dan membangun kesadaran si anak mengapa sehingga kewajiban tersebut harus mereka laksanakan, agar si anak mau mengerjakannya dengan senang hati.

Lantas, apa saja kewajiban anak di rumah? Nah, pada kesempatan ini, kami akan menguraikan tentang kewajiban atau tanggung jawab anak di rumah. Semoga, setelah membaca uraian ini, anak-anak bisa memahami tugas dan kewajibannya di rumah.

Yuk, berikut ini pembahasannya....

Pengertian Kewajiban

Sebelum kita masuk pada contoh kewajiban anak di rumah, mungkin ada baiknya kita definisikan terlebih dahulu apa itu kewajiban. Jadi, secara sederhana kewajiban dapat diartikan sebagai sesuatu yang harus dikerjakan atau dilaksanakan. Kewajiban berkaitan dengan tugas yang menjadi tanggung jawab seseorang untuk diselesaikan. Jadi, orang-orang yang sedang memiliki kewajiban, harus mengerjakan, melaksanakan, atau menyelesaikan kewajiban itu dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

Kewajiban Anak di Rumah

Berdasarkan penjelasan tentang pengertian kewajiban di atas, maka bisa diketahui ada tugas-tugas tertentu yang menjadi kewajiban anak di rumah. Berikut ini adalah beberapa contoh kewajiban anak di rumah:

1. Menghormati Orang Tua

Menghormati kedua orang tua adalah salah satu contoh kewajiban yang harus dilaksanakan anak di rumah. Ibu dan Ayah adalah dua sosok manusia yang paling berjasa dalam kehidupan si anak. Sebelum dilahirkan ke dunia, ibu mengandung anak selama 9 bulan lamanya. Setelah tiba waktu kelahiran, ibu mempertaruhkan nyawa menahan rasa sakit yang teramat sangat selama proses melahirkan.

Menghormati Orang Tua Kewajiban Anak

Menghormati Orang Tua Kewajiban Anak

Setelah dilahirkan, selanjutnya ibu akan menyusui sampai 2 tahun lamanya. Tidak bisa kita hitung, berapa banyak ASI yang kita peroleh dari ibu. Semuanya dilakukan ibu dengan penuh kasih sayang. Sedangkan, Ayah adalah orang yang membanting tulang mencari nafkah untuk menghidupi anak dan seluruh anggota keluarga. Hal itu dilakukan untuk memenuhi segala kebutuhan di dalam rumah.

Oleh karena itu, sudah selayaknya anak harus menghormati kedua orang tua. Ini adalah kewajiban pertama yang mutlak untuk dikerjakan bagi setiap anak.

2. Taat Pada Perintah Orang Tua

Kewajiban selanjutnya yang harus dikerjakan anak di rumah adalah menaati perintah kedua orang tua, Ibu dan Ayah. Yakinlah bahwa pada saat orang tua memberikan perintah, perintah itu adalah untuk kebaikan si anak itu sendiri. Sebab, tidak ada orang tua yang memberi perintah yang buruk bagi anak-anaknya. Perintah itu sebagai bentuk arahan orang tua untuk anaknya agar selalu mengerjakan kebaikan dan menjauhi keburukan yang bisa membahayakan diri anak.

Itulah sebabnya mengapa sehingga anak-anak wajib menaati perintah kedua orang tua di rumah. Tidak ada kerugian saat anak menaati perintah kedua orang tua, karena perintah itu akan mengarahkan anak menuju pada kebaikan.

3. Membantu Orang Tua

Membantu orang tua adalah salah satu contoh kewajiban anak di rumah. Setiap hari, orang tua kita disibukkan oleh beragam tugas-tugas rumah tangga, khususnya ibu. Bisa dikatakan bahwa, semua perkerjaan di rumah dilakukan oleh ibu, seperti memasak, mencuci, membersihkan rumah, dan lain-lain.

Membantu Orang Tua Kewajiban Anak di Rumah

Membantu Orang Tua Kewajiban Anak di Rumah

Semua pekerjaan itu dilakukan sendiri oleh ibu di rumah. Kadang-kadang, ibu tidak pernah meminta bantuan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Namun, meskipun begitu, sebagai seorang anak sudah seharusnya anak wajib membantu meringankan pekerjaan ibu di rumah. Ada tugas-tugas tertentu yang bisa diselesaikan menurut kemampuan anak, seperti menyapu lantai, mencuci piring yang kotor, atau merapikan barang-barang yang berserakan.

4. Mematuhi Nasihat Orang Tua

Salah satu kewajiban anak di rumah adalah mematuhi nasihat kedua orang tua. Setiap orang tua pasti memberikan nasihat kepada anak-anaknya. Nasihat itu berisi pelajaran hidup tentang kebaikan yang diajarkan kepada anak agar si anak selalu condong kepada kebaikan. Kiranya, tidak akan ada orang tua yang mengajarkan keburukan bagi anak-anaknya.

Oleh karena itu, anak wajib mematuhi nasihat orang tua di rumah, karena nasihat itu adalah anjuran-anjuran untuk selalu mengerjakan kebaikan.

5. Meminta Izin Saat Keluar Rumah

Kewajiban yang penting dilaksanakan oleh anak di rumah adalah meminta izin saat akan keluar rumah. Anak-anak tidak boleh meninggalkan rumah begitu saja, sebab akan membuat orang seisi rumah khawatir, khususnya kedua orang tua. Setiap akan keluar rumah, anak wajib meminta izin sambil memberitahukan tujuan dan keperluan untuk keluar rumah.

Jika orang tua mengizinkan, maka anak-anak boleh keluar rumah. Tetapi, apabila tidak ada izin dari orang tua, maka anak harus mengurungkan niatnya untuk keluar rumah.

6. Saling Menyayangi Sesama Saudara

Menyayangi saudara adalah salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan anak di rumah. Saudara, baik itu kakak maupun adik, harus kita sayangi karena mereka adalah saudara kandung kita. Kita berasal dari rahim yang sama, yaitu ibu kita. Kedua orang tua juga pasti sangat senang saat melihat semua anak-anaknya saling menyayangi sesama saudara.

Menyayangi Saudara Kewajiban Anak di Rumah

Menyayangi Saudara Kewajiban Anak di Rumah

7. Menjaga Kebersihan Rumah

Kewajiban lainnya yang harus dikerjakan anak di rumah adalah selalu menjaga kebersihan rumah. Lingkungan rumah yang bersih akan membuat orang-orang seisi rumah merasa nyaman. Misalnya, saat lantai rumah kotor, segeralah ambil sapu untuk membersihkannya. Begitu juga saat sampah di halaman rumah berserakan, segera ambil tempat sampah dan bersihkan sampah tersebut.

8. Tidak Telat Bangun Pagi

Bangun pagi adalah salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh anak di rumah. Kewajiban ini terkadang luput dari perhatian si anak. Banyak anak-anak pada saat pagi cenderung bermalas-malasan dengan alasan masih ngantuk. Padahal, mereka harus segera menyiapkan diri untuk berangkat ke sekolah. Banyak orang tua yang dipusingkan dengan permasalahan bangun pagi anak-anak. Mereka harus bolak-balik ke kamar hanya untuk membangunkan anak yang masih tidur.

Tidak Telat Bangun Pagi Kewajiban Anak di Rumah

Tidak Telat Bangun Pagi Kewajiban Anak di Rumah

9. Merapikan Kamar

Kewajiban penting lainnya yang harus dikerjakan oleh anak di rumah adalah merapikan sendiri kamarnya. Setelah bangun tidur, seprei dan bantal harus rapi dan tersusun dengan baik. Jangan selalu mengharapkan ibu untuk membersihkannya. Tugas merapikan kamar adalah sesuatu yang bisa dilakukan sendiri oleh anak.

10. Belajar Dengan Tekun dan Rajin

Kewajiban ini berkaitan dengan tugas anak sebagai seorang pelajar. Setiap pagi mereka berangkat ke sekolah untuk menimba ilmu mendapatkan materi pelajaran dari gurunya di sekolah. Sebenarnya, para guru mengharapkan kepada anak untuk mempelajari kembali materi tersebut di rumah, agar anak-anak lebih cepat menguasai dan memahaminya.

Oleh karena itu, salah satu kewajiban anak di rumah adalah belajar dengan tekun dan rajin. Pelajari kembali semua materi pelajaran yang telah di dapatkan di sekolah.

11. Mempelajari Agama

Selain materi pelajaran umum, anak juga berkewajiban untuk mempelajari agama di rumah. Para orang tua bisa mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan agama untuk anak-anak di rumah. Hal ini sangat bermanfaat untuk membentengi diri anak dari pengaruh buruk lingkungan. Anak-anak yang kekurangan pengetahuan agama, biasanya akan tumbuh menjadi anak-anak yang bandel.

Sekarang ini, akibat kemajuan teknologi, pengaruh buruk itu bisa datang dari mana saja, bahkan di dalam rumah sendiri. Apalagi, anak-anak yang telah mengenal smartphone, alat komunikasi canggih yang bisa tersambung dengan internet. Di internet, selain hal-hal positif, banyak berseliweran hal-hal negatif.

Membekali anak dengan pengetahuan agama menjadi sangat penting agar mereka bisa menangkal semua pengaruh buruk yang mendatangkan bahaya bagi dirinya.

12. Menghormati Tamu

Kewajiban penting lainnya yang harus dilaksanakan oleh anak di rumah adalah menghormati tamu. Sejak dini, anak-anak harus belajar memperlakukan tamu dengan baik. Ketika tamu datang berkunjung, si anak mempersilahkan tamu itu masuk, kemudian memanggil kedua orang tuanya.

13. Menjaga Nama Baik Keluarga

Setiap anak memiliki kewajiban menjaga nama baik keluarga. Hal ini bisa dilakukan dengan cara tidak melakukan hal-hal negatif yang bisa membuat malu keluarga. Itulah sebabnya mengapa sehingga para orang tua harus mengajarkan pelajaran budi pekerti yang baik agar si anak bisa membawa dirinya tidak terjerumus kepada hal-hal negatif.

Demikianlah penjelasan tentang Kewajiban Anak Di Rumah. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
13+ Kewajiban Anak Di Rumah (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment