Learn Science With Ilmusiana

Arti Ukhti: Makna dan Contoh (Lengkap)

Tahukah kamu ukhti (اُخْتِي) artinya apa? Dalam keseharian, kita mungkin sering mendengar kata ukhti diucapkan. Biasanya, orang yang mengucapkan kata ini adalah seorang muslim yang ditujukan kepada muslim lainnya. Bagi orang yang terbiasanya mengucapkannya, mungkin telah mengetahui arti atau makna dari kata ini. Tetapi, tidak bagi orang awam.

Ukhti (اُخْتِي)

Arti Ukhti: Makna dan Contoh (Lengkap)
Berdasarkan penelusuran kami, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui arti ukhti (اُخْتِي)dalam bahasa Indonesia. Hal ini terekam oleh data pencarian google, di mana banyak orang yang mencari kata kunci "arti ukhti". Mungkin juga termasuk kamu yang membaca artikel ini, sedang mencari arti dari ukhti.

Ukhti (اُخْتِي) tidak akan pernah kita temukan artinya dalam kamus bahasa Indonesia, sebab kata ini bukanlah kata bahasa Indonesia, tetapi kata atau istilah yang berasal dari bahasa Arab yang lazim diucapkan juga oleh masyarakat Indonesia. Bisa dimengerti, sebab Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia yang kerap mengadopsi kata-kata berbahasa Arab.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan arti ukhti (اُخْتِي) dalam bahasa Indonesia. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa contoh penggunaan ukhti dalam percakapan sehari-hari. Semoga, setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca semakin bertambah.
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Arti Ukhti (اُخْتِي)

Ukhti (اُخْتِي) adalah kata bahasa Arab yang mengandung arti "Saudariku". Ukhti (اُخْتِي) merupakan kata panggilan yang ditujukan kepada perempuan. Kebalikan dari ukhti adalah akhi, yaitu panggilan yang ditujukan kepada laki-laki. Ukhti termasuk ke dalam panggilan atau sapaan umum, bisa ditujukan kepada saudara kandung perempuan, maupun teman atau sahabat perempuan.

Biasanya, kata ini diucapkan secara terbatas di kalangan umat muslim. Jadi, saat kita mendengar ukhti terucap dari mulut seseorang, maka bisa dipastikan bahwa orang itu adalah muslim. Sekarang ini, trend penggunaan kata ukhti semakin meningkat, para abg-abg kekinian menjadikannya sebagai bahasa gaul ke sesama teman.

Makna Ukhti (اُخْتِي)

Ukhti bukan sekedar ucapan sapaan atau panggilan. Kata ini menunjukkan ikatan persaudaraan sesama muslim yang terjaga dan kuat. Selain itu, ukhti juga menjadi identitas keislaman seseorang, sebab yang mengucapkan kata ini hanya kalangan muslim. Panggilan ukhti menunjukkan kecintaan seseorang kepada saudaranya.

Islam memang mengajarkan untuk senantiasa menjaga jalinan persaudaraan di antara sesama muslim. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya. Ada banyak ayat dan hadits yang menerangkan pentingnya menjaga ikatan persaudaraan ini. Dalam Al-Qur'an surat Ali Imran Ayat 103, Allah Swt berfirman yang artinya:
Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu karena nikmat Allah, menjadilah kamu orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. (QS. Ali Imran: 103)
Ayat di atas didukung pula oleh sabda Rasulullah Saw berikut ini yang diriwatkan oleh Imam Muslim:
Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim lainnya. Ia tidak boleh tidak menzaliminya, merendahkannya dan tidak pula meremehkannya. Taqwa adalah di sini. Beliau menunjuk dadanya sampai tiga kali (kemudian beliau bersabda lagi:) Cukuplah seseorang dikatakan buruk bila meremehkan saudaranya sesama muslim. Seorang Muslim terhadap Muslim lain; haram darahnya, kehormatannya dan hartanya. (HR. Muslim)

Contoh Penggunaan Ukhti

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kata ukhti dalam percakapan sehari-hari:
  • Assalamu'alaikum Ukhti 
  • Waalaikumsalam Ukhti
  • Apa kabar ukhti?
  • Jazakallah khair ukhti
  • Ukhti fillah rahimakumullah
Demikianlah penjelasan tentang Arti Ukhti. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Ukhti: Makna dan Contoh (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment