Learn Science With Ilmusiana

2020+ Yaumul Milad (يَوْمُ الْميلاد): Arti, Makna, Penjelasan (Lengkap)

Pernahkah kamu mendengar kata yaumul milad? Menurut kamu, apa arti dari kata tersebut? Terdapatnya kata "milad" pada istilah ini, bisa memberikan sedikit gambaran kepada kita bahwa istilah tersebut pasti berkaitan dengan ulang tahun. Kata milad sendiri telah populer digunakan di Indonesia untuk menyatakan perayaan momen hari lahir.

Yaumul Milad (يَوْمُ الْميلاد)

Arti Yaumul Milad: Makna dan Penjelasan (Lengkap)
Lantas jika kata "milad" disandingkan dengan kata "yaumul", kira-kira apa artinya? Tentu saja, untuk mengetahui arti dari kedua kata tersebut, kita perlu membuka kamus bahasa Arab. Sebab, keduanya merupakan kata atau istilah yang berasal dari negeri Arab. Yaumul milad menjadi satu dari sekian banyak istilah Arab yang populer dilisankan oleh masyarakat kita.

Namun ternyata, belum semua masyarakat kita mengetahui yaumul milad artinya apa. Buktinya, berdasarkan data perekaman kata kunci google, banyak netizen Indonesia yang menanyakan arti dari yaumul milad. Fakta ini menunjukkan bahwa informasi tentang arti dari istilah-istilah Arab sangat dibutuhkan oleh netizen Indonesia.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan sebuah materi tentang arti yaumul milad. Selain itu, kami juga akan memberikan penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan yaumul milad. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang istilah Arab semakin bertambah.
Yuk, berikut ini ulasannya....

Arti Yaumul Milad (يَوْمُ الْميلاد)

Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) adalah kata bahasa Arab yang mengandung arti "selamat hari kelahiran" atau "selamat ulang tahun". Istilah yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) digunakan saat momen hari ulang tahun tiba, hari ketika seseorang dilahirkan ke dunia. Meskipun berasal dari Arab, istilah yaumul milad juga populer digunakan di Indonesia.

Jadi, saat kalian mendengar atau membaca tulisan yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد), maka arti kata tersebut adalah "selamat ulang tahun". Kalian mungkin sering mendengarnya dalam percakapan sehari-hari, atau membacanya di media sosial. Setelah membaca uraian ini, kalian pasti tidak bingung lagi dengan yaumul milad artinya apa.

Pengertian Kata Yaumul Milad

Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) adalah istilah Arab yang terbentuk dari dua kata, yaitu Yaum (يوم) dan Milad (ملاد). Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, kata Yaum (يوم) berarti "hari", sedangkan kata Milad (ملاد) berarti "kelahiran". Saat kedua kata ini digabungkan artinya bisa menjadi "hari kelahiran". Jadi, yaumul milad sebenarnya adalah ungkapan selamat hari ulang tahun dalam bahasa Arab.

Penjelasan Yaumul Milad

Ditinjau dari segi bahasa Arab, kata "Yaum" berarti "hari", yaitu kadar waktu yang ditentukan dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Jamak dari kata "Yaum" sendiri adalah "Ayyam" yang memiliki arti "hari-hari". Kata "Yaum" juga merupakan isim atau kata benda, mengikuti pola kata (wazan) fa'lun (فعل).

Dalam imu shafy, kata "Yaum" termasuk dalam kategori "Ajwaf", yaitu semua kata yang terdiri dari tiga huruf, dan pada bagian huruf tengahnya adalah salah satu huruf dari huruf-huruf mad thabi'i. Sedangkan kata Milad (ملاد) dalam bahasa Indonesia berarti kelahiran. Kata milad dalam bahasa Arab adalah isim masdar atau kata dasar yang tergolong dalam kategori mistal.

Dalam ilmu Nahwu, Yumul Milad adalah bentuk idhofah atau penyandaran, atau dalam bahasa Inggris (grammar) dikenal dengan nama possessive noun. Milad yang disandarkan pada kata "Yaum" yang menjadi kata keterangan dan menjelaskan kata yang menjadi sandarannya, jika hanya kata yaum saja tidak akan menjadi hal yang dipahami, tetapi dengan tambahan kata Milad, akan memberi keterangan bahwa itu adalah hari kelahiran
.
Jadi, intinya kata atau istilah Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) adalah kata yang diucapkan pada saat momen hari lahir tiba. Fungsinya sama dengan kata happy birthday atau selamat ulang tahun.

Penggunaan Kata Yaumul Milad

Kata yaumul milad sering disandingkan dengan kata barakallah fii umrik, sehingga membentuk ucapan "yaumul milad barakallah fii umrik" berarti "Selamat ulang tahun, semoga Allah memberkahi umurmu".

Tulisan Arab Yaumul Milad

Sebenarnya tulisan Arab dari yaumul milad telah kami selipkan di sela-sela uraian di atas. Hanya saja bentuk dan ukuran tulisannya memang sangat kecil sehingga agak sulit untuk dibaca. Hal ini disebabkan oleh pengaturan default font dari blogger. Oleh karena itu, kami melakukan sedikit modifikasi manual agar tulisan Arab yaumul milad ukuran sedikit lebih besar sehingga memudahkan untuk di baca.

Nah, berikut ini adalah tulisan Arab, latin, dan arti dari Yaumul Milad:

Tulisan Arab Yaumul Milad

يَوْمُ الْميلاد 

Latin: Yaumul Milad
Artinya: Selamat Hari Kelahiran 

Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik

yaumul milad barakallah fii umrik

Kata yaumul milad juga bisa dirangkaikan dengan kata barakallah fii umrik. Sehingga, rangkaian ucapan tersebut menjadi "yaumul milad barakallah fii umrik" yang berarti "Selamat hari kelahiran, semoga mendapat berkah dari Allah dalam usiamu". Barakallah fii umrik sendiri merupakan bahasa Arab dari semoga Allah memberkahi umurmu. 

Yaumul milad barakallah fii umrik adalah ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab. Di Indonesia sendiri, ucapan ini bisa dimodifikasi menjadi "happy milad barakallah fii umrik" yang artinya "Selamat hari lahir, semoga Allah memberkahi umurmu". 

Kata-Kata Yaumul Milad

 Kata-Kata Yaumul Milad

Berikut ini adalah kumpulan kata-kata yaumul milad yang bisa Anda jadi contoh ketika ingin memberi ucapan yaumul milad kepada orang lain:
  • Yaumul milad putri kecilku, barakallahu fii umrik
  • Yaumul Milad Mam, Selamat Ulang Tahun Istriku Tercinta
  • Yaumul milad Mama, semua doa terbaik, Barakallah fii umrik
  • Yaumul milad tetanggaku sayang, semoga mendapatkan sisa usia yang berkah dan selalu dalam lindunganNYA
  • Yaumul milad mama sayang Semoga mama selalu di beri kesehatan sama Allah, diberi umur panjang, senantiasa diberkahi Allah
  • Yaumul Milad Anak ku Barakallohufiiumrik
  • Yaumul milad sayangku, sudah dewasa yah semoga pajang umur sehat selalu banyak rezeki, semoga cita-citanya tercapai 

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab 

Ucapan selamat ulang tahun bisa juga diucapkan dalam bentuk bahasa Arab. Tidak usah panjang-panjang, singkat saja. Lebih baik lagi jika menggunakan kata-kata yang telah umum dimengerti agar orang yang mendapatkan ucapan tersebut tidak perlu mikir lagi untuk mencari artinya. Berikut ini adalah salah satu contoh ucapan selamat ulang tahun bahasa Arab:

يَوْمُ الْميلاد بارك الله في عمرك 

Latin: Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik
Artinya: Selamat hari kelahiran, semoga mendapat berkah dari Allah dalam usiamu

Demikianlah penjelasan tentang Arti Yaumul Milad. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2020+ Yaumul Milad (يَوْمُ الْميلاد): Arti, Makna, Penjelasan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment