Learn Science With Ilmusiana

Arti Fi Hifzillah: Jawaban, Balasan (Lengkap)

Pernahkah kamu mendengar ucapan fi hifzillah (فِي حِفْظِ اللّه)? Tahukah kamu apa artinya? Fi hifzillah adalah satu di antara sekian banyak ucapan Arab yang populer dilisankan masyarakat Indonesia. Ucapan ini pula kerap ditemukan tertulis di media sosial, baik melalui status maupun kolom komentar. Bagi orang yang paham, mungkin bisa langsung mengetahui arti dari ucapan ini. Namun, bagi mereka yang baru pertama kali mendengar atau membaca, mungkin akan bingung dan penasaran mengenai fi hifzillah artinya apa.

Fi Hifzillah (فِي حِفْظِ اللّه)

Arti Fi Hifzillah: Jawaban, Balasan (Lengkap)

Sebenarnya, untuk mengetahui fi hifzillah artinya apa, kita cukup mengambil kamus bahasa Arab dan mencari kata yang dimaksud. Lantas, bagaimana dengan mereka yang tidak mempunyai kamus? Yah, cara terbaik adalah dengan mencarinya di google. Inilah yang dilakukan oleh banyak netizen Indonesia, mencari arti dari fi hifzillah melalui artikel-artikel yang tersebar di internet.

Karena itu pula, di kesempatan kali ini kami akan menyajikan sebuah materi yang khusus mengulas fi hifzillah artinya apa. Semoga, kehadiran artikel ini bisa menjawab rasa penasaran pembaca mengenai arti dari fi hifzillah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Arti Fi Hifzillah (فِي حِفْظِ اللّه)

Fi Hifzillah (فِي حِفْظِ اللّه) adalah ucapan bahasa Arab yang memiliki arti "semoga berada dalam penjagaan Allah". Ucapan fi hifzillah ditujukan kepada seseorang dengan harapan bahwa Allah Swt menjaga orang tersebut. Contohnya, orang yang sedang berada di perantauan atau orang yang sedang melakukan perjalanan.

Permohona kepada Allah untuk selalu berada di dalam penjagaan-Nya sangat penting dilakukan oleh siapa saja. Sebab, kita tidak tahu hal-hal yang terjadi selama perjalanan. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi di dalam perjalanan tersebut. Kita mengharapkan dengan penjagaan Allan (fi hifzillah), maka yang terjadi adalah kemungkinan yang baik saja.

Ucapan fi hifzillah yang keluar dari hati yang tulis dan ikhlas akan mudah diijabah Allah Swt. Jika Allah telah menjaga kita, maka yakinlah bahwa semuanya akan baik-baik saja. Ucapan ini juga menjadi pertanda bahwa seorang muslim ingatannya tidak pernah lepas dari Allah Swt, Dzat Yang Maha Menjaga.

Itulah sebabnya mengapa mayoritas ulama menganjurkan untuk selalu memohon penjagaan Allah Swt. Hanya muslim yang sombong yang tidak meminta hal tersebut. Dirinya tidak menyadari ketidakmampuannya sebagai seorang hamba yang lemah. Kita sangat bergantung kepada Allah Swt, kita tidak akan pernah lepas dari-Nya.

Fi Hifzillah Artinya

Fi Hifzillah artinya "semoga berada dalam penjagaan Allah Swt". Arti lebih lanjut dari ucapan ini adalah pengharapan kepada penjagaan Allah Swt terhadap segala aktivitas yang dilakukan. Permohonan ini juga sekaligus menjadi pertanda kebergantungan seorang hamba kepada Tuhannya.

Manusia adalah makhluk yang lemah memerlukan sandaran yang kuat dalam melangkah. Allah Swt adalah sebaik-baiknya sandaran, Tuhan Yang Maha Kuat, pemilik segalanya. Tidak ada penjagaan terbaik selain dari Allah Swt.

Dengan ucapan fi hifzillah, maka seorang hamba mengakui bahwa Allah Swt adalah sebaik-baiknya penjaga, yang tidak pernah berhenti mengawasi hamba-Nya.

Pengertian Fi Hifzillah

Telah jelas bahwa fi hifzillah adalah ucapan yang berasal dari bahasa Arab. Jika diterjemahkan secara kata per kata, maka fi hifzillah terdiri dari:
  • Arti فِي dalam bahasa indonesia  adalah di atau di dalam 
  • Arti حِفْظِ dalam bahasa indonesia adalah penjagaan atau perlindungan.
  • Arti اللّه dalam bahasa indonesia adalah Allah
Jika seluruh kata di atas digabungkan, maka ucapan tersebut akan bermakna "semoga berada dalam penjagaan atau perlindungan Allah".

Penjelasan Fi Hizillah

Menurut mayoritas ulama, Fi Hifzillah sangat baik diucapkan ketika mendapati seseorang akan melakukan aktivitas atau perjalanan. Apalagi, jika kita tahu bahwa aktivitas tersebut beresiko tinggi, misalnya petugas keamanan yang setiap saat menghadapi ancaman. Atau, perjalanan jauh ratusan kilometer jauhnya, yang membuat dirinya pergi berhari-hari.

Ucapan fi hifzillah berfungsi sebagai permintaan kepada Allah Swt agar senantiasa memberikan penjagaan-Nya kepada hamba-Nya. Dia adalah Dzat sebaik-baiknya penjaga. Jika Allah telah memberikan penjagaan-Nya kepada hamba-Nya, maka yakinlah semuanya akan baik-baik saja.

Penggunaan Ucapan Fi Hifzillah

Berikut ini adalah beberapa contoh situasi di mana ucapan fi hifzillah bisa digunakan:
  • Saat teman atau keluarga sedang melakukan perjalanan jauh, kita bisa berpesan kepadanya agar senantiasa berhati-hati selama perjalanan, sambil mengucapkan fi hifzillah.
  • Saat kita menelpon teman atau saudara yang tinggal jauh diperantauan, maka ucapkanlah fi hifzillah agar ia selalu berada di dalam penjagaan Allah.
  • Kepada orang-orang yang melaksanakan pekerjaan beresiko tinggi terhadap keamanan diri, maka kita bisa membesarkan hatinya dengan ucapan fi hifzillah.
  • Kepada orang yang akan melakukan penerbangan, ucapkan kepadanya "safe flight fii hifzillah"
  • Orang yang sedang menjalankan profesi sebagai petugas keamanan, ucapkan kepadanya "fi hifzillah", semoga dirinya berada dalam penjagaan Allah Swt.

Jawaban atau Balasan Fi Hifzillah

Ketika kita mendapatkan ucapan-ucapan baik, maka kita wajib berterima kasih kepada orang yang mengucapkannnya. Termasuk ketika orang memberikan kita ucapan fi hifzillah, maka bisa kita balas atau jawab dengan ucapan syukron yang berarti "terima kasih".

Jika yang mengucapkan fi hifzillah adalah seorang laki-laki, maka jawabannya bisa menjadi syukron ya akhi. Jika yang mengucapkan fi hifzillah adalah seorang perempuan, maka bisa kita jawab dengan syukron ya ukhti.

Ucapan Bahasa Arab Lainnya  

Selain fi hifzillah, berikut ini adalah kumpulan ucapan bahasa Arab lainnya yang bagus diucapkan oleh seorang muslim:

Ucapan Arab Artinya
Barakallahu Fiikum (بَارَكَ اللهُ فِيْكُم) Semoga Allah memberkahi kalian
Barakallahu fiik (بارك الله فيك) Semoga Allah memberkahi kamu
Barakallahu Lak (بَارَكَ اللَّهُ لَكَ) Semoga Allah memberkahimu
Wafiika Barakallah (وَ فِيكَ بَارَكَ اللَّهُ) Dan semoga Allah memberkahimu juga
Barakkallah fii umrik (بارك الله في عمرك) Semoga Allah memberkahi umurmu
Fii Amanillah (فِي أَمَانِ الله)Semoga engkau ada dalam lindungan Allah
Ma'assalamah (مَعَ السَّلاَمَة) Semoga keselamatan menyertaimu
Jazakamullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak
Jazakumullah ahsanal jaza (جَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء) Semoga Allah membalas kalian dengan balasan terbaik
Jazakallah khair (جزاك اللهُ خيراً) Semoga Allah membalas kebaikanmui

Demikianlah penjelasan tentang Arti Fi Hifzillah. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Fi Hifzillah: Jawaban, Balasan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment