Learn Science With Ilmusiana

2022+ Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu: Tulisan Arab (Lengkap)

Pernah kamu mendengar orang membaca Allahummaghfirlahu Warhamhu?. Tahukah kamu apa artinya? Bagaimana bentuk tulisan Arabnya? Sebenarnya, bacaan tersebut merupakan petikan doa yang ditujukan kepada orang yang telah meninggal dunia. Dalam penyelenggaran sholat jenazah, doa ini ikut dibaca tepatnya setelah takbir ketiga. Petikan lebih lengkap dari doa tersebut berbunyi allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu.

Allahummaghfirlahu Warhamhu (اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ)

Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu: Tulisan Arab (Lengkap)
Allahummaghfirlahu warhamhu merupakan permohonan kepada Allah Swt agar mengampuni dosa-dosa si mayit. Dengan doa ini diharapkan Allah mengampuni sebagian dosa orang tersebut dan lolos dari alam barzah. Itulah sebabnya mengapa sehingga pada saat sholat jenazah allahummaghfirlahu warhamhu dibaca sebagai salah satu doa pengiring.

Meskipun telah sering dibaca oleh umat muslim, ternyata masih ada di antara mereka yang tidak mengetahui arti dari Allahummaghfirlahu Warhamhu serta bentuk tulisan Arab dari doa tersebut. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya pencarian dengan kata kunci "Allahummaghfirlahu Warhamhu", "arti Allahummaghfirlahu Warhamhu", dan "tulisan Arab Allahummaghfirlahu Warhamhu" di kolom pencarian google.

Olehnya itu, pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan artikel yang secara khusus akan mengulas tentang allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu, baik dari segi arti maupun tulisan arabnya. Selain itu, kami juga akan memberikan contoh pembacaannya pada saat sholat jenazah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu

Allahummaghfirlahu Warhamhu adalah doa untuk orang meninggal yang memiliki arti "Wahai Allah, ampunilah dia dan berilah rahmat". Versi lebih lengkap dari doa ini berbunyi allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu yang memiliki arti "Wahai Allah, Ampunilah dia, berilah dia rahmat, berilah dia kesejahteraan, maafkanlah kesalahannya".

Tulisan Arab Allahummaghfirlahu Warhamhu

Jika ditulis ke dalam bahasa Arab, maka bentuknya adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ 

Latin: Allahummaghfirlahu Warhamhu
Artinya: Wahai Allah, ampunilah dia dan berilah rahmat

Versi lebih lengkap:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ 

Latin: Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu
Artinya: Wahai Allah, Ampunilah dia, berilah dia rahmat, berilah dia kesejahteraan, maafkanlah kesalahannya

Tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun Allahummaghfirlahu Warhamhu

Allahummaghfirlahu Warhamhu bisa juga dikombinasikan dengan ucapan "Innalillahiwainnailaihirojiun", sehingga lafadznya menjadi "Innalillahiwainnailaihirojiun Allahummaghfirlahu Warhamhu". Berikut ini tulisan Arab lengkap dengan latin dan artinya:

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَاَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ 

Latin: Innalillahiwainnailaihirojiun Allahummaghfirlahu Warhamhu
Artinya: Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah, dan kepada Allah jualah kami kembali. Wahai Allah, ampunilah dia dan berilah rahmat 

Pengertian Allahummaghfirlahu Warhamhu

Dari paparan di atas, telah kita ketahui bersama bahwa Allahummaghfirlahu Warhamhu (اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ) adalah doa untuk orang meninggal yang berarti "Wahai Allah, ampunilah dia dan berilah rahmat". Doa ini dianjurkan dibaca pada saat menunaikan sholat jenazah untuk si mayit. Dengan harapan, Allah Swt akan mengampuni dosa dan kesalahan dari orang tersebut selama hidupnya di dunia.

Kita sepenuhnya menyadari bahwa tidak ada manusia yang terlepas dari dosa. Dosa bisa bersumber dari perbuatan yang disengaja dan perbuatan yang tidak disengaja. Hanya satu orang manusia di dunia ini yang terbebas dari dosa dan kesalahan, yaitu Rasulullah Muhammad Saw. Allah Swt telah memberikan jaminan ampunan kepada beliau untuk dosa yang lampau dan yang akan datang. Allah Swt berfirman:

لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ 

Artinya: Supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang. (QS. Al-Fath: 2) 

Makna Allahummaghfirlahu Warhamhu

Allahummaghfirlahu Warhamhu (اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ) bermakna doa permohonan ampunan untuk orang lain kepada Allah Swt. Di doakan merupakan hak orang meninggal dunia yang wajib ditunaikan oleh kita yang masih hidup. Doa yang paling baik diberikan kepada orang yang telah mendapatkan kematian adalah doa permohonan ampun baginya kepada Allah Swt.

Hanya ampunanlah yang sangat diharapkan orang yang telah meninggal dunia. Ampunan Allah adalah kebutuhan mutlak semua manusia. Maghfirah dan rahmat-Nya adalah puncak hajat setiap hamba. Karena sesungguhnya semua ibadah dan ketaatan manusia hanya ditujukan dalam rangka meraih ampunan dan rahmat Allah Swt. Tanpa ampunan dan rahmat-Nya, ibadah manusia tidak akan ada apa-apanya.

Manusia telah bersusah payah beribadah kepada Allah, jika bukan karena rahmat dan ampunan-Nya, maka tetap saja manusia tidak akan bisa masuk surga. Tidak sedikit manusia yang dulunya ahli ibadah, namun karena ia tergelincir dalam satu dosa dalam hidupnya yang Allah tidak mengampuninya, maka ia menjadi jauh dari ampunan-Nya lalu ia dijebloskan ke dalam neraka.

Dengan doa allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu (اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ) diharapkan Allah akan memberikan kehidupan yang baik bagi si mayit di akhirat kelak. Ia bisa terbebas dari siksa kubur dan panasnya api neraka.

Cara Membaca Allahummaghfirlahu Warhamhu

Terdapat tata cara membaca Allahummaghfirlahu Warhamhu pada saat penyelenggaran sholat jenazah. Bacaan tersebut berbeda saat ditujukan kepada laki-laki dan perempuan. Perbedaan tersebut terletak pada segi dhomirnya. Allahummaghfirlahu memiliki tiga dhomir, yaitu HU, HAA, dan HUM. Berikut ini adalah penjelasan lengkap dari masing-masing dhomir, kapan dan dimana digunakan.

1. Allahummaghfirlahu Warhamhu Untuk Laki-laki (Dhomir HU)

Allahummaghfirlahu Warhamhu (dhomir HU) digunakan jika yang meninggal itu adalah satu orang laki-laki. Lafaz lengkap doanya adalah

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ ، وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ ، وَقِهِ فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّار 

Latin: Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu, waakrim nuzulahu wawasi'madkholahu, waghsilhu bil maai watstsalji wal barod, wanaqqihi min khotooya kamaa yunaqqotstsaubul abyadhu minadanas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihi, wa ahlan khoiron min ahlihi, wa zaujan khoiron min zaujihi waqqihi fitnatal qobri, wa 'adzabannar

Artinya: Wahai Allah, ampunilah dia, kasianilah dia, sejahterakanlah dia dan ampunilah segala dosa dan kesalahannya, hormatilah/mulyakanlah kedatangannya, luaskanlah tempat tinggalnya dan bersihkanlah ia dengan air, salju dan embun. Bersihkanlah ia dari segala dosa sebagaimana kain putih bersih dari segala kotoran, gantikanlah baginya rumah yang lebih baik dari yang terdahulu, dan gantikanlah baginya ahli keluarga yang lebih baik dari pada ahli keluarga yang terdahulu dan peliharalah (hindarkanlah) ia dari siksa kubur dan azab neraka.

2. Allahummaghfirlahaa Warhamhaa Untuk Perempuan (Dhomir HAA)

Jika yang meninggal itu adalah perempuan, maka "Allahummaghfirlahu Warhamhu" diganti dengan "Allahummaghfirlahaa Warhamhaa (dhomir HAA)". Berikut ini lafaz lengkap doanya:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَاكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وَاهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَقِّهَا فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابَالنَّار 

Latin: Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa'aafihaa wa'fu'anhaa, waakrim nuzulahaa wawasi'madkholahaa, waghsilhaa bil maai watstsalji wal barod, wanaqqihaa min khotooya kamaa yunaqqotstsaubul abyadhu minadanas, wa abdilhaa daaron khoiron min daarihaa, wa ahlan khoiron min ahlihaa, wa zaujan khoiron min zaujihaa waqqihaa fitnatal qobri, wa 'adzabannar

Artinya: Ya Allah, Ampunilah dia, maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya di dunia, berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya di dunia, istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari fitnah kubur (siksa kubur) dan Neraka.

3. Allahummaghfirlahum Warhamhum Untuk Orang banyak (Dhomir HUM)

Jika yang meninggal itu lebih dari dua orang, maka lafaz "Allahummaghfirlahu Warhamhu" diganti dengan "Allahummaghfirlahum Warhamhum (dhomir HUM)". Berikut ini lafaz lengkap doanya:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ وَاكْرِمْ نُزُلَهُمْ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُمْ وَاغْسِلْهُمْ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِمْ مِنَ الْخَطَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُمْ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِمْ وَاهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِمْ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِمْ وَقِّهِمْ فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ 

Latin: Allahummaghfirlahum warhamhum wa'aafihaa wa'fu'anhum, waakrim nuzulahum wawasi'madkholahum, waghsilhum bil maai watstsalji wal barod, wanaqqihim min khotooya kamaa yunaqqotstsaubul abyadhu minadanas, wa abdilhum daaron khoiron min daarihim, wa ahlan khoiron min ahlihim, wa zaujan khoiron min zaujihim waqqihim fitnatal qobri, wa 'adzabannar

Artinya: Ya Allah, Ampunilah dia, maafkanlah mereka dan tempat-kanlah mereka di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburan mereka, mandikan mereka dengan air salju dan air es. Bersihkan mereka dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya mereka di dunia, berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarga mereka di dunia, istri (atau suami) yang lebih baik daripada istri (atau suami mereka), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari fitnah kubur (siksa kubur) dan Neraka.

Demikianlah penjelasan tentang Allahummaghfirlahu Warhamhu. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
2022+ Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu: Tulisan Arab (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

1 komentar:

  1. Bismillah. Afwan, utk yg dhomir hum,di tulisan arabnya tertulis wa'aafihum, tp diterjemahan latinnya koq tertulis wa'afihaa? Yg benarnya yg mana?

    ReplyDelete