Learn Science With Ilmusiana

2020+ Hamasah (حَمَاسَة): Arti, Jawaban, Balasan (Lengkap)

Pernahkah kamu mendengar kata hamasah (حَمَاسَة)? Tahukah kamu apa artinya? Kemudian, apa jawaban atau balasan dari kata tersebut? Mungkin, pertanyaan-pertanyaan inilah yang sedang menggelayut di pikiran kamu saat ini, sehingga mendorong kamu untuk mencari informasinya di internet. Karena itu pula, cursor mouse kamu arahkan untuk mengklik artikel ini di pencarian google.
Hamasah (حَمَاسَة): Arti, Jawaban, Balasan (Lengkap)
Pilihan kamu sudah tepat, artikel ini memang berisi informasi tentang arti hamasah (حَمَاسَة) lengkap dengan cara menjawab atau membalasnya. Materi ini sengaja kami buat untuk memenuhi kebutuhan pembaca yang sedang mencari uraian tentang hamasah di internet. Berdasarkan hasil penelitian kami, saat ini banyak netizen Indonesia yang sedang membutuhkan informasi tentang hamasah.

Google merekam data pencarian dengan kata kunci "arti hamasah", "hamasah artinya", dan "jawaban atau balasan hamasah". Semua pencarian itu berasal dari Indonesia. Entah mengapa, beberapa waktu terakhir semakin banyak kosakata Arab yang sedang dicari artinya di google. Sepertinya, netizen Indonesia lagi semangat-semangatnya untuk belajar berbahasa Arab.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan materi yang menjelaskan tentang hamasah (حَمَاسَة). Semoga kehadiran materi ini dapat menjawab rasa penasaran pembaca mengenai arti, jawaban, atau balasan dari kata tersebut.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Arti Hamasah (حَمَاسَة)

Hamasah (حَمَاسَة) adalah kosakata bahasa Arab yang memiliki arti "semangat, hasrat, atau gairah". Dalam kamus Bahasa Arab-Indonesia, kata hamasah diartikan dengan "kekencangan, antusiasme, dan keikhlasan". Dalam referensi yang lain, hamasah artinya "ketekunan, keinginan, dan minat kuat". Meskipun terdapat beberapa arti, tetapi bisa kita lihat bahwa semua arti tersebut semakna antara satu dengan yang lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, arti hamasah dalam bahasa Arab yang umum digunakan adalah "semangat", orang menyebutkannya dengan kata "keep hamasah". Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "tetap semangat". Dua kata tersebut merupakan hasil kreativitas netizen yang menggabungkan kata bahasa Inggris dan bahasa Arab, keep artinya "tetap" dan hamasah artinya "semangat".   

Hamasah berfungsi sebagai kata pemberi motivasi, baik buat diri sendiri maupun untuk orang lain. "keep hamasah" hampir sama fungsinya dengan "keep calm", kata yang disebutkan terakhir ini sudah sering kita lihat menghiasi jagat dunia maya, baik yang ditulis dalam bentuk status, maupun yang ditulis di kolom komentar. Contohnya "keep calm bro".

Jadi, ketika kamu mendapati saudara, sahabat, atau teman yang sedang down, lelah, atau capek setelah melakukan aktivitas, kamu bisa menggunakan kata "hamasah" untuk memberinya semangat. Apalagi, jika orang yang kita berikan kata tersebut adalah seorang muslim, maka kosakata bahasa Arab bisa memberi kekuatan tersendiri.

Kamu bisa mengkombinasikannya dengan kata-kata yang lain, seperti "hamasah bro", "keep hamasah", "hamasah akhi", atau "hamasah ukhti". Diharapkan dengan kata-kata ini, orang tersebut bisa bangkit lagi semangatnya dalam menjalankan aktivitas.

Pengertian Hamasah (حَمَاسَة)

Dari paparan di atas, bisa kita katakan bahwa pengertian hamasah (حَمَاسَة) adalah kata bahasa Arab yang berarti "semangat" dan berfungsi sebagai pemberi motivasi buat seseorang. Hamasah menggambarkan hasrat, gairah, atau antusiasme yang tinggi dalam menjalani hidup. Sikap ini akan melahirkan ketekunan, keinginan, dan keikhlasan menunaikan aktivitas yang akan berujung pada kesuksesan.

Meskipun berasal dari bahasa Arab, tetapi kata hamasah sangat cocok juga digunakan di Indonesia. Mengingat, Indonesia adalah negara muslim terbesar dunia yang telah familiar dengan kata-kata bahasa Arab. Al-Qur'an, kitab suci umat Islam menggunakan bahasa Arab dalam penyajian ayat-ayatnya.

Cara Menggunakan Hamasah

Setelah mengetahui arti dari kata hamasah, mari kita lihat bersama bagaimana cara penggunaan kata ini dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya penggunaannya cukup mudah, kita hanya perlu menambahkan kata-kata lain di depan atau di belakang kata hamasah. Berikut ini beberapa contoh kombinasi kata hamasah dengan kata Arab lainnya yang bisa kamu jadikan panduan:

Tabel Penggunaan Hamasah dan Artinya

Penggunaan Hamasah Arti
Hamasah akhi  ( حماسة أخي ) Semangat Sudaraku (laki-laki)
Hamasah ukhti  (حماسة أختي) Semangat Sudaraku (perempuan)
Hamasah lillah (حماسة لله) Semangat karena Allah
Hamasah fillah (حماسة في الله) Semangat di jalan Allah
Bismillah hamasah  (بسم الله حماسة) Bismillah semangat
Tafadhol Hamasah  (تفضل، حماسة) Silahkan, semangat
Hamasah wa la tahzan  (حماسة ولا تحزن) Semangat dan jangan bersedih
Hamasah ikhwah fillah (حماسة اخوة في الله) Semangat Saudara, Karena Allah
Hamasah lillah billah fillah (حماسة لله بالله في الله) Semangat karena Allah dan atas nama Allah
Hijrah hamasah istiqomah qudwah (هجرة حماسة استقامة قدوة) Hijrah, semangat, istiqomah, jadilah teladan
Keep hamasah wa istiqomah (حماسة واستقامة) Tetap semangat dan istiqomah-lah

Balasan / Jawaban Hamasah (حَمَاسَة) 

Balasan / Jawaban Hamasah (حَمَاسَة)
Setelah mengetahui cara penggunaan hamasah, kamu juga perlu mempelajari cara menjawab atau membalas ucapan tersebut. Jadi, ketika kamu mendapatkan ucapan hamasah dari seseorang, kamu sudah tahu harus menjawab apa. 

Sebenarnya, menjawab ucapan hamasah tidaklah sulit dilakukan, caranya hampir sama saat diucapkan dalam bahasa Indonesia. Misalnya, ketika kamu mendapat ucapan semangat dari seorang, pasti kamu akan menjawab "terima kasih". Nah, hanya saja kata "terima kasih" tersebut lebih afdhol jika diucapkan dalam bahasa Arab. 

Berikut ini adalah beberapa contoh kata-kata yang bisa digunakan untuk membalas atau menjawab ucapan hamasah:
  • Syukron (شكرا) artinya "terima kasih"
  • Syukron yaa akhi (شكرا يا أخي) artinya "terimakasih saudaraku" (laki-laki)
  • Syukron yaa ukhty (شكرا يا أختي) artinya "terima kasih saudariku" (perempuan)
  • Syukron katsiiraa/Syukron jaziilaa (شكرا كثيرا / جزيلا) artinya "terima kasih banyak".
  • Syukron, wa anta kadzalik  (شكرا، وأنت كذلك) artinya "terimakasih, begitupun denganmu".
  • Na'am syukron (نعم، شكرا) artinya "Iya, terima kasih"
Gimana, cukup mudah bukan? Gunakan kreativitas kamu untuk mencoba variasi jawaban lainnya atau kamu juga bisa mencoba kata-kata balasan di bawah ini, maknanya lebih tegas dari jawaban-jawaban di atas:
  • Asta'idd insyaAllah (أستعد إن شاء الله) artinya "saya siap, insyaAllah"
  • Na'am Asta'idd (نعم، أستعد) artinya "Iya, saya siap"
  • Asta'idd  (أستعد) artinya "saya siap" 

Keep Hamasah wa Istiqomah 

Kata hamasah sering dirangkaikan menjadi "keep hamasah wa istiqomah" yang memiliki arti "tetap semangat dan konsisten". Rangkaian kata ini merupakan gabungan antara bahasa Inggris dan bahasa Arab. Dalam percakapan bebas (pergaulan) memang tidak ada aturan baku, pengguna bebas merangkaikan kata apapun dengan kata lainnya.

Jadi, bagi kamu yang ingin mengucapkan kata-kata semangat pada orang terdekat, kamu bisa menggunakan ucapan "keep hamasah wa istiqomah".

Hamasah Lillah

Kata hamasah juga sering ditambahkan dengan kata "Lillah", sehingga rangkaian katanya menjadi "hamasah lillah" yang memiliki arti "semangat karena Allah". Tulisan Arab dari hamasah lillah adalah (حماسة لله). Dengan adanya tambahan kata Lillah, maka perasaan semangat tersebut dibangkitkan karena Allah Swt.

Hamasah Wa La Tahzan

La Tahzan, kata ini pasti telah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata, kata ini juga bisa ditambahkan di belakang kata hamasah, sehingga membentuk ucapan "hamasah wa la tahzan" yang memili arti "semangat dan jangan bersedih". Tulisan Arab dari hamasah wa la tahzan adalah (حماسة ولا تحزن)
Demikianlah penjelasan tentang Hamasah. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2020+ Hamasah (حَمَاسَة): Arti, Jawaban, Balasan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment