Learn Science With Ilmusiana

Pompa Air Tidak Berputar? Begini Cara Perbaikannya

Pompa air di rumah Anda pasti tidak berputar, hanya mendengung dan tidak ada reaksi sama sekali, iya kan?

Itulah sebabnya mengapa sehingga Anda mencari informasi seputar cara mengatasinya agar pompa bisa berputar kembali.

Anda sudah berada di artikel yang tepat, sebab di sini mimin akan berbagi pengalaman dalam memperbaiki dinamo pompa air yang tidak berputar. 

Semua merk pompa air bisa terkena masalah ini, seperti merk Sanyo Shimizu, National, Honda, Panasonic, DAB, Wasser, dan lain-lain.

Seperti yang kita tahu, komponen utama dari sebuah mesin pompa air adalah dinamo yang putarannya menghasilkan daya hisap dan daya dorong air.

Kecepatan putaran tersebut dinyatakan dalam satuan RPM (Rotation Per Minute) atau jumlah putaran tiap 1 menit. 

Jika terjadi sesuatu dengan putaran ini, seperti melambat atau malah tidak berputar, maka bisa dikatakan bahwa pompa telah kehilangan kekuatannya untuk menyedot air.

Kalau sudah begini, air berhenti mengalir karena tidak ada debit air yang bisa dihasilkan. Olehnya itu, kita harus segera melakukan perbaikan untuk mengembalikan putaran pompa.

Lantas, bagian mana saja yang perlu diperbaiki? 

Nah, sebelum kita masuk ke langkah-langkah perbaikan, tentu saja kita harus mengetahui terlebih dahulu faktor apa saja yang menyebabkan pompa air tidak berputar.

Baiklah, berikut ini uraian lengkapnya...

Penyebab Pompa Air Tidak Berputar

Memperbaiki Pompa Air Tidak Berputar

Pompa air yang tidak berputar seringkali disebabkan oleh kerusakan tertentu pada komponen internal pompa yang ada kaitannya dengan daya dan komponen mekanik (bergerak) pompa air.

Namun, tidak jarang juga masalahnya justru datang dari faktor di luar pompa, seperti suplai tegangan listrik dari PLN yang drop mengakibatkan pompa kekurangan daya sehingga gagal berputar.

Olehnya itu, kita harus melakukan analisa kerusakan secara menyeluruh dan sebaiknya sebelum membongkar pompanya, periksa terlebih dahulu faktor-faktor eksternalnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab pompa air tidak berputar:

1. Tegangan Listrik Drop

Tegangan Listrik Drop

Pompa air adalah peralatan listrik yang memerlukan arus dan tegangan kerja dengan besaran spesifikasi seperti yang tercatat pada body pompa.

Jika pasokan tegangan listrik yang didapatkan pompa kurang dari kebutuhan minimalnya, maka tegangan itu tidak cukup kuat untuk memutar dinamo.

Akibatnya, pompa air hanya mendengung dan dinamo gagal berputar.

Dropnya tegangan listrik tersebut bisa karena tegangan listrik PLN yang pada saat itu memang sedang drop, atau bisa juga karena banyaknya peralatan listrik di rumah yang sedang menyala bersamaan.

2. Kapasitor Loyo atau Rusak

Kapasitor Pompa Rusak

Kapasitor pada sebuah pompa air memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu membantu starting awal dinamo ketika pertama kali dihidupkan.

Untuk diketahui, dinamo membutuhkan jumlah Amper yang besar untuk dapat berputar dan kebutuhan tersebut disediakan oleh kapasitor.

Jika kapasitor loyo atau rusak, maka starting awal dinamo akan terganggu karena tidak mendapakan jumlah arus dan tegangan listrik yang memadai.

Itulah sebabnya mengapa sehingga pompa air hanya mendengung dan tidak berputar.

3. Karet Seal Lengket

Karet Seal Pompa Air Rusak

Karet seal adalah komponen yang terletak di tengah-tengah poros yang berfungsi untuk menahan air keluar melalui poros di saat berputar.

Mimin pernah menemukan kasus di mana pompa air tidak berputar, hanya mendengung dan ternyata setelah diperiksa karet seal-nya lengket.

Lengketnya karet seal tersebut menyebabkan putaran poros tertahan dan sering terjadi pada pompa air yang lama tidak terpakai.

4. Bearing (Laher) Macet atau Rusak

Laher bearing pompa air

Bearing atau laher pada pompa air adalah komponen yang berfungsi untuk membantu poros agar putarannya lebih halus.

Sebuah pompa air memiliki dua buah bearing yang menyatu dengan poros dan terpasang di bagian depan dan belakang. 

Bearing bisa saja macet akibat karatan dan kotoran yang terbawa masuk bersama air sehingga tidak bisa berputar dan ikut menahan putaran poros.

Atau, bisa juga komponen bearing memang telah rusak, ciri-cirinya adalah oblak/kocak ketika digoyangkan.

5. Impeller Tertahan Kotoran

Impeller Pompa Rusak

Impeller adalah komponen pompa air yang bentuknya seperti kipas, terletak di tengah poros, dan ikut berputar bersama poros.

Kasus tidak berputarnya pompa air bisa juga disebabkan oleh terdapatnya kotoran pada bagian impeller sehingga putarannya tertahan.

6. Gulungan Dinamo Kotor, Putus, atau Konslet

Dinamo Pompa Air Putus

Pompa air yang tidak berputar dan hanya mendengung bisa juga disebabkan oleh kumparan dinamo yang kotor seperti berkarat sehingga mengganggu aliran arus.

Selain kotor, masalah lain yang kerap menyerang bagian dinamo adalah adanya helai kumparan yang putus mengakibatkan arus listrik tidak bisa mengalir dengan sempurna.

Mimin pernah menemukan kasus pompa air yang tidak bisa berputar akibat beberapa helai kumparannya terputus.

Atau, bisa juga karena dinamo konslet akibat adanya helai kawat gulungan yang menyentuh gulungan lainnya.

Konslet bisa juga disebabkan karena pompa air pernah terendam dan dinamo kemasukan air.

Cara Memperbaiki Pompa Air Tidak Berputar

Sebelum melakukan perbaikan pada bagian pompa, periksa terlebih dahulu kondisi kelistrikan di rumah Anda, pastikan tegangannya tidak drop.

Kalau perlu, matikan semua peralatan listrik lainnya, kemudian nyalakan pompa. Jika pompa bisa beputar dengan normal, maka masalahnya memang terletak pada daya listrik rumah yang tidak cukup.

Solusinya adalah jangan nyalakan peralatan listrik lainnya ketika pompa air sedang beroperasi.

Akan tetapi, jika memang daya listrik telah dipastikan cukup dan tidak drop, maka letak masalahnya memang ada pada mesin pompa air.

Sekarang, kita akan periksa pompa airnya...

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Coba colokkan kabel pompa air ke sumber listrik, pompa pasti akan mendengung tetapi tidak berputar.
  • Nah, sekarang coba bantu putarannya dengan tangan, jika berputar maka kemungkinan komponen yang bermasalah adalah kapasitor atau bisa juga gulungan dinamo.
  • Buka cover pompa air yang menutupi kapasitor, lihat kondisi kapasitornya, jika menggembung atau meleleh, artinya kapasitornya memang rusak, segera ganti dengan yang baru.
  • Tes nyalakan pompa air, biasanya pompa air akan langsung berputar.
  • Jika kapasitor ternyata baik-baik saja, artinya kerusakan ada pada gulungan dinamo.
  • Buka cover pompa air bagian dinamo, dan pisahkan blok dinamo dengan pompa.
  • Perhatikan kondisi gulungannya, cari kawat kumparan yang putus, dan segera sambungkan dengan solder.

Biasanya, untuk kasus pompa air yang dibantu dengan tangan baru bisa berputar, maka langkah-langkah perbaikan di atas sudah bisa mengatasinya. 

Jika belum juga berputar, maka berarti terjadi hubung singkat atau korsleting pada kawat gulungan, segera bawa ke tukang servis dinamo jika Anda tidak bisa memperbaikinya sendiri di rumah. 

Masalah Pompa Air Lainnya:

Sekarang, kita pindah ke tanda-tanda pompa air selanjutnya, yaitu meskipun dibantu dengan tangan, pompa air tetap tidak bisa berputar.

Jika terjadi kondisi seperti di atas, maka kerusakannya bisa juga karena kapasitor atau gulungan dinamo, tetapi besar kemungkinan bagian yang rusak adalah komponen mekanik pompa. 

Periksa dan perbaiki bagian-bagian berikut ini:

  • Karet seal, pastikan tidak lengket dan menahan putaran poros.
  • Bearing (laher), pastikan tidak macet atau oblak/kocak.
  • Impeller, pastikan tidak ada kotoran yang menahan putarannya. 

Penutup

Semua jenis perbaikan untuk kasus pompa air yang hanya mendengung dan tidak berputar telah disebutkan di atas, Anda hanya perlu mencobanya satu per satu.

Demikianlah uraian tentang cara memperbaiki pompa air yang tidak berputar. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Pompa Air Tidak Berputar? Begini Cara Perbaikannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment