Learn Science With Ilmusiana

3+ Peranan Getah Karet Bagi Tumbuhan Karet

Tahukah kamu apa peranan getah karet bagi tumbuhan karet? Sebagaimana yang diketahui, karet adalah salah satu nama tumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia. Dinamakan tumbuhan karet karena tumbuhan ini menghasilkan getah atau karet yang sering digunakan oleh manusia untuk keperluan industri. Tumbuhan ini memiliki nama latin Hevea brasiliensis

Peranan Getah Karet Bagi Tumbuhan Karet

peranan getah karet bagi tumbuhan karet adalah sebagai

Tumbuhan karet merupakan sumber utama getah karet, yang disebut lateks. Getah ini tersimpan pada bagian batang tumbuhan, apabila batang tersebut dilukai, getahnya akan keluar. Getah karet kemudian ditampung untuk diolah menjadi karet alami. Salah satu contoh hasil pengolahan getah karet adalah ban kendaraan.

Baca Juga:
Lantas, apa peranan getah karet bagi tumbuhan karet? Nah, pada kesempatan ini kami akan menguraikan materi tentang peranan getah karet bagi tumbuhan karet. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang pohon karet semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Peranan Getah Karet Bagi Tumbuhan Karet

Beberapa peranan getah karet bagi tumbuhan karet adalah sebagai berikut:

1. Alat Pertahanan Dari Hewan Pengganggu 

Getah pada tumbuhan karet berperan sebagai alat pertahanan atau pelindung dari serangan hewan pengganggu. Saat batang karet dilukai oleh hewan, getah akan keluar yang akan membuat hewan pengganggu terjebak tidak bisa bergerak.

2. Mengusir Hama Parasit

Bagi tumbuhan karet, getah juga berperan untuk mengusir hama parasit penyebab penyakit. Jadi, tumbuhan karet dilengkapi dengan alat perlindungan berupa getah untuk melawan serangan hama penyakit.

3. Penyembuh Luka

Getah pada tumbuhan karet juga berperan sebagai alat penyembuh saat pohon karet dilukai. Jadi, getah ini akan menutupi goresan luka di sekitar bagian tanaman.

Demikianlah penjelasan tentang Peranan Getah Karet Bagi Tumbuhan Karet. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Peranan Getah Karet Bagi Tumbuhan Karet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment