Learn Science With Ilmusiana

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran: Jawaban, Balasan (Lengkap)

Pernahkan kamu mendengar orang mengucapkan jazakumullah khairan katsiran? Tahukah kamu apa artinya? Kata ini berasal dari bahasa Arab, yang entah mengapa populer dilisankan juga oleh masyarakat Indonesia. Beberapa tahun terakhir, semakin banyak saja kata atau istilah Arab digunakan sebagai bagian percakapan sehari. Contohnya, afwan, syukron, biidznillah, fii amanillah, dan lain-lain.

Jazakamullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا)

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran: Jawaban, Balasan (Lengkap)

Meskipun telah populer digunakan di Indonesia, ternyata belum semua masyarakat kita yang mengetahui arti jazakumullah khairan katsiran. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya pencarian dengan kata kunci "jazakumullah khairan katsiran artinya apa" berdasarkan hasil perekaman mesin pencari google. Mungkin, termasuk kamu salah satunya, yang sedang membaca artikel ini.

Hal ini bisa dimengerti, meskipun Indonesia adalah negara mayoritas muslim, sebagian besar masyarakat kita tidak mengetahui arti kata bahasa Arab. Hanya segelintir orang yang benar-benar paham mengartikan bahasa Arab, biasanya mereka adalah lulusan pesantren atau lulusan universitas jurusan Bahasa Arab.

Nah, karena itulah, artikel ini kami tulis untuk menyajikan materi seputar arti jazakumullah khairan katsiran. Materinya kami khususkan bagi orang-orang yang belum mengetahui jazakumullah khairan katsiran artinya apa. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca.
Yuk, berikut ini ulasannya...

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا)

Jazakumullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) adalah ucapan bahasan Arab yang mengandung arti "Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak". Ucapan ini sering digunakan untuk sekumpulan orang yang telah berbuat baik kepada orang lain, sebagai balasannya orang-orang tersebut didoakan dengan ucapan jazakumullah khairan katsiran.

Jazakumullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) ditujukan kepada sekumpulan orang, dua orang atau lebih. Jadi, bukan ditujukan kepada orang per orang. Jika ingin ditujukan kepada seseorang tunggal, ucapannya lain lagi, yaitu Jazakallah Khairan Katsiran artinya "semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak".

Ada juga orang yang menggunakan ucapan ini dengan menambahkan beberapa kata, sehingga menjadi Jazakumullah Khairan Katsiran wa Jazakumullah Ahsanal Jaza yang berarti "Semoga Allah Swt membalas kalian dengan kebaikan yang banyak dan semoga Allah SWT membalas kalian dengan balasan yang terbaik".

Pengertian Jazakumullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا)

Telah kita ketahui bersama bahwa ucapan jazakumullah khairan katsiran berasal dari bahasa Arab. Jika diartikan secara kata per kata, maka terjemahannya adalah sebagai berikut:
  • Jazaa (جَزَ) = Semoga memberi, menambahkan, membalas
  • Kum (كم) = Kalian
  • Allah (اللهُ) = Allah
  • Khairan (خَيْرًا) = Kebaikan
  • Katsira (كَثِيْرًا) = Banyak
Jika seluruh kata di atas digabungkan, maka maknanya menjadi "Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak".

Bagi orang Islam, ucapan ini berfungsi sebagai doa, harapan, atau permohonan kepada Allah Swt, agar sekumpulan orang tersebut mendapatkan balasan atas kebaikan yang telah mereka lakukan. Muslim percaya bahwa doa yang disampaikan secara tulus akan cepat diijabah oleh Allah Swt. Ucapan jazakumullah khairan katsiran juga bisa dimaksudkan sebagai pujian atau penghormatan setinggi-tingginya yang ditujukan kepada sekumpulan orang. 

Dalil Jazakumullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا)

Tidak ada dalil langsung yang merujuk kepada ucapan Jazakumullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا). Tetapi, ucapan ini bisa diikutkan kepada dalil yang berlaku pada ucapan Jazakallah Khairan. Rasulullah Saw pernah bersabda terkait dengan penggunaan ucapan jazakallah khairan yang dimuat di dalam hadits riwayat Imam Tirmidzi. Berikut ini terjemahan haditsnya:
Usamah bin Zaid berkata: "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: "Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian."

Cara Menggunakan Jazakumullah Khairan Katsiran

Berikut ini adalah beberapa contoh situasi penggunaan ucapan jazakumullah khairan katsiran:
  • Misalnya, terdapat sekelompok anak KKN yang sedang memberikan pelatihan menjahit di sebuah desa. Sebagai ucapan terima kasih, maka penduduk desa bisa mengucapkan "Jazakumullah khairan katsiran" 
  • Dalam acara pelulusan siswa, setiap siswa merayakan kebahagiaan karena telah berhasil lulus dengan baik dan mendapatkan banyak pengetahuan dari para guru di sekolah. Sebagai ucapan terima kasih, siswa dapat berkata kepada seluruh gurunya dengan ucapan "Jazakumullah khairan katsiran".
  • Sekelompok masyarakat membantu seorang penduduk desa bergotong royong membangun rumahnya sampai selesai. Sebagai ucapan terima kasih, pemilik rumah bisa berkata "Jazakumullah khairan katsiran".

Jawaban atau Balasan Ucapan Jazakumullah Khairan Katsiran

Lantas, apa jawaban atau balasan dari ucapan jazakumullah khairan katsiran? Nah, saat kalian dan teman-teman mendapatkan ucapan itu dari seseorang, maka bisa dijawab dengan ucapan "Wa jazakallahu khairan" artinya "dan semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan". Jika ucapan jazakumullah khairan katsiran datang juga dari sekelompok orang, maka kalian bisa membalasnya dengan ucapan "Wa jazakumullah khairan" artinya "dan semoga Allah juga membalas kalian dengan kebaikan".

Kesimpulan

Jadi, saat kalian mendengar ucapan jazakumullah khairan katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) diucapkan oleh seseorang, maka ucapan tersebut memiliki arti "Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak". Cara membalas atau menjawabnya ada dua, yaitu dengan ucapan Wa jazakallahu khairan (untuk satu orang) dan Wa jazakumullah khairan (untuk orang banyak).

Demikianlah penjelasan tentang Arti Jazakumullah Khairan Katsiran. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Jazakumullah Khairan Katsiran: Jawaban, Balasan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment