Learn Science With Ilmusiana

2020+ Ma'assalamah (مَعَ السَّلاَمَة): Arti, Jawaban, Balasan (Lengkap)

Ma'assalamah (Tulisan Arab: مَعَ السَّلاَمَة) pernah kita singgung sedikit di dalam pembahasan tentang Fii Amanillah. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa mas'assalamah adalah jawaban dari fii amanillah. Meskipun begitu, ternyata di dalam praktiknya ma'assalamah kerap digunakan terpisah. Jadi, ucapan ini diposisikan bukan lagi jawaban dari fii amanillah, melainkan ucapan permulaan dari orang pertama kepada orang kedua.
Ma'assalamah (مَعَ السَّلاَمَة): Arti, Jawaban, Balasan (Lengkap)
Sama halnya dengan fii amanillah, ucapan ma'assalamah juga memiliki jawaban atau balasan. Jadi, ketika seseorang mendapatkan ucapan ma'assalamah, maka orang tersebut membalas atau menjawab ucapan ini. Ma'assalamah memang merupakan ucapan yang berasal dari Arab, tetapi penggunaannya populer juga di Indonesia. Hal ini bisa dimengerti sebab Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia.

Meskipun ucapannya telah sering kita dengar, ternyata belum semua masyarakat Indonesia mengetahui arti dari ma'assalamah (Arab: مَعَ السَّلاَمَة). Fakta ini kami temukan berdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan pada data pencarian google. Terkait dengan ma'assalamah, netizen Indonesia mengetikkan kata kunci "apa arti dari ma'assalamah", "balasan maassalamah" atau "maassalamah jawabannya" di kolom pencarian google.

Oleh karena itulah, kami memandang perlu untuk mengulas secara khusus topik yang membahas tentang "ma'assalamah". Kami tahu bahwa banyak warganet Indonesia yang sedang membutuhkan pembahasan ini untuk menambah pengetahuan tentang ucapan berbahasa Arab.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Arti Ma'assalamah (مَعَ السَّلاَمَة)

Ma'assalamah (Arab: مَعَ السَّلاَمَة) adalah ucapan bahasa Arab yang memiliki arti "semoga keselamatan menyertaimu". Ma'assalamah dibaca atau diucapkan ketika seseorang hendak melepas kepergian orang lain. Jadi, fungsi dari ma'assalamah adalah sebagai ucapan perpisahan. Ucapan ini sama fungsinya dengan ucapan "hati-hati di jalan".

Jadi, daripada menggunakan ucapan "selamat jalan", sebaiknya diganti dengan ucapan "ma'assalamah". Ucapan ini bukan hanya sekedar sebagai ucapan perpisahan, tetapi juga menjadi doa keselamatan untuk orang yang akan pergi. 

Tulisan Arab Ma'assalamah

Sebenarnya, dalam uraian di atas telah kami selipkan tulisan Arab dari ma'assalamah. Hanya saja bentuk dan ukurannya kecil sehingga menyulitkan pembaca. Hal ini disebabkan oleh pengaturan otomatis google. Karena itulah kami melakukan sedikit modifikasi manual agar bentuk dan ukuran dari tulisan Arab menjadi lebih besar agar mudah dibaca. Berikut ini adalah tulisan Arab dari Ma'assalamah:
مَعَ السَّلاَمَة 

Latin: Ma'assalamah
Artinya: Semoga keselamatan menyertaimu 

Jawaban / Balasan Ma'assalamah

Jawaban atau balasan dari ucapan ma'assalamah adalah sama, yaitu "ma'assalamah". Jadi, ketika ada orang yang mengucapkan "ma'assalamah", maka kita menjawabnya dengan ucapan yang sama. Maksud dari jawaban tersebut adalah kita mendoakan juga keselamatan kepada orang yang memberi kita ucapan.

Alternatif jawaban lainnya adalah "syukron" yang berarti "terima kasih". Dengan mengucapkan syukron, artinya kita menyampaikan rasa terima kasih kepada orang yang mendoakan kita keselamatan. 

Ma'assalamah Fii Amanillah

Ucapan ma'assalamah bisa digabungkan dengan ucapan fii amanillah, sehingga membentuk "ma'assalamah fii amanillah (Arab: مَعَ السَّلاَمَة فِي أَمَانِ الله)" artinya "Selamat jalan, semoga Engkau ada dalam lindungan Allah". 

Demikianlah penjelasan tentang Ma'assalamah. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2020+ Ma'assalamah (مَعَ السَّلاَمَة): Arti, Jawaban, Balasan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment