Learn Science With Ilmusiana

Efek Mengganti Kapasitor Pompa Air dengan yang Lebih Besar

Cukup banyak pertanyaan yang masuk via inbox tentang efek penggantian kapasitor pompa air dengan nilai yang lebih besar. 

Nah, di artikel kali ini mimin secara khusus akan membahas hal tersebut, kelebihan dan kekurangan mengganti kapasitor dengan yang lebih besar.

Seperti yang kita tahu, setiap pompa air telah memiliki spesifikasi tertentu terkait besaran kapasitor yang digunakan.

Besaran kapasitor tersebut biasanya disesuaikan dengan kebutuhan arus dan tegangan listrik dinamo untuk memulai starting ketika pompa air pertama kali dinyalakan dan selama berputar (running).

Beberapa pengguna terkadang melakukan modifikasi pada komponen kapasitor ini dengan menggantinya menjadi kapasitor yang lebih besar.

Mereka beralasan bahwa dengan memperbesar nilai kapasitor tersebut akan menambah kekuatan hisap pompa air sehingga air bisa mengalir lebih deras.

Benarkah demikian? 

Baiklah, berikut ini uraian lengkapnya...

Efek Mengganti Kapasitor Pompa Air dengan yang Lebih Besar

Mengganti Kapasitor Pompa Air dengan yang Lebih Besar

Memang, penggantian kapasitor pompa air dengan nilai yang lebih besar bisa meningkatkan kecepatan putar dinamo, tetapi efeknya pompa air akan lebih cepat panas.

Akibat terburuknya adalah kumparan atau gulungan dinamo rawan putus atau terbakar karena menerima arus dan tegangan listrik yang melebihi kebutuhannya.

Olehnya itu, sangat tidak disarankan untuk memakai kapasitor dengan nilai kapasitansi yang lebih besar dari kapasitor sebelumnya karena akan memperpendek umur dari dinamo.

Jika Anda akan melakukan penggantian kapasitor pompa air, maka gunakan kapasitor pengganti dengan ukuran yang sama persis dengan kapasitor aslinya.

Ukuran tersebut bisa dilihat pada body kapasitor, dinyatakan dalam satuan mikrofarad (µF) lengkap dengan data-data lainnya.

Misalnya, kapasitor pompa air Shimizu tipe PS 128 BIT menggunakan kapasitor dengan ukuran 8 µF (±5% - 10%) 370/450 Volt AC (VAC) 50/60 Hz 70o C.

Jadi, ketika kapasitor pompa air Shimizu PS 128 BIT Anda rusak sehingga harus segera diganti, maka carilah kapasitor dengan ukuran yang disebutkan di atas.

Penutup

Jadi, efek mengganti kapasitor pompa air dengan nilai yang lebih besar adalah dinamo menjadi lebih cepat panas sehingga rawan putus atau terbakar.

Baca Juga:

Sekian dulu penjelasan kali ini, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Efek Mengganti Kapasitor Pompa Air dengan yang Lebih Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment