Learn Science With Ilmusiana

20+ Bismillah (بِسْمِ اللَّهِ): Arti, Arab, Kaligrafi (Lengkap)

Alhamdulillah, senang sekali pada kesempatan kali ini kami bisa mempersembahkan materi bismillah (bismillahirrahmanirrahim) lengkap dengan tulisan Arab yang bisa di copy. Bismillah atau bismillahirrahmanirrahim (بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم) adalah sebuah kalimat yang pasti pernah dibaca atau didengar oleh seluruh umat muslim, tanpa terkecuali. Umat muslim yang taat pasti tidak pernah lupa untuk membaca bismillah dan menjadikannya sebagai pembuka setiap memulai aktivitas. 
bismillahirrahmanirrahim tulisan arab bisa dicopy
Bagaimana dengan Anda? Kami yakin Anda juga termasuk salah seorang pencinta bismillah. Rasa cinta itulah yang mendorong Anda untuk mencari tulisan Arab bismillah. Kami pun tahu yang Anda inginkan, yaitu tulisan Arab bismillah yang bisa di copy, benar bukan? Memang, tidak semua tulisan bismillah berbahasa Arab yang tersebar di internet bisa di copy.

Ada beberapa web atau blog yang memuat tulisan Arab bismillah tetapi adminnya mengatur agar tulisannya tidak bisa di copy. Entah apa yang menjadi tujuan si admin blog mengunci tulisan bismillah tersebut. Padahal, memposting tulisan di internet tujuannya adalah untuk berbagi materi dan memenuhi kebutuhan pembaca.

Berangkat dari dasar pemikiran itulah, kami membuat artikel tulisan Arab bismillah dan membagikannya kepada pembaca sekalian. Tulisan bismillah yang dimuat dalam artikel ini bebas di copy oleh pembaca. Kami tahu bahwa para pembaca sangat membutuhkan tulisan tersebut untuk berbagai keperluan, misalnya akan dipindahkan ke microsoft word.

Selain berbentuk tulisan Arab yang bisa dicopy, kami juga akan menyertakan dalam artikel ini kaligrafi bismillah dengan beragam variasi lekukan yang sangat indah. Pembaca pasti akan terpukau dengan ketinggian seni yang dipersembahkan oleh kaligrafi bismillah ini.
Yuk, berikut ini uraiannya...

Bismillahirrahmanirrahim (بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم)

Bismillah atau bismillahirrahmanirrahim, sebuah kalimat singkat tetapi mengandung makna yang sangat luar biasa. Sudah tidak terhitung banyaknya ustadz atau kiai yang mengulas kandungannya, sejak zaman nabi sampai sekarang ini. Beribu-beribu jilid buku telah ditulis hanya untuk menjelaskan makna yang terkandung dalam bismillah.

Yah, seperti itulah bismillah, rahasia demi rahasia yang terkandung di dalamnya tidak akan pernah selesai terkuak. Samudra makna tak bertepi, begitu luas, begitu dalam, siapapun yang menceburkan diri ke dalamnya akan dibuat takjub oleh keindahan maknanya. Tercipta dari Dzat Yang Maha Tinggi, Maha Indah, Allah Azza wa Jalla.

Arti Bismillah (بِسْمِ اللَّهِ)

Bismillah atau Bismillahirrahmanirrahim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم) adalah kalimat pembuka di setiap surah Al Qur'an, kecuali surah At-Taubah. Bismillahirrahmanirrahim disebut juga dengan ucapan basmalah. Kalimat bismillah merupakan kalimat yang digunakan oleh para nabi sebelum melakukan apa pun. Bismillah juga menjadi kalimat yang dibaca untuk memulai setiap pekerjaan yang baik agar mendapatkan ridha dan berkah dari Allah SWT.

Menurut Imam Al Qurthubi, para ulama menjelaskan bahwa Bismillahirrahmanirrahim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم) adalah sumpah Allah Swt yang diturunkan di awal setiap surah (kecuali surah At-Taubah). Allah menyatakan sumpah untuk menunjukkan pada hamba-Nya bahwa yang diturunkan oleh Allah Swt dalam firman-Nya adalah kebenaran dan Allah Swt menjamin akan memberikan segala janji, kasih sayang, dan kebaikan yang Allah Swt paparkan dalam surah tersebut.

Pengertian Bismillah

Menurut Imam Asyaukani, huruf "ba" dalam bismillahirrahmanirrahim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم) mempunyai arti isti'anah. Artinya mengambil berkah dari Allah Swt. Jadi, bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) berarti dengan nama Allah aku melakukan perbuatan ini, agar Allah Swt memberikan kemudahan. Selain isti'anah, bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) juga mengandung arti muhasabh. Artinya, sebuah perbuatan dilakukan sembari diiringi terus dengan bacaan bismillah (بِسْمِ اللَّهِ).

Ucapan bismillah, meskipun terdengar sepele dan mudah diucapkan secara lisan, memiliki beberapa fungsi penting yaitu:
  1. Permohonan agar diberi kekuatan oleh Allah Swt
  2. Penjagaan diri dari godaan setan
  3. Sebagai terapi dari sihir dan guna-guna
  4. Upaya perlindungan dari sesuatu yang membahayakan
Menurut Thabathaba'i, bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) juga merupakan pengakuan otoritas oleh seorang hamba yang menyadari bahwa sesungguhnya yang memiliki kewenangan otoritas hanyalah Allah Swt.

Menurut Ali ash-Shabuni, kata bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) adalah dua kata yang terdiri dari "bi" dan "ismi". Huruf "Bi" mengandung pengertian terkait dengan kata kerja yang tidak disebutkan, yaitu kata kerja yang disesuaikan dengan keadaan ketika lafaz "Bismillah" (بِسْمِ اللَّهِ) diucapkan. Misalnya; ketika seseorang sebelum makan membaca "bismillah (بِسْمِ اللَّهِ)", maka artinya saya makan dengan memohon pertolongan Allah Swt. Seseorang ketika akan bekerja kemudian membaca bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) artinya saya bekerja dengan memohon pertolongan kepada Allah Swt.

Tulisan Arab Bismillah

Berikut ini adalah beberapa variasi tulisan Arab Bismillahirrahmanirrahim yang bisa Anda copy:

Tulisan Arab Bismillahirrahmanirrahim 1

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ 

Tulisan Arab Bismillahirrahmanirrahim 2

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 

Tulisan Arab Bismillahirrahmanirrahim 3 (Gundul)

بسم الله الرحمن الرحيم 

Keagungan Bismillahirrahmanirrahim

Setiap muslim pasti pernah membaca bismillah atau bismillahirrahmanirrahim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم). Selain menjadi bacaan rutin atau harian, bismillah juga merupakan bacaan mulia yang didesain Allah Swt sebagai bacaan pembuka semua surah dalam Al-Qur'an kecuali surah at-Taubah atau al-Bar'ah (aI-Bara'ah). Membaca bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) diperintahkan Nabi Muhammad Saw ketika kita hendak memulai aktifitas yang balk. "Segala sesuatu (aktifitas yang balk) yang tidak dimulai dengan Bismillah (بِسْمِ اللَّهِ), maka akan terputus (nilai keberkahannya)" (H.r. Bukhari dan Muslim).

Bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) bukan hanya bacaan pembuka, melainkan merupakan zikir hati yang dapat memancarkan cahaya keagungan Sang Pencipta. Menurut Bediuzzaman Said Nursi dalam karya monumentalnya, Rasail an-Nur, bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) merupakan bacaan super mulia, sehingga Allah Swt mendesain sebagai bacaan pembuka Al-Qur'an. Dalam karyanya, disebutkan bahwa bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) memiliki tiga keagungan, yaitu:

1. Keagungan Uluhiyyah (Ketuhanan)

Semua mahluk bersandar, bergantung, dan memerlukan pertolongan-Nya. Menyebut "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang" berarti meyakini sepenuh hati bahwa Allah Swt adalah sumber kehidupan, poros kebajikan, tujuan pengabdian, dan muara segala nilai keberkahan. Bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) memberikan motivasi dan spirit ketuhanan untuk "menghadirkan" dan "mengikut sertakan" Tuhan dalam kehidupan kita. Bismillah adalah gerbang menuju keikhlasan dan harapan mulia, yaitu meraih mardhatillah (ridha Allah).

2. Keagungan Rahmaniyyah (Kasih)

Melafalkan bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) merupakan doa bagi seorang muslim untuk memperoleh kasih-Nya yang tak terbatas. Bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) menjadi pintu tercurahnya rahmat Allah dalam menggapai kebahagiaan hidup ini.

3. Keagungan Rahimiyyah (Kasih Sayang). 

Jika kasih Allah diberikan kepada semua mahluk-Nya, kasih sayang-Nya hanya diberikan kepada muslim, terutama di akhirat kelak. Bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) menimbulkan keyakinan bahwa kasih sayang Allah itu mengatasi segalanya, sehingga hanya Allah lah yang akan memberi ampunan dan pertolongan pada hari perhitungan (yaumu hisab) nanti.

Keagungan bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) tidak hanya karena ia salah satu ayat dari surah al-Fatihah, tapi juga induk Al-Qur'an itu. Rasulullah Saw bersabda, "Jika kamu membaca "Alhamdulillah", maka bacalah "Bismillahirrahmanirrahim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم)" karena ia adalah ummul Qur'an (induk Al-Qur'an) dan assab'ul matsani (tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang atau al-Fatihah), sedangkan bismillah itu termasuk salah satu ayatnya" (HR. ad-Daruquthni).

Bismillah (بِسْمِ اللَّهِ) termasuk etika (adab) spiritual untuk "menyapa" dan mengakrabkan diri dengan Allah Swt. Keagungan bismillah juga tercermin dari esensi al-Asma' al-Husna (ar-Rahman ar-Rahim). Bahkan, dua nama dan sifat utama Allah ini sesungguhnya merupakan intisari dari Al-Qur'an.

Dari makna dan penjelasan tentang bismillah di atas, sebagai umat Islam atau seorang muslim setiap akan melakukan kegiatan sehari-hari dalam belajar dan bekerja serta kegiatan lain yang baik apalagi ibadah harus senantiasa dimulai dengan niat dan pembukanya adalah "bismillahirrahmanirahim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم)". Maka setiap pribadi muslim yang akan memulai suatu kegiatan yang balk di manapun dan kapanpun harus diawali dengan "bismillahirrahmanirrahim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم)" sebagai pembuka dalam niat dan doa, dengan makna sebagai berikut:
  1. Setiap kegiatan yang balk yang diawali dengan basmallah (bismillahirrahmanirrahim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم)) akan meraih mardhatillah (ridha Allah).
  2. Setiap kegiatan yang balk yang diawali dengan basmallah (bismillahirrahmanirrahim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم)) akan mendapatkan rahmat Allah dalam menggapai kebahagian hidup.
  3. Setiap kegiatan yang balk yang diawali dengan basmallah (bismillahirrahmanirrahim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم)) akan mendapatkan ampunan dan pertolongan dari Allah Swt pada hari perhitungan (yaumul hisab) nanti.
  4. Setiap kegiatan yang baik yang diawali dengan basmallah (bismillahirrahmanirrahim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم)) merupakan etika (adab) spiritual untuk menyapa dan mengakrabkan diri dengan Allah Swt.  

Makna dan Tafsir Bismillahirrahmanirrahim

Makna bismillahirrahmanirrahim antara lain sebagai berikut:
  1. Bismillahirahmaanirahiim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم), terjemahannya yaitu "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". Di dalam Al Qur'an ada 114 kalimat Basmalah, 113 diantaranya terdapat di awal setiap surat, kecuali pada surah At Taubah. Tetapi di dalam surah An Naml terdapat dua kata Basmalah, pertama, di awal surah, kedua pada ayat 30 pada saat Allah Swt berfirman mengabadikan surah Nabi Sulaiman as. yang ia kirim kepada Ratu Balqis yang artinya: Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". (QS. An Naml: 30)
  2. Makna Bismillahirahmaanirahiim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم) juga bisa dilihat dari arti perkataannya sebagai berikut:
    "Bismi" dengan nama, "Allah" Allah, "ar-rahmani" Yang Maha Luas Kasih sayang-Nya, "ar-rahim" Maha kekal kasih sayang-Nya.
  3. Dari kalimat Bismillahirahmaanirahiim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم) ini terkandung tiga nama Allah yang termasuk di dalam al asma al husna, yaitu Allah, ar rahman, dan ar rahim.  

Bismillah dan Surah Al Fatihah

Menurut Iman Syafi'i, Bismillahirrahmanirrahim merupakan salah satu ayat dari surat al-Fatihah, adapun kebanyakan ulama berpendapat bahwa Bismillahirrahmanirrahim bukanlah ayat dari surat al-Fatihah atau surat lainnya. Kecuali Bismillahirrahmanirrahim yang terdapat pada salah satu surat an-Naml, maka para ulama sepakat bahwa ia merupakan penggalan dari ayat tersebut, yaitu pada firman Allah Swt:


إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ 

Artinya: Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi) nya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". 

Adapun Bismillahirrahmanirrahim (Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم) yang terdapat pada selain surat ini, merupakan ayat yang berdiri sendiri. Ia bukan merupakan bagian dari surat itu. Oleh karenanya, tidak dicantumkan angka "1" di akhir Bismillahirrahmanirrahim pada awal surat-surat tersebut, kecuali Bismillahirrahmanirrahim pada al-Fatihah.

Alasannya karena Bismillahirrahmanirrahim merupakan ayat tersendiri yang diturunkan sebagai pemisah antara surat-surat al-Quran. Oleh karena itu, ia ditulis pada awal setiap surat kecuali At-Taubah, karena Bismillahirrahmanirrahim tidak turun pada permulaan surat At-Taubah sebagaimana pada surat-surat yang lain.

Atau boleh jadi sebabnya adalah karena surat At-Taubah adalah bagian dari surat Al-Anfaal. Dan ada pula yang mengatakan bahwa sebabnya ialah karena surat At-Taubah turun dengan ayat pedang dan ancaman siksa, serta dimulai dengan kata-kata bahwa Allah dan Rasul-Nya berlepas diri, sehingga tidak pas bila diawali dengan Bismillahirrahmanirrahim yang berisi rahmah (kasih sayang).

Kaligrafi Bismillah

Berikut ini adalah beberapa kaligrafi indah Bismillahirrahmanirrahim yang kami ambil dari berbagai sumber:

Kaligrafi Bismillah 1

Kaligrafi Bismillah 1

Kaligrafi Bismillah 2

Kaligrafi Bismillah 2

Kaligrafi Bismillah 3

Kaligrafi Bismillah 3

Kaligrafi Bismillah 4

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 4

Kaligrafi Bismillah 5

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 5

Kaligrafi Bismillah 6

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 6

Kaligrafi Bismillah 7

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 7

Kaligrafi Bismillah 8

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 8

Kaligrafi Bismillah 9

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 9

Kaligrafi Bismillah 10

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 10

 Kaligrafi Bismillah 11

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 11

Kaligrafi Bismillah 12

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 12

Kaligrafi Bismillah 13

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 13

Kaligrafi Bismillah 14

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 14

Kaligrafi Bismillah 15

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 15

Kaligrafi Bismillah 16

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 16

Kaligrafi Bismillah 17

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 17

Kaligrafi Bismillah 18

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 18

Kaligrafi Bismillah 19

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 19

Kaligrafi Bismillah 20 

kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 20

Bonus File Kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim 

Seluruh gambar kaligrafi di atas, telah kami satukan dalam satu folder rar khusus. Jadi, Anda tidak perlu lagi menyimpan satu per satu gambar di atas. Cukup dengan mendownload file di bawah ini, Anda bisa mendapatkan kumpulan kaligrafi bismillahirrahmanirrahim:
Demikianlah penjelasan tentang Bismillahirrahmanirrahim. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 

Referensi:
  • Parmono, Wahyuno. 2017 .17 Tuntunan Hidup Muslim. Penerbit Deebuplish: Yogyakarta. 
  • Jannah Firdaus Mediapro. Keagungan Surat Al-Fatihah (Pembukaan) Edisi Bahasa Indonesia. Xenohikari Dragon
20+ Bismillah (بِسْمِ اللَّهِ): Arti, Arab, Kaligrafi (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment