Learn Science With Ilmusiana

2020+ Bahasa Arab Hati Hati di Jalan (Lengkap)

Kamu yang sedang membaca artikel ini pasti sedang mencari bahasa Arab dari hati-hati di jalan. Sebenarnya, jika kita mengetikkan kata tersebut di google, maka akan langsung muncul terjemahan Arab dari "hati-hati di jalan", lengkap dengan tulisan Arab dan latinnya. Ketika kami mencoba cara tersebut, hasil yang keluar adalah "kun hadhiraan fi altariq (كن حذرا في الطريق)".

Bahasa Arab

Bahasa Arab Hati Hati di Jalan (Lengkap)

Apakah hasil yang dikeluarkan google itu sudah tepat? Bagi google, mungkin terjemahan tersebut telah tepat, karena cara kerja sistem penerjemahnya adalah mengartikan kata per kata. Tetapi, dalam praktik percakapan sehari-hari, bahasa Arab dari hati-hati di jalan tidaklah seperti yang diterjemahkan oleh google.

Silahkan kamu tanya kepada orang yang sering berbahasa Arab, pasti mereka akan memberikan terjemahan Arab dari "hati-hati di jalan" yang berbeda dengan hasil google di atas. Bagaimanapun juga, google hanyalah sebuah mesin yang memiliki keterbatasan dalam hal memberi makna dan arti dari kata-kata atau bahasa.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan bahasa Arab yang benar dari "hati-hati di jalan". Terjemahan yang kami sodorkan di bawah sesuai dengan yang digunakan selama ini dalam percakapan bahasa Arab. Jadi, kamu bisa menggunakannya dalam praktik bahasa Arab sehari-hari.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya....

Bahasa Arab Hati Hati di Jalan

Bahasa Arab dari hati-hati di jalan adalah "intabih alaa thoriq" (Arab: اِنْتَبِهْ عَلَى الطَّرِيْقِ). Ucapan ini digunakan sebagai pesan kepada seseorang agar berhati-hati di jalan. Sebenarnya, kata pertama dari ucapan ini "intabih (اِنْتَبِهْ)" tidaklah berarti "hati-hati", melainkan "awas". "alaa (عَلَى)" artinya "di atau di atas", dan "thoriq (الطَّرِيْقِ)" artinya "jalan". Maksud "awas" dalam ucapan ini diartikan dengan "hati-hati".

Selain itu, hati-hati di jalan dalam bahasa Arab bisa juga menggunakan ucapan "Fii Amanillah". Orang Arab yang mayoritas umat muslim lebih banyak mengucapkan "fii amanillah" saat melepas kepergian seseorang di perjalanan. Fii amanillah sendiri memiliki arti "semoga engkau ada dalam lindungan Allah".

Ucapan Fii Amanillah bisa berfungsi ganda, selain anjuran untuk hati-hati di jalan, ucapan ini juga berfungsi sebagai doa permohonan kepada Allah Swt agar orang yang akan melakukan perjalanan selalu berada dalam lindungan Allah dan selamat sampai ke tujuan.

Uraian lebih lanjut tentang Fii Amanillah, bisa Anda baca di sini: Fii Amanillah.

Kosakata Bahasa Arab

Selain hati-hati di jalan, berikut ini adalah kumpulan kosakata dasar bahasa Arab yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari:

Tabel Kata Bahasa Arab dan Artinya

Kata Arab Artinya
Syukron (شكرًا) Terima kasih
'Afwan (عفواً) Sama-sama
Aseef (asif) (آسف) Saya minta maaf
Hasananaan (حسناً) Baiklah
Rubbamaa ( ربّما ) Mungkin
Intabih (انتبِه) Awas (peringatan)
Ihzar (احذر) Berhati-hatilah
Laa tansa' (لا تنسىٰ) Jangan lupa
Samiin (سمين)Gemuk
Nahiifun (نحيف) Kurus
Tawiilun (طويل) Panjang
Qasirun ( قصير ) Pendek
Khofiidhun ( خفيض ) Rendah
Yaum ( يوم ) Hari
Usbu' ( أسبوع ) Minggu
Syahr ( شهر ) Bulan
Sanah ( سنة ) Tahun
Masaaul khair ( مساءالخير ) Selamat sore
Lailatu sa'idah ( ليلة سعيدة )Selamat malam
Sobaahul khair ( صباح الخير ) Selamat pagi


Demikianlah penjelasan tentang Bahasa Arab Hati Hati di Jalan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2020+ Bahasa Arab Hati Hati di Jalan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment