Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Jelaskan Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Berbiji Tertutup

Bisakah kamu jelaskan perbedaan tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup? Dalam ilmu Biologi, tumbuhan berbiji disebut dengan spermatophyta. Ciri paling umum yang dimiliki oleh sebagian besar tumbuhan berbiji adalah memiliki bunga. Itulah sebabnya mengapa sehingga tumbuhan berbiji disebut juga dengan tumbuhan berbunga (Anthophyta).

Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Berbiji Tertutup

perbedaan tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup

Tumbuhan berbiji bisa dibedakan berdasarkan letak bijinya, yaitu tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Tumbuhan berbiji terbuka biasanya tidak memiliki bunga yang sesungguhnya, seperti yang sering kita lihat. Tumbuhan ini berkembang biak menggunakan runjung atau kerucut, yang disebut stribilus. Bijinya terbuka dan tidak terbungkus oleh daun buah. Contoh tumbuhan berbiji terbuka adalah pakis haji, melinjo, ginkgo, dan pinus.

Sementara itu, tumbuhan berbiji tertutup merupakan tumbuhan tingkat tinggi yang paling banyak ditemui di seluruh permukaan bumi. Ciri khas dari kelompok ini adalah bijinya tertutup (terbungkus) oleh daging atau daun buah. Contoh tumbuhan berbiji tertutup adalah kacang tanah, jambu mete, jagung, dan pepaya.
Lantas, apa perbedaan tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup? Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang perbedaan antara tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang tumbuhan berbiji semakin bertambah.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tumbuhan Berbiji Tertutup

Beberapa perbedaan antara tumbuhan berbiji terbuka dan berbiji tertutup adalah sebagai berikut:

Tabel Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Berbiji Tertutup

Tumbuhan Berbiji Terbuka Tumbuhan Berbiji Tertutup
Batang berkambium Batang tidak berkambium
Akar tunggang
Akar tunggang dan akar serabut
Daunnya tunggal dan kaku
Daunnya beranekaragam dan pipih
Terjadi pembuahan tunggal
Terjadi pembuahan ganda
Bereproduksi dengan strobilus
Bereproduksi dengan bunga
Tidak memiliki ovarium
Memilik ovarium
Bakal biji tidak tertutup daun/daging buah
Bakal biji tertutup daun/daging buah

Demikianlah penjelasan tentang Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tumbuhan Berbiji Tertutup. Bagikan materi ini agar orang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Jelaskan Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Berbiji Tertutup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment