Learn Science With Ilmusiana

Arti Allahumma Yassir Wala Tu'assir: Tulisan Arab, Makna (Lengkap)

Allahumma yassir wala tu'assir adalah doa pendek yang cukup populer. Tahukah kamu apa artinya? Lantas, bagaimana tulisan Arabnya? Meskipun telah sering dibaca umat muslim, ternyata ada di antara mereka yang belum mengetahui arti dari doa ini. Selain dari segi arti, banyak juga yang penasaran dengan bentuk tulisan Arab dari doa allahumma yassir wala tu'assir. 

Terbukti dari banyaknya pencarian kata kunci "allahumma yassir wala tu'assir artinya" dan "allahumma yassir wala tu'assir tulisan arabnya" yang dicatat oleh mesin pencari google. Netizen Indonesia mengetikkan kata kunci tersebut di kolom pencarian. Hal ini sekaligus menjadi pertanda bahwa muslim Indonesia sedang membutuhkan informasi seputar arti doa-doa.

Allahumma Yassir Wala Tu'assir (اَللَّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّرْ)

Arti Allahumma Yassir Wala Tu'assir: Tulisan Arab, Makna (Lengkap)

Sebenarnya, jika kita mengetikkan allahumma yassir wala tu'assir di kolom pencarian, akan bermunculan sejumlah blog atau web yang telah memberikan ulasan tentangnya. Namun, sebagian besar di antaranya hanyalah berupa penjelasan singkat atau tidak membahas secara mendalam makna dan kandungan dari doa allahumma yassir wala tu'assir.

Itulah sebabnya kami memandang perlu untuk memberikan penjelasan ulang dan lebih lengkap mengenai doa allahumma yassir wala tu'assir. Dalam uraian ini, kami akan menyajikan informasi tentang allahumma yassir wala tu'assir artinya apa, lengkap dengan tulisan arab, makna, dan kandungannya.

Baca Juga:
Yuk, mari kita simak bersama uraian berikut ini:

Arti Allahumma Yassir Wala Tu'assir

Allahumma yassir wala tu'assir (اَللَّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّرْ) adalah doa pendek umat Islam yang memiliki arti "Ya Allah mudahkanlah dan jangan Engkau persulit". Doa ini cocok dibaca pada saat seseorang akan melakukan suatu aktivitas dengan harapan Allah memberikan kemudahan dan kelancaran aktivitas tersebut dari awal sampai akhir.

Seseorang yang membaca allahumma yassir wala tu'assir akan merasakan kehadiran Allah Swt dalam setiap aktivitasnya. Apalagi, jika doa tersebut dipanjatkan dengan hati yang tulus dan ikhlas, maka dengan segera akan diijabah Allah. Setiap muslim memang sangat dianjurkan untuk berdoa setiap akan memulai sesuatu.

Pengertian Allahumma Yassir Wala Tu'assir

Telah kita ketahui bersama bahwa allahumma yassir wala tu'assir artinya adalah "Ya Allah mudahkanlah dan jangan Engkau persulit". Di dalam Islam, doa adalah fasilitas yang diberikan oleh Allah untuk hambanya. Melalui doa, Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk meminta segala sesuatu yang kita inginkan.

Salah satu permintaan yang sangat baik dimohonkan kepada Allah adalah kemudahan dalam menjalankan aktivitas. Kita semua mengimani bahwa Allah adalah Dzat yang Maha Mengatur, Dia tidak pernah terlepas dari segala urusan hamba-Nya. Seorang muslim yang memanjatkan doa allahumma yassir wala tu'assir, urusannya akan dipermudah Allah Swt.

Tidak ada yang tidak mungkin jika Allah telah berkehendak. Dengan izin Allah, sesuatu yang tampaknya sulit bisa menjadi mudah. Seorang muslim harus memiliki keyakinan di dalam hati bahwa segala sesuatu terjadi hanya atas izin Allah Swt. Tidak ada satu pun kejadian di atas bumi ini yang terlepas dari pengetahuan Allah.

Tulisan Arab Allahumma Yassir Wala Tu'assir

Berikut ini adalah tulisan Arab dari doa allahumma yassir wala tu'assir lengkap dengan tulisan latin dan artinya:

اَللَّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّرْ 

Latin: Allahumma Yassir Wala Tu'assir
Arti: Ya Allah mudahkanlah dan jangan Engkau persulit

Tulisan arab doa allahumma yassir wala tu'assir sengaja kami lengkapi juga dengan tulisan latin agar orang-orang yang kurang lancar membaca tulisan Arab bisa membaca doa ini melalui tulisan latinnya.

Makna Allahumma Yassir Wala Tu'assir

Apa makna dari doa allahumma yassir wala tu'assir (اَللَّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّرْ)? Makna dari doa tersebut tiada lain adalah permohonan kepada Allah Swt agar segala urusan kita dimudahkan. Kalau boleh jujur, terkadang manusia lupa untuk bergantung dan tawakal kepada Allah. Kebanyakan manusia ketika berusaha dan melakukan sesuatu lupa berdoa kepada Allah. 

Mereka lupa untuk meminta kepada Allah agar dimudahkan usahanya, dilancarkan rezekinya, dan dimuluskan aktivitasnya. Manusia hanya fokus kepada sebab atau rencana saja, lupa mengucapkan doa atau permohonan kepada Allah. Terkait dengan hal ini, Allah memperingatkan manusia di dalam Surat At-Taubah Ayat 67: "Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka".

Sudah selayaknya kita menggantungkan diri dan berdoa kepada Allah setiap saat, bahkan pada hal yang terkesan sepele. Di dalam sebuah hadits dijelaskan bahkan saat tali sandal putus kita dianjurkan berdoa kepada Allah agar dimudahkan dan diganti dengan yang lebih baik. 

Bolehkah Membaca Allahumma Yassir Wala Tu'assir?

Ketika menulis artikel ini, kami menemukan ada satu web yang mengulas artikel tentang anjuran untuk menghindari membaca doa Allahuma Yassir Walaa Tu'assir (اَللَّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّرْ). Dalam keterangannya, sang penulis berpendapat bahwa allahumma yassir wala tu'assir bukanlah sebuah doa, melainkan sebuah nasehat yang pernah diberikan Rasulullah Saw kepada para sahabatnya yang beliau utus untuk menyebarkan agama Islam.

Ia juga berpendapat bahwa tidak mungkin Allah mempersulit urusan manusia, Dia adalah dzat yang Maha Pemurah. Menurut hemat kami, tidak ada yang salah dengan pendapat tersebut. Tetapi, kita harus balik lagi kepada prinsip bahwa Allah Maha Mengetahui isi hati dan pikiran manusia. Saat kita memanjatkan doa allahumma yassir wala tu'assir, Allah tahu bahwa yang kita maksudkan adalah permohonan kepada-Nya.

Begitupun dengan pendapat bahwa Allah tidak mungkin mempersulit urusan manusia. Menurut kami, hal ini hanya berlaku kepada hamba-hamba beriman yang senantiasi patuh dan taat kepada Allah Swt. Urusannya pasti akan dipermudah oleh Allah. Tetapi, bagaimana dengan manusia-manusia yang selalu ingkar kepada-Nya? Sudah pasti akan mendapat celaan dari Allah, dan sebagai imbasnya urusannya akan dipersulit.

Jadi, terkait dengan pertanyaan apakah boleh membaca doa allahumma yassir wala tu'assir (اَللَّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّرْ), jawabannya adalah boleh. Tidak ada masalah dengan doa ini, Allah Swt maha tahu kok bahwa yang kita maksudkan adalah permohonan agar dimudahkan menjalankan urusan.

Demikianlah penjelasan tentang Allahumma Yassir Wala Tu'assir. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Allahumma Yassir Wala Tu'assir: Tulisan Arab, Makna (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment