Learn Science With Ilmusiana

Arti Dari Man Jadda Wajada (Gambar Lengkap)

Apa arti dari Man Jadda Wajada? Setiap orang pasti mengenal dan pernah mendengar ungkapan ini. Man Jadda Wajada adalah pepatah yang berasal dari Arab. Kalimat ini wajib ditanamkan dalam diri seorang muslim. Banyak yang percaya bahwa kalimat ini bisa menjadi mantra ajaib yang bisa membuat orang yang mengucapkannya menjadi kuat dan semangat secara seketika. Banyak orang yang telah membuktikan khasiat kalimat Man Jadda Wajada ini.

Arti Dari Man Jadda Wajada

Arti Dari Man Jadda Wajada

Mengapa kalimat Man Jadda Wajada memiliki keampuhan bagi orang yang mengucapkannya? Penyebabnya tidak lain adalah arti dari pepatah ini yang sangat luar biasa. Meskipun, harus diakui juga masih banyak di sekitar kita yang hanya tahu mengucapkan saja, namun tidak mengetahui arti dari makna pepatah ini.

Nah, karena itulah informasi ini hadir untuk menjelaskan kepada pembaca tentang arti dari Man Jadda Wajada, berserta kandungan dan manfaatnya jika diucapkan dengan penuh kesungguhan. Yuk, berikut ini ulasannya:

Arti Dari Man Jadda Wajada

Pepatah Man Jadda Wajada tersusun dari kata Man berarti "siapa", Jadda berarti "bersungguh-sungguh", dan Wajada berarti "mendapatkan atau berhasil". Jadi, secara harfiah Man Jadda Wajada artinya siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan mendapatkan. Jika diartikan secara luas, maka pepatah ini memiliki arti siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan sukses atau berhasil. 

Jika dilihat dari artinya, maka pepatah Man Jadda Wajada ini bisa diaplikasikan secara luas untuk tujuan apa pun. Bagi seorang siswa, kalimat ini bisa menjadi sugesti agar dirinya rajin belajar agar berhasil lulus dengan nilai yang memuaskan. Bisa juga bagi seorang pengusaha, kalimat ini akan membentuk spirit berusaha untuk meraih keberhasilan dalam menjalan usaha.

Tulisan Arab Man Jadda Wajada

Oleh karena pepatah ini berasal dari Arab, maka awalnya kalimat ini ditulis dalam bahasa Arab. Tulisan Arab atau kaligrafi dari pepatah Man Jadda Wajada adalah sebagai berikut:

Tulisan Arab Man Jadda Wajada


Tulisan Arab Man Jadda Wajada 

Man Jadda Wajada 

Artinya: Siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan mendapatkan.

Manfaat Man Jadda Wajada

Selain sebagai pepatah kuno, kalimat Man Jadda Wajada ini telah dijadikan sebagai konsep dengan prinsip dasar bahwa apa pun yang diimpikan oleh seseorang pasti akan berhasil asalkan ia giat berusaha untuk mewujudkannya. Artinya, kalimat ini telah menjadi formula atau rumus umum untuk meraih kesuksesan. Hal ini sejalan dengan firman Allah Swt dalam surat Ar-Ra'd ayat 11, yang artinya:
Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS Ar-Ra'd: 11)
Oleh karena itu, manfaat dari kalimat Man Jadda Wajada adalah:
  1. Dapat mengusir rasa malas yang merupakan virus yang dapat menghambat kita berusaha.
  2. Membuat diri kita untuk mencari berbagai cara untuk mengatasi setiap rintangan dan halangan yang menghadang langkah kita
  3. Kita akan berusaha untuk memperbaiki segala kekurangan demi meraih keberhasilan dan kesuksesan.
  4. Kita akan mau belajar dari orang-orang sukses dan mengambil manfaat agar bisa meniru apa yang sudah mereka buktikan.
  5. Meresapi pepatah ini, membuat kita tidak mudah berhenti meraih kesuksesan. Kita akan terus mencoba sampai berhasil
  6. Kita tidak akan pernah kalah dengan masalah. Justru, kita akan terus berusaha untuk mengatasi masalah tersebut.
Demikianlah penjelasan tentang Arti Man Jadda Wajada. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Dari Man Jadda Wajada (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment