Learn Science With Ilmusiana

100 ML Berapa Gelas? Begini Cara Menghitungnya

Tahukah Anda 100 ml itu ada berapa gelas? Nah, di artikel kali ini, kita akan belajar bagaimana cara menghitungnya.

Sebenarnya, ml (mililiter) dan gelas bisa dikategorikan sebagai satuan pengukuran volume. Namun, ml lebih bersifat baku daripada gelas karena memiliki alat pengukuran yang baku.

Sedangkan gelas, bukanlah satuan volume baku karena sulitnya untuk mendapatkan hasil pengukuran yang seragam akibat keseragaman ukuran gelas itu sendiri.

Jadi, setiap orang bisa saja memiliki jawaban yang berbeda-beda terkait pertanyaan "100 ml berapa gelas" karena tergantung jenis gelas yang digunakan.
 
Biasanya, ibu-ibu nih yang suka mencari takaran-takaran gelas seperti ini untuk keperluan masak-memasak karena mengikuti panduan resep tertentu.

Kebanyakan tutorial resep menjelaskan volume bahan-bahan yang digunakan dalam satuan ml, namun karena ibu-ibu terkadang tidak punya alat ukur ml, maka dicari saja gampangnya dengan menggunakan gelas.

Baiklah, berikut ini kita akan sama-sama menghitungnya...

100 ML Berapa Gelas

Sebelum kita masuk ke cara perhitungan, kita harus menetapkan terlebih dahulu jenis gelas yang digunakan agar hasil perhitungannya sama. 

Untuk keperluan tersebut, maka kita akan menggunakan gelas air mineral kemasan karena biasanya telah dilengkapi ukuran ml untuk 1 gelas penuh.

Kebanyakan gelas air mineral kemasan memiliki takaran 220 ml, 240 ml, dan 250 ml, ukuran ini bisa di lihat pada penutup plastik gelas.

Misalnya, ukuran gelas yang kita gunakan adalah gelas 250 ml, maka berikut ini cara menghitung "100 ml berapa gelas":
 
1 gelas = 250 ml
100 ml = ....gelas
            = 100 ml : 250 ml
            = 0,4 gelas.
 
Seperti apa banyaknya 0,4 gelas itu? Yah, kira-kira setengah gelas kurang dikit-lah (ingat, setengah gelas = 0,5 gelas).
 
Namun, karena bentuk gelas air kemasan yang tidak seragam, bagian atasnya besar dan bagian bawahnya ramping, maka kita bisa langsung bagi 2 saja gelas tersebut, tidak usah dikurangi dikit lagi.
 
Jadi, 100 ml ketika diukur menggunakan gelas 250 ml, akan berada di titik ini:

100 ml berapa gelas
100 ml pada gelas kemasan 250 ml
 
Ikuti cara perhitungan di atas untuk ukuran gelas lainnya.
 
Baca Juga:

Kesimpulan

Jadi, 100 ml itu sama dengan 0,4 gelas atau setengah gelas kurang dikit jika menggunakan air gelas kemasan berukuran 250 ml.

Gimana, udah tahu kan cara menghitung 100 ml berapa gelas? Jangan lupa lagi yah.

Sekian dulu panduan kali ini, bagikan agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
100 ML Berapa Gelas? Begini Cara Menghitungnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment