Learn Science With Ilmusiana

Arti Warna 3 Kabel pada Pompa Air Sanyo

Pada mesin pompa air merk Sanyo, terdapat 3 jalur kabel yang keluar dari pompa dengan warna biru, cokelat, dan kuning.

Apa arti dari masing-masing warna kabel tersebut? Nah, di artikel kali ini, mimin akan menjelaskannya arti warna 3 kabel pada pompa air Sanyo.

Pada saat melakukan instalasi mesin pompa air Sanyo, salah satu prosesnya adalah menyambungkan kabel-kabel pompa dengan colokan agar bisa terhubung dengan sumber tegangan.

Sebagaimana yang diketahui, kebanyakan dari kita menggunakan colokan dengan 2 kabel, yang terdiri dari kabel positif dan negatif.

Hal yang sering membingungkan kalangan awam adalah jika pompanya 3 kabel dan colokannya 2 kabel, artinya hanya 2 kabel pompa saja yang terhubung dan 1 kabel bebas.

Kalau begitu, kabel pompa warna apa saja yang akan tersambung dengan colokan dan kabel mana pula yang bebas atau tidak tersambung?

Nah, di sinilah letak pentingnya mengetahui arti warna dari ketiga kabel pompa air Sanyo agar tidak terjadi kesalahan pemasangan kabel.

Baiklah, berikut ini uraian lengkapnya...

Arti Warna 3 Kabel pada Pompa Air Sanyo

Arti Warna 3 Kabel pada Pompa Air Sanyo

Tiga kabel pada mesin pompa air Sanyo terdiri dari warna cokelat, biru, dan kuning. Berikut ini arti dan kegunaan dari masing-masing kabel tersebut:

1. Kabel Warna Cokelat

Kabel warna cokelat pada pompa air Sanyo berfungsi sebagai kabel positif atau kabel fasa, jalur masuknya listrik dari sumber tegangan PLN ke mesin pompa air.

Oleh karena itu, pada saat melakukan penyambungan kabel, maka kabel positif dari colokan dihubungkan dengan kabel warna cokelat pompa air.

2. Kabel Warna Biru 

Kabel warna biru pada pompa air Sanyo berfungsi sebagai kabel negatif/netral atau sering disebut juga dengan kabel nol.

Oleh karena itu, satu kabel colokan yang masih bebas, langsung disambungkan saja dengan kabel warna biru ini.

3. Kabel Warna Kuning

Kabel warna kuning pada pompa air Sanyo berfungsi sebagai kabel ground atau arde. Kabel ini tidak tersambung dengan colokan 2 kaki.

Oleh karena fungsinya sebagai ground, maka kabel ini bisa tidak dipakai (tutupi isolator) atau bisa juga dibenamkan langsung ke dalam tanah sebagai pengaman saat terjadi kebocoran arus listrik.

Baca Juga:

Penutup

Oleh karena terdapatnya 3 kabel pada pompa air Sanyo, maka sebenarnya lebih baik jika kita menggunakan colokan 3 kaki daripada 2 kaki.

Colokan 3 kaki juga telah dilengkapi dengan 3 kabel di mana 1 kabel berfungsi sebagai ground atau arde.

Dengan begitu, ketiga kabel mesin pompa air Sanyo bisa dihubungkan dengan colokan.

Demikianlah penjelasan tentang Arti Warna 3 Kabel pada Pompa Air Sanyo. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Arti Warna 3 Kabel pada Pompa Air Sanyo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment