Learn Science With Ilmusiana

Arti Fii Amanillah: Jawaban, Balasan (Lengkap)

Tahukah kamu apa arti fii amanillah? Terus, bagaimana cara membalas atau menjawabnya? Saat Ada anggota keluarga atau teman yang hendak bepergian, kemudian pamit kepada Anda, apa yang Anda ucapkan kepadanya? Mungkin, Anda menggunakan ucapan yang paling umum terdengar di telinga kita, yaitu "hati-hati di jalan", atau "selamat jalan", atau "semoga selamat sampai di tujuan", atau yang lebih gaul lagi "bye-bye", "see you", Titi DJ, dan semacamnya.

Arti Fii Amanillah

Arti Fii Amanillah: Jawaban, Balasan
Sebenarnya, tidak ada salahnya memakai kata-kata itu, toh penggunaannya juga sudah tepat ketika diucapkan kepada orang yang akan bepergian. Lagi pula, semua kata tersebut telah menjadi keumuman yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari kita. Orang yang diberikan ucapan pun menyambut baik kata-kata tersebut. 

Tetapi, Islam menyediakan sebuah ucapan atau kata-kata terbaik yang bisa diucapkan kepada orang yang akan bepergian. Ucapan tersebut adalah Fii Amanillah. Jika Anda mengetahui artinya, ucapan ini mengandung makna yang luar biasa. Selain sangat cocok sebagai ucapan perpisahan, Fii Amanillah juga berfungsi sebagai doa bagi orang yang bepergian.

Baca Juga:
Lantas, apa arti fii amanillah? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan arti fii amanillah, lengkap dengan cara menjawab atau membalasnya. Kami juga akan memaparkan makna atau kandungan dari ucapan tersebut.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Arti Fii Amanillah

Fii amanillah adalah ucapan bahasa arab yang mengandung arti "semoga engkau ada dalam lindungan Allah". Tulisan arab dari ucapan ini bisa Anda lihat pada gambar di atas. Saat kita membaca artinya, rasanya kita semua sepakat bahwa ucapan ini memang sangat cocok diucapkan kepada orang yang bepergian. Ucapan ini berisi doa dan harapan agar orang yang bepergian tersebut dilindungi Allah dalam perjalanannya.

Insyaallah, jika kita ikhlas mengucapkannya, maka Allah akan mengijabah doa tersebut. Keluarga atau teman kita yang bepergian akan selalu berada dalam lindungan Allah SWT dan sampai di tujuan dengan selamat. Orang yang menerima ucapan ini juga pasti sangat senang mendengarnya, karena kita telah mendoakan keselamatan baginya.

Cara Mengucapkan Fii Amanillah

Bagaimana cara mengucapkan fii amanillah yang benar? Yah, persoalan pengucapan kata-kata bahasa Arab penting untuk diperhatikan, sebab salah ucap sedikit saja, maka akan mengubah arti, sehingga fatal akibatnya. Contohnya ucapan Allahu Akbar artinya "Allah Maha Besar", tetapi saat kita mengucapkannya dengan huruf alif yang terlalu panjang, seperti Aallahu akbar, maka artinya menjadi "Apakah Allah Maha besar?"

Begitu pun dengan ucapan fii amanillah ini, kata "fii" harus diucapkan panjang, dengan dua huruf "i", kata ini berarti "di dalam". Ada juga yang kadang-kadang mengucapkan "fii amanilloh", mengganti huruf "a" pada Allah dengan huruf "o". Sebenarnya, ini tidak boleh karena akan mengubah arti dari kata tersebut. Jadi, ucapkanlah sesuai dengan yang tertulis.

Penggunaan Ucapan Fii Amanillah

Sebenarnya, kata fii amanillah bukan hanya diucapkan kepada orang yang sedang bepergian. Ucapan ini juga cocok digunakan pada kondisi atau situasi lainnya. Sebab, jika dilihat dari artinya (semoga engkau ada dalam lindungan Allah), maka Fii Amanillah bisa diucapkan pada keadaan berikut ini:
  • Bertemu orang yang terkena musibah
  • Mengetahui seseorang sedang menghadapi masalah
  • Orang yang sedang menduduki jabatan tertentu
  • Menutup pembicaraan di telpon, sebelum ucapan salam
  • Orang yang sedang mengerjakan sesuatu yang sangat berbahaya

Jawaban atau Balasan Fii Amanillah

Lantas, bagaimana cara menjawab atau membalas ucapan fii amanillah? Sama halnya saat kita mengucapkan Assalamu 'alaikum, maka orang akan membalas dengan ucapan Wa 'alaikumus salam. Begitu pun dengan ucapan fii amanillah ini, juga memiliki balasan atau jawaban kepada orang yang mengucapkannya. 

Jadi, saat kita mendapatkan ucapan Fii Amanillah, maka kita bisa membalasnya dengan ucapan Ma'assalamah, yang berarti "semoga keselamatan selalu menyertaimu". Jadi, ucapan ini sebagai balasan doa kepada orang yang mengucapkan Fii Amanillah. 

Dalam Islam memang kita dianjurkan untuk memberikan balasan kepada orang yang memberikan penghormatan kepada kita, sebagaimana firman Allah SWT dalam surah An Nisa' ayat 86, yang artinya:
"Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)" (QS. An Nisa': 86)

Kandungan Fii Amanillah

Ucapan Fii Amanillah mengandung makna yang sangat dalam saat diucapkan kepada orang lain. Itulah sebabnya, mengapa kita dianjurkan untuk membiasakan ucapan ini kepada orang yang hendak bepergian atau kondisi-kondisi lain seperti yang telah diuraikan di atas. Makna fii amanillah, antara lain sebagai berikut:

1. Mendoakan Keselamatan

Ucapan Fii Amanillah bermakna sebagai doa keselamatan bagi saudara kita yang sedang bepergian. Kita memintakan untuknya perlindungan kepada Allah SWT dari segala musibah atau hal buruk lainnya. Sebab, perlindungan terbaik adalah perlindungan Allah SWT, karena segala sesuatu yang terjadi berasal dari Allah SWT.

2. Menunjukkan Rasa Kepedulian

Saat kita mendoakan saudara kita, itu menandakan bahwa kita peduli kepadanya. Kita sangat berharap agar saudara kita yang melakukan perjalanan sampai di tempat tujuan dengan selamat. Membangun kepedulian antara sesama muslim memang sangat dianjurkan karena akan mengokohkan persatuan dan kesatuan umat.

3. Rasa Cinta Sesama Muslim

Ucapan fii amanillah juga mengandung makna adanya rasa cinta sesama muslim. Cinta itulah yang membuat kita mendoakan dan memberikan kepedulian kepada saudara kita yang akan bepergian itu. Kita tidak ingin musibah atau keburukan menimpa saudara kita.

Demikianlah penjelasan tentang Arti Fii Amanillah. Bagikan artikel ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Fii Amanillah: Jawaban, Balasan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment