Learn Science With Ilmusiana

Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad (Benar)

Artikel ini akan menginformasikan tulisan arab Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad yang benar. Setiap muslim pasti mengenal kalimat ini, sebuah kalimat mulia yang ditujukan kepada Rasulullah Muhammad Saw. Manusia teladan yang menjadi junjungan segenap muslim di seluruh dunia. Dalam Islam, kita mengenal kalimat tersebut dengan nama "Sholawat".

Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad

Setiap hari semua muslim mengucapkan kalimat Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad, minimal di dalam sholatnya. Ucapan sholawat tersebut termuat di dalam bacaan tahiyat, baik tahiyat awal maupun tahiyat akhir. Bahkan, sholat seorang muslim dianggap tidak sah ketika tidak membaca kalimat ini.

Bagi seorang muslim, Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad bukanlah kalimat biasanya. Muslim meyakini bahwa kalimat tersebut mengandung makna yang sangat dalam. Terdapat banyak keutamaan ketika kita membacanya setiap hari. Apalagi, ada banyak dalil yang menyebutkan anjuran memperbanyak sholawat kepada Rasulullah Muhammad Saw.

Namun, tahukah Anda tulisan Arab dari Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad? Nah, uraian materi kita kali ini khusus untuk mengulas tulisan arab dari kalimat tersebut. Selain itu, kami juga akan menjelaskan arti, kandungan, dan keutamaan membaca kaliamat Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad.

Yuk, berikut ini uraiannya...

Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad 

Berikut ini adalah tulisan Arab dari ucapan Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad lengkap dengan tulisan latin dan artinya:

الَّلهـُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِـناَ مُحَمَّـدٍ

Latin: Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad
Arti: Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad

Sebenarnya, ucapan sholawat yang ditampilkan di atas merupakan versi paling pendek dari sholawat yang sering dibaca oleh umat muslim. Ucapan sholawat sendiri memiliki banyak variasi, baik yang bersumber dari hadits Nabi, maupun rangkaian sholawat hasil kreasi (ijtihad) dari umat muslim sendiri. 

Bahkan, banyak versi dari sholawat itu yang digubah ke dalam bentuk lirik lagu. Coba aja cek di youtube, ada banyak lagu sholawat yang berisi pujian-pujian kepada Nabi Muhammad Saw. Anda pasti tahu dengan Nissa Sabyan, penyanyi wanita terpopuler Indonesia yang dikenal dengan lantunan lagu sholawatnya.  

Bahkan, lirik sholawat yang dinyanyikan oleh Nissa Sabyan kerap merajai trending Youtube dengan puluhan juta penonton. Penggemarnya bukan hanya dari Indonesia saja, tetapi banyak juga yang berasal dari negeri-negeri tetangga, seperti Malaysia dan Brunei.

Tulisan Arab Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi Sayyidina Muhammad

Ucapan sholawat yang lebih lengkap adalah "Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi Sayyidina Muhammad" Berikut ini tulisan Arabnya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ 

Latin: Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi Sayyidina Muhammad
Arti:Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad dan juga kepada keluarga Nabi Muhammad.

Versi sholawat yang kedua ini lebih panjang dari sholawat yang pertama. Doa permohonan rahmat bukan hanya ditujukan kepada diri Nabi Muhammad saja, tetapi juga kepada keluarganya yang dikenal dengan nama "Ahlul Bait". 

Jika Anda sedang bersholawat, sebaiknya baca versi yang kedua ini sebab uraiannya lebih lengkap dari yang pertama.

Tulisan Arab Allahumma Salli Ala Sayyidina Muhammad Wa'ala Alihi Washahbihi Ajma'in

Selain kedua versi sholawat di atas, terdapat bacaan lainnya yang berbunyi "Allahumma Salli Ala Sayyidina Muhammad Wa'ala Alihi Washahbihi Ajma'in". Berikut ini tulisan Arabnya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ 

Latin: Allahumma Salli Ala Sayyidina Muhammad Wa'ala Alihi Washahbihi Ajma'in
Arti: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, beserta keluarga dan sahabat semuanya

Versi sholawat yang satu ini juga menyertakan para sahabat Nabi Muhammad Saw. Sebagaimana yang diketahui, di zaman Nabi masih hidup, ada banyak sahabat yang mendampingi dakwah beliau. Empat sahabat yang utama adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin 'Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Mendoakan para sahabat Nabi juga dianjurkan oleh para ulama untuk mengenang jasa-jasa mereka dalam menegakkan ajaran Islam bersama Nabi. Mereka dengan tabah mendampingi Nabi untuk melalui segala halangan dan rintangan dari kaum kafir. 

Arti Kata Sholawat

Dalam Islam, sholat diartikan sebagai bentuk pujian dan cara umat Islam bersilaturrahim kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat merupakan bentuk ibadah yang mendatangkan pahala yang begitu besar. Sholawat bukan hanya sebuah bacaan, namun juga merupakan jalinan cinta dengan kekasih Allah Swt. Sebagaimana yang disebutkan Allah Swt dalam Surat Al-Ahzab ayat 56:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا 

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Sholat merupakan rahmat ilahi bagi para pembacanya. Tiada satu ibadah pun ketika Allah Swt memerintahkan hamba-Nya untuk melakukan ibadah tersebut, Allah Swt melakukannya, kecuali sholawat yang dimulai dari dzat-Nya Yang Mahasuci. Oleh karena itu, betapa besar dan dahsyatnya keutamaan sholawat.

Menurut Imam Ghazali, di saat orang mencintai sesuatu, ia akan selalu menyebutnya. Di saat ia mencintai Allah Swt, ia akan selalu mengingat dan berzikir kepada-Nya. Begitu pula di saat ia mencintai Rasulullah Saw, ia tentunya akan memperbanyak sholawat kepadanya. Apabila seorang hamba banyak berzikir kepada Allah, tetapi ia tidak bersholawat atau kurang bersholawat kepada Rasulullah Saw, zikirnya itu tidaklah sempurna.

Keutamaan Membaca Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad

Berikut ini adalah beberapa keutamaan membaca sholawat (Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad) kepada Nabi Muhammad Saw:
  • Siapa yang bersholawat kepada Nabi, maka malaikat juga akan mendoakan keselamatan baginya.
  • Orang yang bersholat satu kali, Allah akan bersholat kepadanya sepuluh kali
  • Tidak ada seorang pun yang bersholawat kepada Nabi, melainkan Allah mengembalikan ruh Muhammad sehingga ia menjawab sholawat tersebut.
  • Orang yang bersholawat satu kali akan dihapus darinya sepuluh dosa dan diangkat baginya sepuluh derajat.
Demikianlah informasi tentang Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad (Benar) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment